Ada yang Beda, Kini Model SIM Baru Lebih Kece Jika Dibandingkan dengan SIM Lama

Perbedaan SIM Baru dan SIM Lama

Dulu sempat mendapatkan pertanyaan dari teman, kenapa SIM disebut surat sedangkan bentuknya kartu. Sebuah pertanyaan yang unik sekaligus sangat menantang. Sebenarnya ini hanya soal sejarah dari SIM itu sendiri. Awal SIM diterbitkan diera kolonial, alias jaman penjajahan Belanda. Kalau menurut dokumentasi, bentuk SIM dulu ukurannya gede. Ditulis dalam secarik kertas mirip ijazah atau surat keterangan lamaran kerja. Saat itu SIM namanya Rijbewijs.

Dengan perkembangan jaman, digantilah model SIM dengan bentuk kartu. Dengan harapan mudah dibawa kemana-mana dan tidaklah gampang rusak. Tidak kebayangkan, jika model SIM masih kayak dulu, berbentuk surat? Pastinya tidak akan tahan lama, apalagi sampai lima tahun. Entar dikit-dikit ganti. Entar dikit-dikit mengurus surat baru ke Samsat. Apa tidak buang-buang waktu tu.

Kini sudah paham kan? Belum. Oh kalau gitu tak perlu dipikirin. Hal tidak penting ini kok, buat apa dibikin pening. Ya paling tidak sudah sedikit tahulah sejarah dari Surat Ijin Mengemudi (SIM) kan? Belum juga. Eleh, terus gimana? Ya sudahlah tak perlu dibahas lagi. Saat kita membahas penampilan atau model sim terbaru. Dimana perbedaannya, OK? Siap

SIM Model Lama

Sebenarnya saya baru tahu model SIM terbaru saat kemarin memperpanjang SIM. Pengurus SIM yang mendekati kadaluwarsa dimusim pandemi sungguh luar biasa. Harus ekstra sabar. Protokol kesehatan yang sangat ketat. Sebelum masuk ke mal diperiksa terlebih dahulu suhu tubuh. Lah kok ke Mal?  Iya, Saya memperpanjang SIM-nya di Gerai SIM yang berada di Mal Artha Gading. Saya mencari yang lebih dekat dari rumah. Tidak hanya dicek suhu tubuh, tapi wajib mengenakan masker.

Jika ketahuan tidak mengenakan masker dengan benar. Siap-siap aja ditegur oleh petugas security. Tidak hanya itu saja, harus menjaga jarak, tidak boleh berkerumun dan berdempetan. Tempat duduk dikasih tanda, mana yang boleh diduduki dan mana yang tidak oleh. Kursi-kursi diatur sedemikian, agar tidak rapat. Yang tidak kebagian kursi, ya siap-siap berdiri. Masih untung jika berdirinya hanya sebentar, jika lama, lumayan bikin asam urat kambuh.

SIM Model Baru

Belum lagi, jatah kuota SIM baru yang diterbitkan terbatas pula. Hanya sekitar 50, sedangkan yang mendaftar mencapai ratusan. Yang tidak kebagian apa tidak nyesek. Sudah jauh-jauh datang, ternyata kehabisan kuota. Atau yang datangnya siang, ternyata sudah tutup pendaftaran. Wis pokoknya perlu kesabaran yang ekstra.

Tahu kagak, ternyata kini model SIM terbaru lebih kece. Ada perbedaan yang mencolok. Anda bisa mengamati kedua gambar diatas. Warna merah di atasnya lebih lebar, jika dibandingkan dengan model SIM yang lama.  Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi. Nomor KK (Kartu Keluarga) juga dicantumkan, letaknya dibawah jenis kartu SIM sudut atas sebelah kanan. Photo profilnya ada dua, yang besar dan yang kecil. Yang kecil letaknya dibawah sudut paling kanan, plus tanda tangan.

Gambar sidik jari di Kartu SIM tidak ada lagi. Keterangan yang ada di dalamnya juga lebih simple, hanya ada enam point. Sehingga tidak terlalu banyak berderetan kata keterangan. Dan ada hal yang menarik lagi, ini wajib menjadi perhatian. Masa kadaluwarsa tidak lagi mengikuti tanggal lahir. Tapi kini acuannya kapan kartu SIM tersebut diterbitkan. Perlu dicatat dan diulang lagi, masa berlakukanya kartu SIM sesuai kartu SIM tersebut dikeluarkan. Jangan sampai lupa dan jangan sampai kelewatan ya?

