Ada Posko Check Point Covid-19, Apakah Kelurahan Sukapura Zona Merah?

Kelurahan Sukapura Jakarta

Lama banget artikel ini mengendap jadi draf. Baru sekarang bisa menuliskan beritanya. Itu pun mengandalkan daya ingat pikiran, untuk merangkai kata untuk menjadi sebuah kalimat. Hal yang tidak mudah pastinya. Sebenarnya saya sudah terjun langsung kelapangan untuk menggali berita atau informasi. Tanya kesana-kemari kesetiap orang yang dijumpai. Sebagai pelengkap bahan. Ya, karena mengandalkan memori, jadi ada yang terselip alias lupa. Bahkan banyak tak ingatnya.

Jakarta apakah sudah siap memasuki New Normal? Ingat ya New Normal, tatanan kehidupan baru. Bukan berarti sudah normal, seperti anggapan sebagian banyak orang. Yang mengira Jakarta sudah terbebas dari korona. Sehingga bisa malakukan kegiatan bebas seperti sebelum adanya wabah covid-19. New Normal, masyarakat boleh beraktivitas tetapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Misalkan, jika keluar rumah mengenakan masker dan jaga jarak.

Kelurahan Sukapura Jakarta

Dan apakah PSBB Jakarta akan diperpanjang? Wah pertanyaan yang terlalu jauh, saya sendiri juga belum bisa mendapatkan informasi yang akurat atau valid. Walau desas-desusnya PSBB akan diperpanjang. Keinginan masyarakat sebenarnya ingin segera bisa bekerja seperti sedia kala. Masyarakt sudah lumayan tertekan. Menderita dan stres dibuatnya. Kebutuhan hidup yang tidak bisa dihentikan, tapi pendapatannya yang turun drastis. Bahkan ada yang sama sekali tak ada pemasukan. Pusing tujuh keliling pastinya.

Nah seperti apa yang saya singgung diatas. Jakarta akan memasuki era New Normal, ternyata masih ada warga yang dinyatakan positif corona. Warga Kelurahan Sukapura, Jakarta utara yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang jahit dirawat di RS Islam Sukapura. Dan keluarga yang lainnya harus dilakukan karantina mandiri. Kejadian yang sempat menggemparkan. Karena, wilayah Kelurahan Sukapura yang biasanya adem-anyem. Dan tidak akan mengira jika ada salah satu warganya yang terkena virus ini.

Kelurahan Sukapura Jakarta

Kelurahan Sukapura Jakarta

Nah demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau semakin meluasnya virus corona. Aparat setempat melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil bantuan Palang Merah Indonesia, PMI. Wilayah yang saya maksud disini adalah wilayah RW 01 Sukapura, yang dimana ada pasien yang dinyatakan positif kena corona.

Tidak hanya penyemprotan disinfektan. Pengurus RW 01 juga mengadakan penjagaan ketat. Gang Kompi Jenggot, seberang pintu belakang kawasan berikat KBN untuk sementara diportal. Orang yang lewat, atau yang ingin masuk kewilahnya di ceck suhu tubuhnya. Bagi yang suhunya diatas 38 derajat celsius diberhentikan. Dipersilakan untuk istirahat sejenak. Selang beberapa menit kemudian di cek lagi suhu tubuhnya. Jika masih tinggi suhu tubuhnya akan disuruh putar balik. Alias dilarang masuk.

Posko check Point Covid-19 ini berlaku dari tanggal 5-19 Juni 2020. Full 24 jam penjagaan. Siapa saja yang menjaga portal dan mengecekan suhu tubuh orang yang lewat? Petugas jaganya dari pasukan orange, petugas keamanan RW 01 dan pemuda setempat. Dibuat bergilir atau shiff. Saya sangat salut dengan Pak Lurah Kelurahan Sukapura. Begitu aktif dan penuh perhatian. Semoga saja Kelurahan Sukapura bukan termasuk zona merah. Kalau perlu bebas dari virus corona.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top