Berbagai Jenis Media Informasi yang Berkembang Saat ini

Di masa modern ini, sudah banyak berbagai jenis media informasi yang dapat kita jumpai. Jenis media informasi ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu media cetak dan media elektronik. Sekarang ini informasi sudah dapat kita jumpai di dunia nyata maupun di dunia maya. Mari kita bahas artikel dibawah ini supaya Anda lebih tahu tentang media informasi.

MEDIA CETAK
Media cetak merupakan jenis media iklan yang dicetak dan hanya dapat dilihat serta dibaca. Awalnya iklan di media cetak hanya koran dan faksimile saja. Seiring berkembangnya teknologi, iklan media cetak sekarang sudah memiliki banyak jenis. Iklan media cetak yang paling dikenal sekarang yaitu spanduk, brosur dan lainnya.

Dibawah ini beberapa jenis media cetak : 

Spanduk

Spanduk
kenzdigitalprinting
Spanduk merupakan media informasi iklan yang berbentuk persegi panjang serta terdapat gambar, tulisan, dan warna. Spanduk memiliki 2 bahan yaitu Kain dan MMT. Pada spanduk jenis kain dan cara membuat tulisan, gambar maupun warna dengan cara dicat dan digital printing, sedangkan MMT cara membuat tulisan gambar maupun warnanya hanya menggunakan digital printing.

Brosur
 
Brosur
kontenesia
Brosur merupakan jenis media iklan cetak yang berbentuk buku dengan memiliki beberapa halaman saja dan diterbitkan hanya satu kali. Di dalam brosur terdapat berbagai jenis gambar supaya menarik pembacanya.

MEDIA ELEKTRONIK
Media elektronik merupakan media iklan elektronik yang memiliki berbagai macam tampilan seperti gambar dan suara. Media iklan elektronik ini memiliki berbagai macam jenis seperti : televisi, radio, serta internet.

Televisi

Televisi
Currys
Televisi merupakan media iklan elektronik yang dapat menampilkan konten yang bersifat audio, visual dan motion. Dengan menggunakan media elektronik berjenis televisi ini iklan yang ditayangkan pun akan mencuri banyak perhatian masyarakat. Untuk menampilkan iklan di televisi ini terbilang mahal tetapi juga fleksibel dan juga iklan produk yang anda tawarkan bisa tersebar luas di kalangan masyarakat. Sekarang ini sudah banyak bentuk televisi yakni televisi berbentuk tabung, TV LED, LCD, dan lain-lain. Untuk merknya sendiri televisi juga memiliki banyak merek seperti : Sharp, Samsung, Akari, dan lain-lain.

Radio

Radio
Exchange4media
Sangat berbeda dengan televisi. Radio adalah media elektronik yang hanya dapat menampilkan audio atau suara saja. Radio memiliki sebuah antena untuk mengubah sinyal frekuensi listrik menjadi sinyal elektromagnetik. Antena radio ini juga berfungsi sebagai penangkap sinyal yang dikirim dari menara radio dan didengar oleh masyarakat.

Internet
 
Internet
Aturduit
Internet atau Interconnection Networking merupakan jaringan komunikasi dunia yang terhubung oleh milyaran jaringan komputer dengan cara terbuka dengan sistem standar global TCP/IP. Internet sendiri sudah mendunia dan sekarang menjadi bagian media informasi elektronik bagi seluruh dunia. Didunia Internet atau lebih dikenal dengan dunia maya Anda akan menemukan banyak informasi dan juga kejahatan. Di dunia maya terdapat penjahat yang disebut Hacker. Hacker ini akan merampas data pribadi anda maupun data penting kantor.  Internet memiliki bermacam macam jenis jaringan seperti :

LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jenis jaringan internet yang hanya dapat dijangkau sejauh 100 meter. Biasanya jaringan jenis ini hanya terdapat di rumah,kampus dan lainnya.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jenis jaringan internet yang memiliki jangkauan lebih luas daripada LAN yakni sejauh 10-50 km. Jenis Di pemerintahan memasang jenis jaringan internet ini karena untuk berhubungan antar kota.
WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jenis jaringan internet yang memiliki jangkauan melebihi LAN dan MAN. Karena jangkauan WAN sendiri bisa mencakup 1 negara maupun benua.

