Hunting Ondel-Ondel Betawi Berjumpa Penari Sanggar Indra Kusuma, Koreografernya Cantik!

Selain menulis atau berburu berita, saya juga suka hunting Ondel-ondel Betawi. Pokoknya semua kegiatan atau pekerjaan yang sekiranya menyenangkan atau menghasilkan uang, saya sikat. Mumpung badan juga masih sehat. Hidup ini memang harus punya hoby atau kesenangan, biar ada kesibukan. Kalau tidak ada kegiatan akan menjadi bahan obrolan orang. Dicap makhuk pemalas, tidak mau kerja. Saban hari, hanya tidur di kamar.

Dengan adanya kesibukan, juga menjaga kewarasan pikiran. Otak tidak melalang buana, alias berkhayal. Berarti tidak boleh bermimpi dong? Boleh, asal mimpi dibarengi dengan usaha. Kadang cita-cita sudah dibarengi dengan usaha, adakalanya hasilnya meleset. Apalagi hanya sekedar mimpi tanpa ada ikhtiar. Nol besar pasti hasilnya. Usaha terus berusaha, soal hasilnya nanti serahkan sama Tuhan. Betul kagak?



Wah ngomongin soal usaha nih, saya lagi merintis empat channel. Woalah, banyak amat? Ya sekedar buat kesibukan dan kesenangan, sekaligus melantih ketrampilan soal dunia edit video. Sekarang kan lagi booming video, apalagi video semacam short. Kalau di facebook terkenal dengan fecebook pro. Hampir emak-emak Indonesia tergila-gila dengan facebook pro. Semua berlomba ingin menjadi konten kreator facebook pro. Alasannya simple, ingin mendapatkan income tambahan dari main facebook.

Eh kok lupa nyebutin empat channel yang saya kelola. Empat channel youtube yang saya urus adalah, djangkaru bumi, om koodok, om kodok dan etba tv. Untuk sementara masih bertemakan budaya, khususnya budaya betawi yaitu ondel-ondel. Ya hampir semuanya tentang ondel-ondel betawi walau kadang dibumbui dengan  badut atau atraksi topeng monyet. Ah siapa tahu ada yang mau subscribe, saya doakan diberikan kesehatan dan kesehatan selalu, plus dipermudahkan dalam mencari duit. Wow ada maunya!



Nah soal ondel-ondel, biasanya huntingnya di Pintu Air BKT Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Saban hari Minggu sekitar jam 9 pagi, ondel-ondel berkumpul di sana. Car Free Day Jakarta. Bagi yang ingin mengenalkan anak Budaya Betawi, Pintu Air BKT Malakasi sangatlah tepat. Areanya juga luas, lega. Tidak hanya ondel-ondel, di sana juga ada delman, kereta odong-odong. Atau bahkan anda juga bisa berkuliner ria atau berbelanja. Seru, dijamin!


Ada cerita menarik saat berburu ondel-ondel betawi di Pintu Air BKT Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Tidak sengaja berjumpa dengan penari cantik asal Sanggar Indra Kusuma. Penari yang abis pentas di acara pengukuhan pengurus Jajaka Nusantara Duren Sawit. Penari yang super cantik-cantik, gerakan tariannya juga luwes. Enak dilihat. Belum lagi itu penata tarinya, alias koreografernya cantik dan super ramah. Dasar mata buaya!

Sanggar Indra Kusuma didirikan oleh Ibu Dra Mariawati Nur pada tanggal 5 Mei 1974 di Jakarta. Alamat LKP (Lembaga Kurus dan Pelatihan) Sanggar Indra Kusuma adalah Jalan Raya Jatiwaringin Raya no.260, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Sukses selalu buat LPK Sanggar Indra Kusuma, semoga lain waktu bisa berjumpa kembali. Berjumpa dengan siapa? Koreografernya ya? Hussst!

Berita Terkait

7 komentar:

  1. Seperti nya pengemar berat budaya Betawi ya mas..sampe channel YouTube nya juga tentang ondel-ondel, iya sih kalau bukan kita siapa lagi yang memperkenalkan budayanya,.

    BalasHapus
  2. Mantap, ada 4 channel YouTube nya. Semoga ramai yang nonton videonya kang.

    Memang sih kalo dirumah saja disangka pengangguran, jadi enaknya jalan-jalan sambil rekam video buat channel YouTube

    BalasHapus
  3. kalau kata orang Jawa timur "suwangaaarrr wong iki" bisa handle 4 chanel. Semoga semua salurannya rame pengunjung ya mas, bisa melestastarikan budaya sekaligus menghasilkan.

    BalasHapus
  4. Aku sukaaa baju dan dandanan para penarinya 😍😍😍.

    Dulu zaman kecil anakku sukaaa bgt Ama ondel2. Jadi terkadang di ajak Ama papinya dan babysitter ke BKT atau tempat manapun yg ada ondel2. Kdg lewat depan rumah. Pasti deh dia girang banget kalo liat ondel2 lewat. Tapi skr udh jarang. Memang hrs ke BKT sana kalo mau liat yaa 😁

    BalasHapus
  5. Warna kostum tarinya bagus, warna warni dan meriah, ntah kenapa aku suka. Soalnya kecilku dulu kan ikut ekstrakulikuler nari juga dari SD mpe SMP, tapi aku cuma kebagian sedikit materi tari gambyong, merak, kalau yang full tari bondan. Yang ini semuanya unsur Betawi ya...bagus aku suka tuh riasan di kepalanya..

    BalasHapus
  6. Beautiful girls!
    Yup, kreatifitas harus terus dijaga, apalagi itu bagian dari hobby,
    Semoga chanel-chanelnya makin sukses dan membawa banyak berkah.

    BalasHapus
  7. Cantik-cantik belaka para penarinya
    Pastinya mereka punya cinta yang mendalam terhadap budaya dan kesenian ini…

    BalasHapus

 
Back To Top