Ganti Akta Kelahiran Sebelum Kena Masalah, Begini Caranya!

Akta Kelahiran Model Baru

Lumayan sibuk beberapa hari ini, urus ini dan itu. Ya lumayan melelahkan. Tapi apa daya, emang semua sudah menjadi kewajiban, harus dilakukan dengan hati riang gembira. Ngeluh juga tiada guna, justru akan menambah beban berita. Ya kali ini saya mengurus akta kelahiran. Emang keanapa? Ada kesalahan satu huruf dinamanya. Agar tidak menimbulkan permasalahan nanti, akhirnya saya urus hari ini juga. Alias merubah satu huruf, agar sama dengan nama yang ada di KTP, KK dan Ijazah.

Hahaha...salah satu huruf saja, bisa bermasalah saat mengurus dokumen yang lainnya. Awalnya saya ingin merubah kesalahan huruf di kantor kelurahan. Ternyata sama petugas dukcapil kelurahan disuruh ke kantor pusat dukcapil. Karena ada catatan yang hurus dibenahi. Waduh, lumayan jauh juga tu, ngedumel batin saya. Akhirnya saya langsung deh ke kantor pusat dukcapil.

Kantor Dukcapil Jakarta Utara

Singkat cerita, saya tiba di kantor dukcapil. Dan ditanya apa keperluannya. Saya ingin mencetak ulang akta kelahiran yang hilang dan ingin merubah nama, ada kesalahan satu huruf, yang seharusnya huruf R, diakta kelahiran tertulis huruf T. Petugas, menanyakan berkas-berkas lengkap lainnya. Sebagai bukti bahwa itu punya saya. Hahaha....saya hanya bawa ktp dan kartu KK. Terpaksa saya pulang lagi demi melengkapi berkas itu.

Berkas yang harus dilengkapi saat ingin merubah nama pada Akta Kelahiran:

  • Photo copy KTP
  • Photo copy KK
  • Photo copy surat nikah
  • Photo copy Ijazah
  • Photo copy surat Akta Kelahiran

Esok harinya saya datang lagi ke kantor dukcapil dan membawa semua perlengkapan tersebut. Ditemui petugas dan dinyatakan berkas dinyatkakan sudah lengkap. Alias tidak ada masalah lagi. Saya disuruh pulang dan akan dikabari lewat pesan WA. Saya pulang dengan hati plong. Tinggal menungguh hari, akta kelahiran akan jadi.


Sesuai kesepakatan hari yang ditentukan, saya kirim pesan WA kepada petugas dukcapil. Menanyakan apakah akta kelahiran saya sudah jadi. Dan dapat balasan, akta sudah jadi dan dipersilakan untuk mengambilnya. Wow riang banget hati ini. Saya langsung berdandan dan mengeluarkan sepeda motor. Tancap gas menuju kantor dukcapil. Perjalanan lancar, tidak ada kemacetan.

Motor saya parkir di depan kantor dukcapil. Petugas parkir sesekali teriak" dukcapil, dukcapil".Sebagai isyarat, bahwa gedung ini adalah kantor dukcapil biar pengunjung tidak salah tuju. Tanpa basa-basi, babibu, saya langsung menuju loket dukcapil. Langsung dah, saya disodori surat akta kelahira, yang terbaru. Saya cek, tidak ada salah huruf lagi. Nama sesuai dengan nama-nama didokumen lainnya. Wow amazing, tanda tangan kini modelnya elektronik. Dan bentuk dari surat akta kelahiran mirip photo copyan. Tidak seperti model lama, yang bentuknya seperti piagam yang beralogram. Bagaimana, punya anda sudah model baru?

Berita Terkait

2 komentar:

  1. Akta kelahiran anak saya juga beasalah. Jenis kelamin perempuan, tertulis laki-laki. Seharusnya juga di ganti, ya, Mas Djangkaru. Supaya tak menyulitkan di kemudian hari.

    BalasHapus
  2. Yg penting cepeeeet ya mas prosesnya. Biasanya kan suka lamaaa kalo udh mengurus masalah dokumen2 resmi 😣. Yg bikin kita kdg jadi males utk revisi.

    Tapi syukurlah kalo di beberapa tempat sudah mulai cepat , walo teteeeup yaaa pake fotocopy 😅. Aku berharap nantinya KTP itu ga perlu lagi di FC. Udah terkonek di segala sistem

    BalasHapus

 
Back To Top