Related Posts

16 komentar:

  1. Berarti media sosial termasuk media elektronik ya, Mas Djangkaru?

    BalasHapus
  2. internet yang termasuk didalamnya edia sosial menjadi media yang dominan untuk penyebaran informasi, ini sangat bagus. Namun disayangkan selalu ada rumput dalam persemaian meski tidak pernah ditanam. Selalu ada yang memanfaatkan media sosial untuk hal-hal negatif semacam penyebaran hoax

    BalasHapus
  3. Apa pun bentuk medianya intinya agar bisa menambah wawasan pengguna dari hari ke hari bahkan seterusnya.😄

    Meski terkadang media banyak disalah artikan atau hanya sebagai symbol..Yaa meski tidak semua orang begitu sih mas..😄😄

    BalasHapus
  4. Meski kehadiran media digital terkesan melindas media cetak, tapi sebenarnya media cetak masih sangat digandrungi. Koran lokal di Ende sini, misalnya, masih jadi pilihan mereka-mereka yang belum karib dengan gadget. Dari pos blog ini saya jadi tahu soal MAN, selama ini tahunya cuma LAN dan WAN. Makasih Mas Bumi.

    BalasHapus
  5. akhir-akhir ini spanduk banyak banget dipasang di jalan-jalan.. di dekat rumah saya saja, kalau mau masuk lorong itu spanduk berjejeran menyambut saya. saya tidak peduli, saya resah karena si pemasang spanduk tidak melihat estetika. lorong ku jadi kelihatan warna warni.

    abang juga gitu??

    BalasHapus
  6. Internet media tercepat sebarinformasi
    Selain tv
    Asal punya koleksi
    Segera kertemu yang dicari

    BalasHapus
  7. Perkembangan media informasi memang luar biasa. Saya masih ingat dulu saya berkomunikasi pakai surat yang dikirim dengan burung merpati

    BalasHapus
  8. Tapu media internet inilah yang sangat cepat perkembanga nya, termasuk blog

    BalasHapus
  9. sekarang lebih ke internet ya mas
    penetrasi lebih besar

    BalasHapus
  10. Walaupun di era digital sekarang ini dimana informasi jadi lebih mudah dan cepat diakses dgn adanya jaringan internet, namun media cetak akan tetap bertahan krn lebih nyaman dan tak bikin sakit mata.

    BalasHapus
  11. Sekarang semua sudah serba instan, nyari informasi di internet cepet banget

    BalasHapus
  12. yang penting harus bijak menggunakan media dan jangan membiarkan media mengusai kita

    BalasHapus
  13. kalau sekarang yang lebih dominan media internet ya mas..
    mau cari apa aj ada disana.. media cetak sudah kalah saing sepertinya. tapi tetap saja sih, brosur dan spanduk masih diperlukan untuk keperluan acara atau promo tertentu

    BalasHapus
  14. TV, brosur, dan spanduk. kalo yg paling cocok sih di iklan tv soalnya se-indonesia bisa lihat, mas. cuma itu tadi mahal kalo ngiklanin di tv.

    BalasHapus
  15. Kehadiran media-media ini menurutku penting untuk dari segala sisi dan tergantung siapa saja yang ditargetkan.
    Spanduk, cocok diletakkan di tempat-tempat terbuka, contoh di pinggir jalan raya.

    Jadi, semuanya tergantung penempatannya.

    Aku sampai saat ini juga masih menggunakan media koran untuk bacaan pagi. :)

    BalasHapus

 
Back To Top