Berbagai Jenis Media Informasi yang Berkembang Saat ini

Di masa modern ini, sudah banyak berbagai jenis media informasi yang dapat kita jumpai. Jenis media informasi ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu media cetak dan media elektronik. Sekarang ini informasi sudah dapat kita jumpai di dunia nyata maupun di dunia maya. Mari kita bahas artikel dibawah ini supaya Anda lebih tahu tentang media informasi.

MEDIA CETAK
Media cetak merupakan jenis media iklan yang dicetak dan hanya dapat dilihat serta dibaca. Awalnya iklan di media cetak hanya koran dan faksimile saja. Seiring berkembangnya teknologi, iklan media cetak sekarang sudah memiliki banyak jenis. Iklan media cetak yang paling dikenal sekarang yaitu spanduk, brosur dan lainnya.

Dibawah ini beberapa jenis media cetak : 

Spanduk

Spanduk
kenzdigitalprinting
Spanduk merupakan media informasi iklan yang berbentuk persegi panjang serta terdapat gambar, tulisan, dan warna. Spanduk memiliki 2 bahan yaitu Kain dan MMT. Pada spanduk jenis kain dan cara membuat tulisan, gambar maupun warna dengan cara dicat dan digital printing, sedangkan MMT cara membuat tulisan gambar maupun warnanya hanya menggunakan digital printing.

Brosur
 
Brosur
kontenesia
Brosur merupakan jenis media iklan cetak yang berbentuk buku dengan memiliki beberapa halaman saja dan diterbitkan hanya satu kali. Di dalam brosur terdapat berbagai jenis gambar supaya menarik pembacanya.

MEDIA ELEKTRONIK
Media elektronik merupakan media iklan elektronik yang memiliki berbagai macam tampilan seperti gambar dan suara. Media iklan elektronik ini memiliki berbagai macam jenis seperti : televisi, radio, serta internet.

Televisi

Televisi
Currys
Televisi merupakan media iklan elektronik yang dapat menampilkan konten yang bersifat audio, visual dan motion. Dengan menggunakan media elektronik berjenis televisi ini iklan yang ditayangkan pun akan mencuri banyak perhatian masyarakat. Untuk menampilkan iklan di televisi ini terbilang mahal tetapi juga fleksibel dan juga iklan produk yang anda tawarkan bisa tersebar luas di kalangan masyarakat. Sekarang ini sudah banyak bentuk televisi yakni televisi berbentuk tabung, TV LED, LCD, dan lain-lain. Untuk merknya sendiri televisi juga memiliki banyak merek seperti : Sharp, Samsung, Akari, dan lain-lain.

Radio

Radio
Exchange4media
Sangat berbeda dengan televisi. Radio adalah media elektronik yang hanya dapat menampilkan audio atau suara saja. Radio memiliki sebuah antena untuk mengubah sinyal frekuensi listrik menjadi sinyal elektromagnetik. Antena radio ini juga berfungsi sebagai penangkap sinyal yang dikirim dari menara radio dan didengar oleh masyarakat.

Internet
 
Internet
Aturduit
Internet atau Interconnection Networking merupakan jaringan komunikasi dunia yang terhubung oleh milyaran jaringan komputer dengan cara terbuka dengan sistem standar global TCP/IP. Internet sendiri sudah mendunia dan sekarang menjadi bagian media informasi elektronik bagi seluruh dunia. Didunia Internet atau lebih dikenal dengan dunia maya Anda akan menemukan banyak informasi dan juga kejahatan. Di dunia maya terdapat penjahat yang disebut Hacker. Hacker ini akan merampas data pribadi anda maupun data penting kantor.  Internet memiliki bermacam macam jenis jaringan seperti :

LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jenis jaringan internet yang hanya dapat dijangkau sejauh 100 meter. Biasanya jaringan jenis ini hanya terdapat di rumah,kampus dan lainnya.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jenis jaringan internet yang memiliki jangkauan lebih luas daripada LAN yakni sejauh 10-50 km. Jenis Di pemerintahan memasang jenis jaringan internet ini karena untuk berhubungan antar kota.
WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jenis jaringan internet yang memiliki jangkauan melebihi LAN dan MAN. Karena jangkauan WAN sendiri bisa mencakup 1 negara maupun benua.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top