Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ketika Belajar Alat Musik Keyboard?

Keyboard merupakan salah satu jenis alat musik yang banyak dimainkan. Keyboard sedikit berbeda dengan piano walau fungsi dan cara memainkannya sama, Lantas apa saja perbedaan antara keduanya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Perbedaan Keyboard dan Piano:

  1. Tuts Piano/Keyboard
  2. Salah satu perbedaanya pada tuts piano lebih keras dibandingkan dengan keyboard sehingga pemainnya perlu menekan lebih keras pada saat memainkannya. Selain itu dari bentuknya pun sedikit berbeda walau dari tuts nya sama.
  3. Bentuk Keyboard dan Piano
  4. Alat musik piano terdiri dari rangkaian lengkap mulai dari dudukan piano, tuts dan lain-lain. Bila kamu pandai bermain piano sudah barang tentu akan mudah bermain keyboard tetapi tidak sebaliknya. Bila kamu pandai bermain keyboard belum tentu bisa mahir bermain piano.

Perhatikan gambar perbedaan rangkaian piano dan keyboard dibawah ini:

Piano
Piano

keyboard
Keyboard

Alat musik keyboard sendiri merupakan alat musik bagian dari piano tetapi ada tambahan fungsi karena didalam instrumennya ada juga pilihan suara alat musik lain seperti suling, bass, dan lain sebagainya. Bahkan dengan keyboard kita bisa memainkan alat musik layaknya sebuah band karena didalamnya telah dilengkapi fitur-fitur tersebut.

Memahami Kunci Keyboard
Salah satu hal penting ketika seseorang ingin belajar keyboard adalah mengetahui kunci dasar keyboard sehingga pada saatnya kamu lebih mudah dalam belajar dan naik ke level selanjutnya. Sebagai salah satu saran bisa mengikuti kursus bermain keyboard di Yamaha Musik Shool yang sudah tersebar diberbagai wilayah Indonesia. Adapun kunci keyboard atau yang biasa disebut chord piano seperti berikut ini.

Dalam 1 chord dasar piano akan terdiri dari 3 not. Contohnya chord C akan terdiri dari C E G, sedangkan chord D terdiri dari D F# A, Untuk chord Am akan terdiri dari A C E dan satu lagi Chord Bm terdiri dari B D F#.

Pastikan Posisi Duduk yang Nyaman Saat Memainkan Keyboard

Ketika kalian belajar bermain keyboard , setelah mengetahui dasar-dasar bermain keyboard seperti kunci-kuncinya atau chord selanjutnya pastikan membiasakan posisi duduk yang nyaman saat memainkannya. Hal ini sangat penting karena bermain keyboard tidaklah sebentar apalagi bila kalian menjadi pemain keyboard yang piawai seperti di berbagai acara hajatan. Pastikan tulang belakang lurus agar energy dalam tubuh seimbang dan lancar, hal ini akan sangat mengurangi rasa pegal ketika memainkan alat musik tersebut.

Keyboard Pilihan
Bila kalian berminat untuk membeli keyboard pastikan memilih merek ternama dan kualitas yang sudah teruji. Salah satu merek keyboard ternama dengan kualitas terbaik adalah keyboard Yamaha, berikut merek keyboard Yamaha yang bisa kalian beli sebagai rekomendasi.

Yamaha Genos

Keyboard ini memiliki lebar 1.234 mm (48-9/16") dan tinggi 138 mm (5-7/16") dengan berat 13KG. Harga keyboard ini sekitar 68 juta rupiah.

Yamaha PSR

PSR-EW425, dari sekian keyboard PSR Yamaha salah satu yang saya ketahui adalah varian ini. Dengan keyboard PSR-EW425 peka-sentuhan 76 tuts dan memiliki fungsionalitas yang dibangun diatas pengembangan warisan dari varian sebelumnya, PSR-EW425 menawarkan kekuatan dan performa yang maksimal untuk Anda yang sudah piawai.

Yamaha PSR ez-300

Nah ini dia varian yang cocok untuk kalian sebagai pemula ketika ingin memainkan keyboard. Varian ini memiliki 61-tuts yang sensitif terhadap sentuhan. Model keyboard portable yang sangat disukai para pemula ini memiliki 202 lagu bawaan yang memudahkan kalian naik level hingga professional.

Related Posts

5 komentar:

  1. Saya pny keyboard piano mas tapi gak bisa main apalagi sambil nyanyi :D

    BalasHapus
  2. dan satu lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah uang, pastikan uang anda cukup untuk membeli alatnya

    BalasHapus
  3. Belajar piano ini kalau udah lihat keyboard nya yang kudu cepet menghapal nya hehe. Pengen suatu saat belajar

    BalasHapus
  4. saya tiada bakat dalm musik...nak nanyai pun malu

    BalasHapus
  5. Wah bener banget klo piano emang harus punya power ya kak. Anakku sekarang lagi belajar main keyboard, semoga nanti bisa kebeli piano yang bagus buat di rumah hehe

    BalasHapus

 
Back To Top