Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tahan Lama

Seiring berjalannya waktu, komponen penting pada mobil yang perlu diperhatikan adalah aki. Aki sebagai penyimpan daya listrik berperan vital untuk menyalakan mesin. Akan tetapi, jika tidak dirawat dengan baik, aki mobil akan mudah soak dan merugikan diri sendiri. Bila perlu tanyakan pada toko yang menjual aki mobil tersebut, bagaimana perawatan aki yang terbaik.

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tahan Lama
Image: indotrading.com

Pada dasarnya, aki mobil yang kehilangan daya listrik biasanya cukup diisi ulang saja. Namun, jika aki mobil sudah soak, semua usaha untuk mengisi daya akan percuma. Ketika aki mobil soak, aki tak mampu menyimpan daya listrik sama sekali. Tenang, Anda bisa merawat aki mobil supaya awet kualitasnya dan lebih tahan lama. Bagaimana caranya? Baca terus tipsnya di bawah ini, ya!

  1. Periksa Cairan Aki
  2. Tanpa disadari, lama kelamaan cairan aki bisa berkurang dan bahkan kering. Jika sampai terjadi aki yang kering, maka kemungkinan terburuk aki tekor sehingga sulit untuk menyalakan mesin mobil.

    Cairan di dalam aki berisi elektrolit yang memiliki besaran daya tertentu. Jika cairan ini sudah terlihat habis atau bisa dilihat di garis penanda, cairan bisa diisi kembali. Sedangkan, untuk mengetahui nilai besaran daya aki, Anda bisa mengecek dengan alat battery load tester.

  3. Nyalakan Mesin Mobil
  4. Secara rutin usahakan untuk selalu menyalakan mesin mobil untuk menjaga aki agar tetap awet. Sebab, meskipun mobil diam atau tidak dalam kondisi menyala selama berminggu-minggu, aki tetap berkurang. Hal ini dikenal dengan istilah self discharging. Sehingga, aki mobil tekor dan Anda kesulitan menyalakan mobil karena daya listrik aki habis.

    Satu-satunya cara untuk menghindari self discharging adalah rutin memanaskan mesin mobil atau cukup menyalakan mesin mobil selama 10 – 15 menit setiap hari. Jika mungkin Anda tidak sempat, Anda bisa meminta bantuan orang di rumah untuk melakukannya minimal seminggu satu kali.

  5. Cek Usia Aki
  6. Pada dasarnya, ketika Anda pertama kali membeli aki, Anda akan diberi label yang berisi catatan tanggal pembelian aki dari toko yang Jual Aki Mobil. Jika sudah lebih dari 2 tahun, sebaiknya aki perlu diganti baru. Tetapi, jika kondisinya masih bagus dan tidak ada masalah, maka aki masih bisa digunakan.

    Hanya saja, Anda perlu mengecek kembali apakah aki masih bisa diisi ulang daya listriknya tanpa kendala. Caranya mudah banget, Anda cukup menengok ke sistem indikator baterai yang ada di dashboard mobil. Jika mesin dinyalakan, indikator baterai juga menyala. Berarti semuanya masih berjalan normal.

  7. Jangan Sering Menguras Daya Aki
  8. Meskipun aki dirancang untuk mendukung tenaga listrik mobil, tetapi tak berarti pemakaiannya sembarangan. Sebagai contoh, hindari kebiasaan menyalakan AC ketika cuaca sedang panas, dan kondisi mobil terparkir.

    Hal ini bisa membuat aki cepat soak atau habis. Pasalnya, tenaga daya listrik aki dikuras untuk menyalakan AC atau pemutar musik di dalam mobil. Tidak heran, aki akan terbebani dan energinya cepat habis. Kondisi yang terburuk, mesin mobil akan sulit menyala ketika di-starter.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan aki dari supplier terverfikasi segera klik link https://www.indotrading.com/. Sebab, hanya Indotrading satu-satunya direktori supplier bisnis dengan konsep marketplace B2B yang bisa diandalkan di Indonesia.

Jika kondisi aki sudah tua atau sudah waktunya ganti baru, temukan penawaran harga terbaik dari para supplier Jual Aki Mobil terpercaya hanya di Indotrading.

Sumber image dan artikel: indotrading.com

Related Posts

14 komentar:

  1. Terima.kasih informasinya.. semoga mereka yg lagi membutuhkan aki atau msh bingung soal kondisi aki, bisa tercerahkan...

    BalasHapus
  2. Kalau tidal ingin sengsara ditengah perjalanan maka jangan lupa untuk selalalu merawat aki aki. Waspadalahhh

    BalasHapus
  3. Kalau tidal ingin sengsara ditengah perjalanan maka jangan lupa untuk selalalu merawat aki aki. Waspadalahhh

    BalasHapus
  4. Selalu tidak perisa air bateri. Bahaya juga kan?

    BalasHapus
  5. terimaksih ini jadi referensi penting untuk perawatan aki mobil saya

    BalasHapus
  6. trimakasih mas tips nya, saya sih sering juga menerapkan hal jni di sepeda motor

    BalasHapus
  7. Tips menarik nih tentang Aki mobil. Karena tanpa Aki mobil tidak berfungsi dengan baik terlebih untuk berjalan..😊😊

    BalasHapus
  8. Begitu baca artikel ini langsung ambil kunci lalu langsung menyalakan...

    Menyalakan motor, baru ingat mobilnya masih di dealer karena belum ada duit untuk DP.��

    BalasHapus
  9. wah bermanfaat banget mas infonya, tapi sayangnya gak punya mobil hehehe :D

    BalasHapus
  10. Aki mobil kalau udah soak bribet nyalainnya.. Kaya temen saya dlu, beliau lagi belajar mobil berdua sama temen kosannya.. terus di sekitar rumah saya tiba2 mobil mereka mogok katanya pas berhenti di Indomaret terus pas mau dinyalain mesinnya nggak ngangkat2.
    otomatis mereka nelpon saya. Padahal saya sama mobil juga sama2 nggak ngerti.. Alhasil kita cari di google cara ngidupin mobil manual yg akinya soak... hahah capek dorong2 nggk jelas...

    BalasHapus
  11. usia aki itu berpengaruh ya bang
    kadnag engga disadari oleh si empunya
    padahal sudah harus ganti

    BalasHapus
  12. Keingetan waktu kami dolan pakai mobil adikku tau-tau mobil mogok. Untung di tepi jalan.
    Dipanggilin servis online setelah di cek ternyata aki soak.

    Informasinya keren, mas.

    BalasHapus
  13. memang kena selalu check. ini salah satu 'nyawa' kenderaan 😊

    BalasHapus

 
Back To Top