Sore Hari Kulineran Sate Padang Gerobak Keliling, Bumbunya Khas Banget!

Sore hari, cuaca sedikit mendung. Udara sedikit dingin. Badan pun merasakan meriang, ya meriang pertanda kelaparan hahaha. Maklum, saya ini tergolong mahkluk yang tidak kuat menahan lapar. Lambung mudah sekali meronta-ronta, mirip hewan peliharaan yang ingin lepas mencari makan. Perumpamahan yang sadis ya, hahaha. Memang saya ini kalau ngomong asal ngaplak atau asal jiplak. Kalau orang yang tidak mengenal karakter saya, masih mudah tersinggung.

Eh bicara soal makan, kenapa jadi bahas karakter. Tak apalah ya, sebagai kalimat pembuka. Nah bicara soal lapar nih, saya punya pengalaman soal kulineran. Kalau menjelang sore, bakda ashar, saya punya kebiasaan nongkrong di luar. Kongo-kongo di pinggir jalan, bermodalkan kursi senderan berbahan plastik. Niatnya ingin mencari pemandangan baru, memanjakan mata, mencari hal-hal yang segar-segar. Lihat wanita cantik dan seksi begitu maksudnya? Hust, jadi orang kok sukanya berprasangka buruk.


Di rumah itu sudah lelah. Capek edit video dan menulis. Apalagi jika ada job menulis yang tenggang waktunya mepet. Dan harus segera terbit. Ini yang menambah semakin lelah. Tapi semuanya harus tetap dinikmati dan dihayati. Karena sudah kadung menjadi sebuah profesi. Kalau tidak dikerjakan, nanti kan juga tidak mendapatkan upah. Jika tidak ada penghasilan, nanti kan juga dapur jadi tidak ngebul. Kalau sudah beginikan menjadi pengangguran. Kalau tidak kerja, nanti jadi bahan gunjingan.

Seperti apa yang saya bilang tadi. Kalau sudah lelah, saya mencari udara segar di luar. Merefesh isi kepala. Eh kebetulan saat itu ada gerobak keliling yang menjual sate padang. Dan kebetulan juga, perut saya pas lapar. Waktu yang tepat nih. Saya juga penasaran, seperti apa itu rasa sate padang. Biasanya saya belinya sate madura atau sate sunda yang dipanggul.



Saya pun langsung mendekat, dan langsung pesan sate satur porsi. Harga satu tusuk sate dua ribu rupiah. Sebenarnya saya ingin sate kambing atau sate sapi, tapi kata abang penjualnya adanya sate ayam. Biasanya seh katanya ada, tapi saat itu tidak ada stock untuk daging sapi atau daging kambing. Tidak apalah, sate ayam juga boleh. Perut sudah terlanjur lapar.

Abang satenya sambil kipas-kipas sate, saya pun menyempatkan untuk berbincang-bincang. Hahaha, kadang saya itu mirip wartawan, suka mewancarai seseorang. Untung abangnya baik, mau merespon obrolan saya. Dan berkenan untuk saya potret. Tu kan, polah saya sudah kayak wartawan, hehehe.

Abang penjual ini, asal Padang, Pariaman, katanya. Sudah lima tahun berwirausaha sebagai penjual sate padang dengan cara berkeliling. Sudah cukup lama juga ya? Hebat, tekun dan ulet! Soal rasa sete padang bagaimana? Rasanya memang sedikit unik, bumbunya itu khas banget. Nikmat dan mantap! Harga juga ramah di kantong, tidak jauh beda dengan harga sate khas daerah lain. Apakah anda pernah menikmati sate padang? Jika belum, yuk mampir ke rumah biar nanti saya traktir!

Berita Terkait

9 komentar:

  1. Jaraaaaaang loh aku liat saya Padang gerobak yg muter gini. Biasanya netap di 1 tempat. Ini makanan fav suamiku mas.

    Kalo kata mertua, dulu pas pak suami msh dlm perut, mama mertua ngidamnya sate Padang. Tiap hari makan itu. Pas lahir, anaknya doyan beneeer sate Padang, Ampe skr 😂😂

    Aku sih suka, tapi bukan fav. Msh LBH suka sate Madura. Atau sate kambing.

    BalasHapus
  2. Saya tidak begitu mengebali karakter saudara. Namun begitu saya senang sekali membaca tulisan saudara. Indah pemilihan kata dan gaya bahasanya. Difahami maksudnya yang tersirat. Tajam pemikiran saudara kerana bijak menyusun ayat untuk memancing pembaca supaya terus menatap dari awal hingga akhir bicara!
    Pertama kali saya makan sate Padang ketika berwisata ke Sumatera Barat tahun 2017. Terakhir makan sate Padang sewaktu berkunjung ke Palembang tahun 2023.
    Nyata memang berbeda sate Padang dengan sate kami terutama kuahnya.

    BalasHapus
  3. Kalau padang aku lebih cocok ke nasinya, gak tau kenapa kalau satenya belum aja. Cuma gak pas sama bumbu satenya yang terlalu lembek, tapi kalau satenya enak bangettt

    BalasHapus
  4. sate padang pake daging ayam, aku baru melihat dari post ini. Biasanya kan pake daging sapi ya...tapi kelihatannya enak. Aku baru tahu sate pikulan disebutnya sate sunda. Sate yang sederhana dimaem ama lontong siram sambal kacang manis aja dah enak..

    BalasHapus
  5. Kuah sate padang dengan tusukan irisan tipis daging sapi, rasanya mantap banget. Kalau adikku sukanya keripik singkong pedas yang disiram kuah sate padang, makannya lahap banget 😋😋

    BalasHapus
  6. Sate padang itu salah satu sate yang aku suka. Terutama bumbunya yang khas. Beda dengan sate-sate lainnya yang biasa pakai sambel kacang.

    Dulu pas di aumatera sering makan sate padamg. Tapi skarang di semarang malah jarang makan sate padamg.

    BalasHapus
  7. Saya juga demen sate Padang,apalagi bumbu kuahnya gurih kental dan sedikit pedas...pake kupat ..waduuuh sedaapnya

    BalasHapus
  8. Sate padang memang sedap
    Kuahnya special
    Lain daripada yang lain
    Di sini pun ada orang jual
    Tapi tidaklah seramai penjual sate padang di sana…

    BalasHapus
  9. wah, udah lama engga makan sate padang. jadi ngiler :D

    BalasHapus

 
Back To Top