Tips Cerdas Memilih Konsultan Hukum

Tips Cerdas Memilih Konsultan Hukum

Indonesia merupakan negara hukum sehingga dalam setiap kehidupan kita tidak lepas dari aturan-aturan yang harus ditaati. Namun terkadang masih ada saja masalah hukum yang timbul. Jika mendapati masalah hukum, Anda memerlukan Advokat agar terhindar dan terbebas dari masalah hukum yang dihadapi.

Ada banyak sekali law firm di Indonesia, bahkan corporate law firm Jakarta saja jumlahnya lebih dari 30 buah. Tentu tidak sembarang Advokat yang bisa dipilih. Sebab bila sembarang dilakukan, maka akan membuat permasalahan hukum Anda semakin rumit, bahkan merugikan bagi Anda.  Oleh sebab itu diperlukan cara yang cerdas dalam memilih Advokat.
  1. Pilihlah yang Memiliki Keahlian
  2. Advokat atau Konsultan hukum yang dipilih haruslah memiliki keahlian di bidangnya. Hal itu dikarenakan tidak semua Advokat ahli tentang permasalahan hukum yang Anda hadapi. Anda harus memahami permasalahan yang Anda hadapi, sehingga ketika memilih Advokat nantinya itu sesuai dengan bidangnya. Untuk mengetahui kesesuaian dengan bidangnya, maka Anda bisa bertanya ke Advokat yang bersangkutan.

  3. Pilihlah yang Memiliki Pengalaman/Track Record yang Baik
  4. Pengalaman/track record yang baik dari Advokat sangat diperlukan agar kita bisa menakar kemampuan dan pengalaman dalam menangani masalah sejenis dengan masalah yang kita hadapi. Cara mengetahui track record ini dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada Advokat terkait dan juga bisa dengan mencari informasinya di media sosial dan internet.

    Hanya saja biasanya menanyakan track record secara langsung itu justru kurang valid, sebab pada umumnya Advokat/Pengacara hanya akan menunjukkan track record-track record yang baik – baik.

  5. Pilihlah yang Jujur dan Berintegritas
  6. Konsultan hukum yang Anda pilih tentunya harus jujur dan berintegritas. Sering ditemui beberapa advokat melakukan cara-cara yang bertentangan dengan aturan perundang-undangan. Misalnya melakukan suap kepada pihak lawan sehingga dapat memenangkan perkara, atau justru sebaliknya. Jika Anda nekat untuk melakukan tindakan ini, maka masalah hukum Anda akan bertambah.

  7. Pilihlah yang Berkomitmen untuk Menyelesaikan Masalah
  8. Beberapa Advokat tidak memiliki komitmen dalam menyelesaikan masalah. Misalnya mereka di awal sudah menerima bayaran dari klien, namun kemudian mereka tidak berkomitmen untuk menuntaskan perkara yang dihadapi.

    Cara untuk mengetahui Advokat memiliki komitmen dalam menyelesaikan perkara adalah dengan meminta keterangan terkait hal-hal apa saja yang akan dilakukan Advokat dalam mengupayakan penyelesaian perkara hukum yang dihadapi. Baiknya Anda meminta keterangan ini berupa tulisan agar dapat dipertanggungjawabkan, dan jangan lupa sertakan biaya-biaya yang nantinya akan dikeluarkan dalam setiap alur penanganan perkaranya.
Langkah-langkah di atas merupakan hal wajib yang harus Anda jalankan agar Anda dapat memilih dengan tepat partnership dalam menghadapi perkara hukum yang Anda hadapi. Karena pemilihan Advokat yang tepat akan membawa manfaat yang besar untuk Anda ataupun perusahaan Anda.

Dalam pemilihan advokat tersebut jangan lupa sesuaikan dengan jarak tempat tinggal Anda, sebab bila jauh maka Anda juga akan menanggung biaya transport Advokat Anda. Misalnya kalau Anda tinggal di Jakarta, maka pilihlah corporate law firm terbaik. Jadi pilihlah dengan cermat dan Anda akan temukan yang terbaik!

Sumber dan referensi artikel dari https://www.dslalawfirm.com/id/

Related Posts

8 komentar:

  1. nanti jika saya mau konsultasi harus perhatikan tips ini deh kayanya biar ga gagal.

    BalasHapus
  2. Kalau pilih yang berpengalaman apakah nanti bayarannya lebih mahal?

    BalasHapus
  3. ini vital banget konsultan hukum harus betul-betul cerdas milihnya

    BalasHapus
  4. Betul om, kalau salah konsultan bisa-bisa kasus yang harusnya mudah diselesaikan jadi lebih ribet.

    BalasHapus
  5. wah makasih om tips nya, tapi utk konsultan hukum saya puya sendiri dari tmn hehe. jadi bsa konsultasi sendiri nih

    BalasHapus
  6. Memilih konsultan hukum bukan hal yang mudah, nah artikel ini bisa jadi rujukan. Nice job brother...

    BalasHapus
  7. Makasih tips-tipsnya.. Meski pas bacanya rasa gampang gitu bagaimana memilih konsultan, hanya saja saat ada permasalahan, kita kadang salah memilih..

    BalasHapus

 
Back To Top