Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus

Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus

Ada pertanyaan dari salah satu sahabat, bagaimana cara mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus. Pertanyaan yang sangat menarik sekali. Perpindahan dari http ke https pastinya juga demi menunjang SEO. Apa perbedaan antara http dengan https? Saya hanya akan menjelaskan dari sudut orang awam saja. Sebab kalau dijelaskan dengan rinci, nanti akan pusing sendiri. Perbedaan dari Hypertext Transfer Protokol (HTTP) dengan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) ibarat kata seperti rumah. HTTP dengan pintu ada kunci handelnya sedangankan HTTPS pintu ada kunci handel dan masih ditambahkan gembok pula. Sehingga dari segi keamanan, pasti HTTPS lebih terpercaya.

Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus

Yang masih menggunakan domain blogspot pastinya tidak akan mengalami kesulitan. Karena tinggal mengatur pada setelan dasar, rubah YA pada pengalihan HTTPS. Bagi yang berdomain khusus atau domain sewa (Top Level Domain)?  Di pengaturan dasar ada peringatan "HTTPS saat ini tidak tersedia untuk blog domain khusus". Untuk mengatasinya ada dua cara, dengan bantuan situs Cloudflare, sebenarnya saya lebih menganjurkan dengan cara tersebut.

Tapi bagi yang tidak mau repot-repot ada cara sederhana. Mari kita simak tahapannya :
  • Langkah pertama pastinya Anda harus login ke blogger dulu. 
  • Selanjutnya Anda berkunjung ke alamat https://draft.blogger.com/
  • Sehingga penampilan pengaturan setelan dasar akan tampak seperti dibawah ini : 
 Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus
  • Pada kolom atau barisan Ketersediaaan HTPS, rubah menjadi YA.
  • Proses akan berjalan sekitar 15 menit. Jika berhasil pada tab browser, link/URL blog Anda akan ada icon gembok berwarna hijau. Seperti contoh pada gambar dibawah ini:
Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger Domain Khusus
  • Selama menunggu proses perubahan dari http ke https, Anda juga harus merubah link/URL pada HTML tema/template blog Anda. Silakan ganti http dengan https, ingat perubahan ini hanya untuk link/URL milik Anda. Semisal link di tab menu halaman dan link gambar. URL lain atau situs yang mengarah keluar juga boleh, asal pastikan dulu bawah URL tersebut sudah mengadobsi https, semisal milik Protected DMCA.

Nah, seperti itulah cara praktis dan sederhananya. Yang namanya gratisan, pasti nanti masih juga dijumpai link artikel bertanda gembok hitam dengan tambahan tanda seru berwarna orange. Atau istilahnya dengan sebutan mixed content. Ya, begitulah nasib blog gratisan, semua hak perogratif ada ditangan mbah google. Hanya bisa pasrah dan menerima saja. Masih untung dikasih tumpangan gratis!

Related Posts

3 komentar:

  1. kirain saya ke pihak penyedia domainnya pas beli domain di awal

    BalasHapus
  2. Mau tanya aku parkir domain kok gak bisa diakses pake non www.
    Padahal semua set nya benar 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal memberikan tanda centang di setelah pengaturan alamat blog

      Hapus

 
Back To Top