Related Posts

27 komentar:

  1. tumben dipaparkan sejarahnya juga mas djang, jadi tahu istilah awalnya adalah pada masa kolonial yaitu Rijbewijs..

    tapi setelah dipikir2 kalau bentuknya kertas ya iya ya cepat banget rusaknya, makanya dibentuklah model kartu, sekarang ngurusnya lumayan cepat kalau di tempatku ini, soalnya dekat rumah

    BalasHapus
  2. sekilas baca judulnya gw kira kartu sim hape eh ternyata sim buat mengemudi :D.. seumur gw belum pernah lihat itu kartu sim yang baru atau yang lama, gak ada mobil di rumah, kalo mobil-mobilan si ada :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ...masih untung di rumahmu ada mobil-mobilan, klo di rumahku malah gak ada, adanya boneka muhehehehe ...

      Hapus
  3. Tampilannya sih OK,tapi saya tidak suka hasil fotonya, masak hasil foto saya wajahnya seperti preman, padahal wajah saya kan cakep

    BalasHapus
  4. Bentuk kad yang utuh senang dibawa ke mana-mana.

    BalasHapus
  5. Samaaan nih Mas, saya juga bulan Juli kemaren baru ngeh kalau SIM udah baru modelnya, meski saya bete, soalnya foto saya yang udah saya perbaikin sebaik mungkin, pas dicetak kok ya jelek, hiks hahaha.

    Btw, ngurus sim di mall itu asyik, lebih nyaman sih

    BalasHapus
  6. Pengen tapi pembaruan masih nnti tahun 2021... hhmmm
    Yaudahlah sabar aja.

    BalasHapus
  7. Fotonya kena flash mas.. e tp beneran keren ya. Semoga bahannya lebih tahan ga kayak yg lama tulisan dan foto gampang luber / buram seiiring waktu

    BalasHapus
  8. Jadi Malu sejak punya motor belum punya SIM

    BalasHapus
  9. Makin canggih aja nih simple banget kartu SIM terbaru :) Wah, kok gitu ya tanggal kedaluwarsanya ga berdasarkan tanggal lahir tapi ppenerbitan :) Kudu dicatat dong ya biar ga lupa.

    BalasHapus
  10. SIM yang sekarang bikin keder nih, karena masa habis waktunya tak sama dengan tanggal lahir. Untung saya bikinnya deket bulan lahir. Buat antisipasi kalau lupa.

    BalasHapus
  11. Belum punya SIM sih jadi gak tau gimana perbedaannya hehe
    jangan hujan aku, para netizen wkwk

    BalasHapus
  12. SIM yg model baru lebih bagus ya desainnya..

    BalasHapus
  13. Cakep juga tampilan sim yang baru, jadi pengen punya juga.

    Tapi sim saya matinya 3 tahun lagi sih. Masih lama.

    BalasHapus
  14. masih nunggu tahun baru hehehe

    BalasHapus
  15. Lebih kece dan lebih fresh se fresh wajah maudy ayunda 😳😳😆

    BalasHapus
  16. makin canggih memang bang
    sayang daftarnya dibatasi ya
    aku masih pakai sim lama
    baru 2024 habisnya haha

    BalasHapus
  17. SIM model baru memang cakep bentuknya, keterangan yang ada juga tidak terlalu banyak jadinya tidak terkesan menumpuk

    Oh ternyata SIM zaman Belanda itu bentuknya surat seperti ijazah ya, kalo kehujanan bisa langsung rusak.😂

    BalasHapus
  18. Rijbewijs ... Rijbewijs .... yup, pas aku kecil para kakek di sekitarku selalu nyebut2 kata ini, ee, ternyata maksude SIM.

    BalasHapus
  19. menarik sim yang baru ini. udah punya designer kayaknya.btw Kartu Keluarga kenapa dibilang kartu ya? Padahal bentuknya surat.

    BalasHapus
  20. Di Indonesia ada sedikit keanehan mas Menurutku. SIM, surat izin mengemudi. Berbentuk kartu, bukan surat.
    KK, kartu keluarga, malah berbentuk surat. Hahaha

    BalasHapus
  21. I renewed my driver’s license in August. Same protocol here, temperature check and mask and all.

    BalasHapus
  22. Yaa Sim sekarang memang agak beda dari yang sebelumnya tetapi katanya menurut yang sudah berpengalaman Sim yang baru bahannya kurang kuat dan cepat patah pula..😊😊 Benar atau tidaknya saya juga belum tahu kebenarannya..

    Intinya yang terpenting Sim kita tidak kadarluarsa, Apapun bentuknya..😊😊

    BalasHapus
  23. Pas 2 tahun yg lalu akupun perpanjang SIM disitu om, tapi modelnya masih SIM lama, berarti aku nunggu 3 tahun lagi buat dpt SIM yg model baru ini hahahha.

    BalasHapus
  24. Wah cakep ya tampilan barunya.

    BalasHapus
  25. Suka tampilan barunya.
    NIK ikut dicantumkan.
    Tapiii .. kok malah sidik jari dihilangkan ??.
    Menurutku sidik jari sangat penting untuk pengidentifikasi pemilik kendaraan.

    BalasHapus

 
Back To Top