6 Tips Menata Ruang Kerja Sempit dengan Partisi Kantor

Beraktivitas di kantor yang sempit, pastinya berpengaruh pada kinerja. Alih-alih karyawan punya privasi, malah membuat ketidaknyamanan dalam bekerja. Sebenarnya hal itu bisa diantisipasi dengan memilih partisi kantor yang tepat dan penataan yang akurat.

Jika Anda salah satu yang merasakan ketidaknyamanan bekerja di ruang sempit tersebut, wajib tahu apa yang harus dilakukan. Terutama untuk merubah penataan ruangan, agar lebih menyenangkan dan meningkatkan produktivitas kerja.

Ruangan Kerja Sempit
Sumber Image: arkadiafurniture.co.id

6 Tips Ini Dapat Diterapkan Pada Ruang Kerja Anda
Dengan menerapkan enam tips di bawah ini, Anda akan memiliki sebuah ruang kerja bersama yang tidak lagi seperti kapal pecah. Mau tahu apa saja tipsnya?
  1. Keluarkan Barang Tidak Penting
  2. Mulailah dengan melakukan sortir barang dan benda yang tidak penting. Keluarkan dari ruangan kerja, sehingga mengurangi isi ruangan sebelum ditata kembali. Misalnya tumpukan berkas lama, yang sudah bisa masuk ke area gudang atau arsip atau meja yang selama ini hanya jadi pajangan tanpa kegunaan yang jelas.

    Anda juga bisa menyiasatinya, dengan memasukkan semua barang yang tidak penting itu ke dalam kardus. Jadi, walaupun harus tetap ada di dalam ruangan bisa diletakkan di tempat yang tidak mengganggu aktivitas.

  3. Pilih Partisi yang Tepat
  4. Saat ini sudah banyak jenis partisi kantor yang bisa Anda pilih, untuk ambil bagian dalam penataan ruangan. Jika perusahaan Anda bergerak di dunia industri kreatif, ada baiknya memilih partisi bilik portable. Untuk memudahkan ketika akan menata ulang secara berkala.

    Usahakan juga memilih partisi yang terbuat dari kaca, sehingga bisa memberi kesan ruangan terlihat lebih luas. Tapi, tetap harus dipadukan dengan furniture pendukung agar terlihat lebih estetika secara desainnya.

  5. Pilih Partisi Multifungsi
  6. Ruang sempit tidak akan bisa menampung banyak furniture, makanya Anda perlu memilih partisi kantor yang multifungsi. Sehingga bisa meminimalisir jumlah furniture yang ada, di dalam ruangan tersebut.

    Contohnya, partisi bilik yang dilengkapi meja portable. Ketika digunakan maka meja bisa dibuka, sedangkan setelah bekerja tinggal melipatnya pada sisi bilik tersebut. Bisa juga penyekat yang sudah langsung berfungsi sebagai lemari, sehingga Anda bisa menyimpan dokumen disana. Tanpa harus membeli lemari lain secara terpisah.

  7. Tata Linear
  8. Buatlah penataan meja dan kursi secara linear, jadi terkesan lebih rapi dan ruangan tidak jadi sempit. Misalnya untuk ruangan segi empat, Anda bisa menempatkan meja dan kursi pada salah satu sisi secara berurutan.

    Selain memberikan kesan yang rapi, penataan jenis ini juga membantu koordinasi yang cukup intensif.

  9. Furniture Rapatkan
  10. Ini juga merupakan salah satu cara, untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih lapang. Jika sebelumnya Anda meletakkan furniture di tengah ruangan atau sesuka hati, sekarang coba rapatkan semua ke dinding. Seperti lemari, meja dan kursi tamu jika ada, atau dispenser dan benda lainnya.

    Anda bisa melihat bahwa sebenarnya ruang sempit yang Anda keluhkan selama ini, ternyata bisa jadi lapang. Jika sudah terlihat lapang, akan lebih mudah menata partisi di spot yang paling nyaman untuk bekerja bersama.

  11. Buat Bilik Privasi
  12. Jangan lupa untuk membuat bilik privasi atau sekat dengan partisi, sehingga setiap karyawan tetap punya privasi kerjanya masing-masing walau berada di dalam ruangan terbatas.
Demikianlah informasi seputar penataan ruang kerja sempit, dengan menggunakan partisi kantor dan sistem penataan yang tepat. Untuk memaksimalkan upaya penataan, Anda bisa memilih partisi terbaik di arkadiafurniture.co.id dengan kualitas maksimal dan produk lengkap. Dijamin puas dan suasana kerja jadi lebih nyaman, efektif, dan efisien.
 
Bahan artikel dan gambar: arkadiafurniture.co.id

Related Posts

7 komentar:

  1. Bner mas dgn partisi kantor seperti ini memang jadi lebih rapih asal yg ga penting sisihkan aja

    BalasHapus
  2. Simpan dulu nih tipsnya, sepertinya akan terpakai

    BalasHapus
  3. Tips yang bermanfaat Mas, karena kalo tempat kerjanya nyaman, kerjanya juga bisa maksimal.

    BalasHapus
  4. Iya, menggunakan partisi di ruangan kantor bisa bikin kesan ruangan jadi bagus dan ga terlalu sempit. Warna partisi juga turut memengaruhi sih.

    BalasHapus
  5. Wah, partisi sih dari manajemen kantor. Tapi soal barang nggak penting, saya sih suka barang-barang lucu yang ditaruh di meja kantor. Terus pas mau naruh gelas minum jadi bingung tuh gelas mau ditaruh di mana. Hahaha!

    BalasHapus
  6. Dulu pas msh ngantor, aku ga bisa ngotak ngatik kondisi meja dll, Krn semuanya udh didesign Ama team khusus dan dibikin denahnya. Yg mana saat audit itu juga dicek, apa sesuai ato ga.

    Tapi memang udh ga perlu di utak Atik juga, secara bank tempat aku kerja dulu ketat soal hal2 begini , Krn mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam bekerja. Kursi aja yg ergoecomic supaya leher ga sakit. Itu yg aku suka dr tempat kerjaku dulu :D. Krn ruangan kerja nyaman dan aman penting sih untuk mempengaruhi produktifitas staff.

    BalasHapus

 
Back To Top