Strategi Marketing Paling Jitu 2020

Strategi Marketing

Agar lebih sukses menjalankan bisnis di tahun 2020, coba lakukan marketing yang baik dan benar berikut ini. Marketing menjadi ujung tombak kelangsungan suatu usaha atau bisnis. Cara penjualan tersebut dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang terjadi termasuk di 2020. Untuk tahu bagaimana melakukan marketing yang baik dan benar, kamu bisa ikuti strategi berikut ini.

Mempergunakan Sosial Media
Tidak bisa dipungkiri, sosial media memiliki peran vital untuk bisnis. Tidak hanya untuk penjualan namun juga untuk brand awareness. Apalagi, di Indonesia sendiri, pengguna media sosial terutama instagram sudah menembus angka 1 milyar users. 

Namun, jika kamu menggunakan fitur iklan, cara marketing yang baik dan benar adalah menentukan target pasar dahulu. Tujuannya adalah agar iklan tersebut ditampilkan di akun yang sesuai dengan produk kamu. Jadi, kamu bisa menghemat pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan.

SEM dan SEO
Baik SEM (search engine marketing) dan SEO (search engine optimization), keduanya berperan untuk memaksimalkan pemasaran menggunakan website. Jadi, untuk kamu yang memiliki online shop, strategi ini tidak boleh terlewat. 

SEM memaksimalkan promosi website terutama dengan iklan berbayar. Sedangkan SEO itu sendiri, akan membantu kamu meningkatkan trafik pengunjung. Jika keduanya berjalan dengan baik, trafik pengunjung akan mengingat dan persentase penjualan juga akan naik. 

Menggunakan AI
Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan, akan membantu bisnis kamu seperti saat penerimaan pesan. Jadi, kamu tidak perlu membalas satu per satu pesan yang masuk ke kamu. Jikapun pesan tersebut urgent, sistem bisa diarahkan ke CS untuk penanganan lebih lanjut. 

Strategi Mulut ke Mulut
Teknik marketing penjualan ini akan sangat membantu untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha baru. Dibandingkan dengan testimony secara online, testimony secara langsung akan lebih dipercaya. Terutama jika testimony tersebut dikatakan oleh orang yang dekat dengan calon konsumen. 

Mempergunakan Jasa Influencer
Ada tingkatan influencer. 2 diantaranya adalah micro influencer dan macro influencer. jika macro influencer memiliki follower lebih dari 10 ribu, misalnya artis, maka micro atau nano influencer memiliki follower di bawah 10K. 

Mempergunakan jasa micro influencer ini, akan membantu kamu untuk mendapatkan kepercayaan dari golongan menengah ke bawah. Ini karena micro influencer cenderung memiliki interaksi yang lebih baik dibandingkan dengan macro influencer. Dengan begitu, tingkat kepercayaan juga akan semakin tinggi.

Pergunakan Psikologi Marketing
Psikologi marketing merupakan pemahaman motif yang mempengaruhi emosi dan tindakan pasar terhadap suatu produk yang ditawarkan pebisnis. Beberapa cara psikologi marketing yang bisa kamu coba, diantaranya adalah:
  1. Buat customer merasa istimewa. Misalnya menjual produk kamu dengan harga murah hanya untuk customer tersebut. Bisa juga memberikan hadiah eksklusif untuk pembelian produk dari bisnis kamu.
  2. Memahami pembeli.
  3. Membangun urgensi dengan cara yang cerdas.
  4. Menunjukkan bahwa perusahaan kamu juga membela sesuatu. Cara ini bisa membantu kamu mendapatkan simpati atas apa yang kamu lakukan. Dengan begitu, calon konsumen akan cenderung menjadi pelanggan kamu dibandingkan pesaing karena standing for something yang kamu lakukan.
Email Marketing
Email marketing dapat membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan karena repeat order. Lewat strategi ini, kamu bisa memberikan penawaran eksklusif dan lebih akrab dengan pelanggan. Dengan begitu, tingkat penjualan juga lebih meningkat.

