Sebelum Ada Masalah, Ayo Buruan Ganti Kartu Keluarga Model Terbaru

Kartu Keluarga

Hidup ini selalu ada hal baru ya? Kadang sampai tak bisa mengikutinya. Ya karena fakor umur atau faktor kesibukan yang lain. Sibuk kerja atau sibuk mikir duit. Mikirin bagaimana bisa makan rutin saja sudah pusing, disuruh mengikuti hal-hal baru. Aduh, bisa pecah konsentrasi. Ambyar pikiran, bisa-bisa urusan cari dolar jadi terbengkalai. Jadi terlunta-lunta. Isi dapur jadi masalah, alias kosong. Perut jadi meronta-ronta, hahahaa.

Ya ya ya, mau tak mau harus mengikuti. Walau dalam keterpaksaan. Sebab jika tidak mengikuti akan ketinggalan jaman. Dan akan menimbulkan permasalah. Ini urusan dukumentasi ya, eh kini semakin canggih dan modern aja. Emang dokumentasi apa? Itu lo, Kartu Keluarga yang sering disingkat Kartu KK. Oh itu, emang kenapa? Kini kartu KK tampilannya baru.

Weleh perasaan belum lama deh ganti model, kok kini kartu KK ada model baru? Iya, sebelummya kan model Kartu Keluarga yang ada gambarnya burung garuda warna biru. Kini model terbarunya polos, warna putih, sepintas mirip photo copian. Emang seh, karena kita nanti dikasih kartu KK terbaru dalam bentuk PDF yang dikirim lewat whatsaap. Terus nanti disuruh ke tukang photo copy untuk mengeprint pdf tersebut.

Kartu Keluarga Model Baru

Apa persyaratan buat membuat kartu keluarga terbaru? Oh itu, persyaratannya sangat mudah kok. Pokoknya gampang, tidak pakai ribet. Persyaratan yang harus disiapan atau yang harus dibawa adalah, kartu keluarga asli, photo copy surat nikah dan photo copy KTP (Kartu Tanda Penduduk). Nanti di kantor Keluarahan disuruh isi selembar form atau formulir. Isi form tersebut dan jangan lupa cantumkan nomor telephone yang biasa untuk komunikasi whatsaap ya? Sebab nanti kartu KK terbarunya akan dikirim lewat pesan WA.

Persyaratan yang harus dilengkapi saat ganti Kartu Keluarga Model Baru:

  • Kartu Keluarga Asli
  • Photo Copy KTP
  • Photo Copy Surat Nikah
  • Mencantumkan nomor telephone WA

Ayo siapa yang belum ganti kartu KK model baru? Ayo buruan. Karena dikwatirkan ada anggota keluarga yang belum tercantum di dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Nah, kalau belum tercantumkan nanti jadi ribet. Apalagi untuk urus anak sekolah atau mungkin urusan yang lainya. Aduh, akan memakan waktu lama jadinya.

Artikel ini adalah pengalaman saya saat urus kartu keluarga model baru. Saya pun sebenarnya tergolong lambat juga urusannya. Ya, karena saya anggap kartu KK model lama masih berlalu juga. Ya, semua demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik kan ganti model baru. Apalagi biaya untuk ganti kartu keluarga ini adalah gratis. Tidak dikenakan biaya. Setelah mendapatkan Kartu Keluarga yang dikirim lewat WA, selanjutnya saya print dan hasil kiriman pdf-nya saya simpan di google drive.

Related Posts

6 komentar:

  1. No he podido traducir, así que te dejo un abrazo

    BalasHapus
  2. Urusannya sepertinya lebih mudah dan cepat

    BalasHapus
  3. kemarin aku bikin kartu keluarga terbaru, cepat dan menyenangkan

    BalasHapus
  4. Ya ampoooon, kemarin baru liat tampilan NPWP terbaru, ternyata sekarang Kartu Keluarga juga tampilan baru yah. Jadi ngerasa ketingalan info banget wkwkw

    BalasHapus
  5. Pas abis melahirkan, orang di RS ada yg nawarin jasa buat bikin Akta sama KK om, dan dia ga patok tarif loh, suruh ngasih seiklasnya aja, karna waktu itu lg tinggi2 pandemi jd aku nitip bikin ke dia sekalian, hihihi.

    BalasHapus
  6. hmm..update sistem kartu keluarga sementara layanan lainya makin dipersulit..tapi apalah daya..masyarakat cuma bisa ikut sistem demi kelancaran mengurus surat menyurat...makasih udah share infonya mas bro..sukses selalu

    BalasHapus

 
Back To Top