Mindset Tepat untuk Hindari Gangguan Kesehatan Mental Selama Pandemi


Dampak dari adanya wabah virus corona ini tentu bermacam-macam. Tidak hanya menyerang pada perekonomian saja, akan tetapi tentu bisa menyerang psikis seseorang. Sebab, adanya tekanan, ketakutan, serta kecemasan akan tertular menjadi faktor terbesar untuk seseorang terkena gangguan kesehatan mental.

Dalam menghadapi COVID-19 ini yang penting adalah mindset diri sendiri. Untuk mengurangi rasa takut, cemas dan stress yang dirasakan. Dengan mensugesti hal-hal positif tentu ini lebih baik dilakukan dari pada harus selalu berpikiran buruk tentang berita yang anda lihat mengenai virus ini.

Tetap Berkegiatan Positif di Rumah
Adapun selama masa kebijakan untuk di rumah aja, ada baiknya anda melakukan kegiatan-kegiatan positif selama di rumah. Ini bisa untuk mengurangi stress dan ketakutan yang anda rasakan. Misalnya dengan berolahraga, memasak atau melakukan apapun yang anda sukai. Tentu ini akan membantu anda dalam menghadapi situasi genting saat ini.

Mengubah mindset tentu sangat diperlukan. Jika tadinya anda adalah orang yang selalu berpikiran kapan wabah ini berakhir, coba mulai sekarang mulai berpikir, apa yang bisa anda lakukan disaat ada wabah ini. bagaimana memanfaatkan waktu luang? Bagaimana lebih produktif di tengah pandemic ini. tentu ini akan membantu pikiran anda teralihkan menjadi lebih positif. Dan hal ini diketahui mampu untuk meredakan stress dan sebagainya.

Pentingnya Mengubah Mindset
Tentu mengubah mindset dan pandangan tentang apa yang dialami menjadi hal paling penting. Dengan mengubah cara pandang, maka anda telah mengubah diri anda menjadi lebih baik. misalnya ketika pandemic ini berlangsung, pandangan anda terhadap dunia ini mengerikan. Tentu ini akan mensugesti otak anda untuk selalu berpikir negatif. Kemudian daya tahan tubuh melemah yang nantinya justru akan berbahaya untuk diri anda sendiri.

Mengambil Dampak Positif dari Pandemi
Coba mulai sekarang lebih terbuka dan memandang dari sudut yang berbeda. Ketika semua orang memandang ketakutan pada wabah ini, coba anda mulai memandang dampak-dampak positifnya. 

Misalnya, dengan kebijakan yang diberlakukan pemerintah untuk melakukan segala aktivitas di rumah. Anda akan mendapatkan banyak waktu luang. Sehingga anda yang kemungkinan dulunya jarang bersenda gurau bersama keluarga karena tidak memiliki waktu, sekarang bisa bermain bersama keluarga karena memiliki banyak waktu.

Tetap Mengembangkan Hobi di Tengah Pandemi
Waktu yang anda miliki bisa anda gunakan untuk mengembangkan hobi. Tidak melulu harus segala hal mewah. Misalnya, dengan membaca buku ditemani secangkir teh di sore hari, ini bisa merilekskan pikiran anda tentunya.

Membaca Buku

Dan masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan bersama keluarga atau jika anda sedang berada di perantauan, maka anda bisa bertemu bersama keluarga melalui media online. Atau jika anda rindu bersama teman-teman, anda bisa melakukan panggilan grup. Hal ini juga bisa membantu anda untuk menghindari gangguan kesehatan mental.

Memang tidaklah mudah untuk mengubah mindset kita terhadap sesuatu. Akan tetapi, jika tidak mencobanya anda tidak akan tahu rasanya. Dengan selalu berpikir positif maka semua yang anda alami tentu akan anda temui dampak positifnya.

Setidaknya, dengan mengubah mindset anda, maka anda telah menyelamatkan banyak nyawa dengan tidak keluar rumah untuk memutus rantai penularan. Tentu ini akan menjadi hal yang sangat baik untuk membantu pemerintah menanggulangi bencana wabah ini.

Jadi, masih mau berpikir negatif? Yuk, sekarang ubah mindset anda menjadi pikiran positif. Tidak lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan ahlinya. Ini bertujuan untuk mendapatkan terapi mental anda. Menceritakan keluh kesah dan berbagi pengalaman tentu menjadi hal yang menyenangkan dan membantu anda dalam menghindari gangguan kesehatan mental.

Halodoc, hadir sebagai solusi untuk anda. Di aplikasi ini ada banyak psikolog terpercaya yang akan membantu anda dan memberikan tips dan trik untuk mengubah mindset  yang tepat untuk menghindari gangguan kesehatan mental selama pandemi Covid-19 ini. Jadi, anda akan selalu bahagia setiap waktu. Yuk, mulai ubah mindset menjadi lebih baik.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top