Bulan Juni ini! Buruan Ganti Kartu ATM Sebelum Diblokir

Kartu ATM

Belum lama ini sedang lagi heboh-hebohnya dengan rencana Bank yang akan memblokir kartu ATM-nya. Wah wah saya pun ikut panih. Kenapa sampai kartu ATM bank diblokir. Ada gerapan apa ini, apakah nasabah yang tidak aktif menabung atau mengecek saldonya akan diblokir? Sebuah pertanyaan yang ada ditempurung kepala. Akhirnya saya pun bertanya ke sebuah kantor bank cabang untuk mengorek informasi tersebut. Demi mendapatkan berita yang sesungguhnya.

Setelah sampai di sebuah kantor cabang bank swasta. Saya langsung turun dari motor dan bergegas bertanya dengan petugas security. Kebetulan petugas keamanan  tersebut berada di teras kantornya. Sehingga saya tidak harus mengikuti prosedur kesehatan. Harus cuci tangan dan aneka keturunannya. Tapi kebetulan saat itu saya juga sedang pakai masker. Sehingga berani mendekati petugas keamanan.

Saya menunjukan kartu ATM yang saya miliki. Dan bertanya, "Apakah kartu ATM saya ini tergolong atau termasuk yang kena blokir?", "Oh tidak, kartu ATM bapak keluaran baru", jawab security tersebut. "Maksudnya gimana ya pak?", Saya pun bertanya kembali." Kartu ATM yang akan diblokir adalah kartu ATM model lama dengan ciri belum ada chip-nya, Katu ATM yang magnetik", timpal petugas keamanan tersebut.

Kartu ATM

Oh begitu, saya baru paham dan mengerti. Kartu ATM yang akan diblokir adalah kartu ATM yang masih magnetik, belum ada kartu chip-nya. Nah bagi pembaca yang masih memegang atau menggunakan kartu ATM tersebut, segera diganti ya. Datang ke kantor cabang terdekat. Bawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM yang akan diganti. Persyaratan cukup mudah bukan? Tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Kalau kita amati, Kartu ATM model baru mirip sim card telephone ya. Chip-nya itu lo. Mungkin chip tersebut menyimpan data-data nasabah lebih akurat. Atau bisa jadi, data-data nasabah bisa terhubung dengan instansi yang lainnya. Mungkin ya? Sehingga stansar keamanan lebih terjamin. Bisa jadi ya? Itu sekedar asumsi saya belaka.

Ayo siapa yang belum ganti Kartu ATM-nya? Desas-desus akhir bulan Juni adalah batas terakhirnya. Ayo buruan datang ke kantor bank terdekat. Daripada nanti repot sendiri. Kartu ATM tidak bisa dipergunakan dengan semestinya. Akan repot sendiri bukan? Ayo tunggu apalagi.

Bagi yang belum punya rekening bank, ayolah bikin. Jaman sekarang, jika tak punya buku rekening, kayak gimana gitu. Apalagi bagi pekerja online. Harus dan wajib punya. Persyaratan buka buku rekening juga sangat mudah. Tidak kayak dulu, harus bawa Kartu KK asli. Eh sekarang cukup bermodalkan KTP dan setoran awal. Beres sudah, ayo siapa yang belum punya rekening bank?

Related Posts

13 komentar:

  1. Chipnya itu mungkin cm buat mendeteksi sesuatu aja kang, jelek padahal yg model chip bisa tegores.

    Dulu sim-card HP ku tegores dan ada kyk karat2nya sulit terdeteksi, tiap dipasang muncul laporan nyuruh sisipkan kartu sim, kemungkinan lama2 nasib ATM itu bisa kyk gitu juga 😅

    BalasHapus
  2. Iyeees kartu yg berchip gitu akan lebih secure nantinya, drpd kartu yg bermagnetik yg lebih gampang diduplikasi Ama penjahat :D. Makanya harus ganti ke kartu chip

    Skr mah mau buka rek gampang ya mas. Udh banyaaak yg bisa buat rek secara online. Jadi sbnrnya ga ada alasan utk ga pake rekening. Kalo ogah Krn alasan ga syariah, banyaak kok bank syariah juga sekarang ini.

    BalasHapus
  3. Hampir setiap orang punya lebih dari 1 rekening, lengkap dengan kartu atmnya, tapi nggak tau apakah ada saldonya atau nggak? Saya kayaknya perlu ganti deh, soalnya belum ada encipnya, takut nggak bisa digunakan, apalagi isi saldonya mencapai miliaran rupiah, aaamiiin....

    Tungguin Bang, ganti encip bareng ke banknya

    BalasHapus
  4. Iya sekarang semuanya pakai model chips semua, yang model magnetic sudah ditinggalkan.

    BalasHapus
  5. jadi serba susah kalo semuanya di blokir

    BalasHapus
  6. Aduh, ATM saya salah satunya masih model lama, baru denger ada info ini. Semoga masih sempat urus ATM Baru ke Bank terdekat.

    Makasih suhu udah berbagi info yang sangat penting.

    BalasHapus
  7. saya udah ganti sebelum pandemi dulu
    udah diworo2 sudruh ganti mumpung gratis katanya
    ini juga jadi salah satu mencegah skimming juga
    biasanya kalau lama engga ganti pin akan terblokir
    tapi engga tau juga beda bank bisa jadi beda kebijakan

    BalasHapus
  8. Kartu atm mandiri saya keblokir, padahal sudah ada chip-nya. Kata temen kartu atm saya diblokir karena pakai kartu gold, sedangkan rekening mandiri sekarang harus pakai kartu tipe cbn semua. Kerjaan numpuk, mana sempet saya ke bank.. Maaf neh jadi numpang curhat hehehe udah lama saya gak berkunjung.

    BalasHapus
  9. Wah jadi inget kemaren dapat notifikasi dari BCA namun sampai sekarang belum ada kesempatan buat ganti kartu. Harus segera ya, katanya sih sampai akhir tahun ini. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  10. Pantesan aja waktu kemarin saya dikirim sms dari bank mandiri untuk ganti ke kartu chips, kartu saya masih kartu lama.

    BalasHapus
  11. Gara gara terlambat ganti kartu kemarin akhirnya harus ke bank deh.

    BalasHapus
  12. trims infonya bang djangkaru bumi

    BalasHapus
  13. Wah, saya masih ada pe er nih, ngurus rekening di bank syariah yang sekarang gabung jadi BSI. Beberapa bulan tak bisa menerima transfer masuk karena masih rekening lama, harus bikin akun baru.

    BalasHapus

 
Back To Top