Namun, email marketing tidak hanya dipergunakan untuk penjualan.  Kamu juga bisa menggunakan email marketing untuk melakukan survey, misalnya kepuasan layanan. Lewat survey tersebut, kamu bisa meningkatkan layanan yang memuaskan konsumen agar setia membeli produk Anda.

Itulah strategi marketing yang baik dan benar di tahun 2020 yang bisa kamu coba. Namun, sebelum mencoba mengaplikasikan strategi tersebut, jangan lupa untuk melakukan analisa seperti SWOT agar strategi berjalan baik ya.

Sumber referensi artikel:
https://projasaweb.com/strategi-pemasaran/
https://divedigital.id/strategi-marketing-terbaik-2020/
https://www.exabytes.co.id/blog/6-trend-marketing-yang-tidak-boleh-diabaikan-di-2020/
https://glints.com/id/lowongan/strategi-pemasaran-untuk-bisnis-perusahaan/#.Xpq1hP0za00
https://www.ekrut.com/media/tren-media-sosial-untuk-strategi-pemasaran-online-di-tahun-2019
https://www.dewaweb.com/blog/psikologi-marketing/
https://www.sab.id/blog/enam-strategi-dan-tren-media-sosial-di-2020/

Related Posts

11 komentar:

  1. Benar-benar strategi pasar yang mantap. Moga-moga mereka pada pake influenser, saya ikutan deh, hehehe

    BalasHapus
  2. Sekarang paling banyak strategi marketingnya pake media sosial sih, karena mudah dan bisa dijangkau hampir seluruh konsumen.

    Tapi strategi yang lain juga bagus tuh, apalagi pake influenser di media sosial.

    BalasHapus
  3. Sosial media
    Jadi yang di guna
    Percepat strategi berhasilnya usaha

    BalasHapus
  4. Mantap ulasan strategi pemasarannya.

    Mungkin ya karena sekarang saking banyaknya influencer, kadang agency suka tidak rasional menerapkan fee, jauh dari layak yang semestinya.
    Dan memakai banyak persyaratan untuk dapat memperoleh fee, misalnya jumlah batas like foto di ig harus sekian.
    Itu salah satu contohnya.
    Karena hal seperti itu, aku pernah menolak tawaran jadi influencer suatu produk.

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang saya masih pake sosial media sama toko online aja nih mas buat pemasaran produk jualan saya, alhamdulillah uda lumayan pembelinya dalam waktu kurang dari sebulan. kuncinya konsisten aja upload produk dan promosi terus di sosial media plus tambahkan voucher atau diskon di toko online, kalau berkenan bisa mampir ke ig @natalovera.store hehehe kok jd promosi sih wkwkw

    BalasHapus
  6. Wah saya baru tau kalo ada SEM, selama ini kenal sama SEO doang. Itupun cuman sekedar tau, belum memami secara detail tentang SEO.

    Nah pas pelajaran manajemen, kata dosen saya strategi yang paling jitu dan bakal cepet laku, strategu pemasaran dari mulut ke mulut. Ini super ampuh banget, kalau dari pelanggan satu mendapat pengalaman yang memuaskan dari produk kita, nah secara tidak sadar dia akan menceritakannya ke orang lain. Dan begitu seterusnya. Keren nih infonya kak hehe

    BalasHapus
  7. wah suhu mulai buka ilmu nih terimakasih sudah berbagi bang

    BalasHapus
  8. Great strategic to apply. It is an important and useful information.
    Thank you for sharing and stay well!

    BalasHapus
  9. Kebanyakan saat ini pemasarannya melalui sosmed terutama facebook dan instagram

    BalasHapus
  10. Wah mas bumi ternyata juga seorang marketer ya,,,

    BalasHapus
  11. Informatif sekali mas list strategi marketing-nya. Dari daftar di atas, saya sendiri baru nyoba SEO, dari mulut ke mulut dan email marketing.

    Selanjutnya, coba mungkin bisa review satu2 mas strategi marketing di atas.

    BalasHapus

 
Back To Top