Heboh, Kartu e-KTP bisa berfungsi Layaknya Kartu ATM

Kartu e-KTP bisa berfungsi Layaknya Kartu ATM

Bukan dunia maya kalau tidak membuat kehebohan. Selalu ada berita yang menjadi viral. Berita yang menjadi obrolan sengit. Tapi kalau bagi saya mah, berita semacam itu saya anggap sebagai hiburan semata. Tidak saya anggap secara serius, apalagi berita yang masih simpang siur belum jelas sumbernya. Berita hasil share dan share, susah dilacah siapa yang pertama membuat berita.

Artikel ini juga hanya sekedar hiburan belaka. Menambah keseruan berita. Obrolan warung kopi, yang hanya sekedar untuk membuang kepenatan dan kebosanan. Hidup ini memang tidak boleh terlalu serius. Jangan terlalu tegang. Sesekali harus mengendorkan urat-saraf.  Dibuat rilex dan santai saja.

Apa yang heboh di media sosial? Katanya kartu e-KTP dapat digunakan sebagai pengganti kartu lain, seperti layanan perbankan, kesehatan dan pendidikan. Kesimpulan singkatnya, kartu e-KTP bisa juga berfungsi layaknya kartu ATM, kartu BPJS dan KJP. Atau bahkan bisa menjadi kartu SIM.

Sungguh luar biasa jika hal tersebut benar-benar terwujud. Sebuah gagasan yang cemerlang. Sebuah ide yang berlian. Saya tidak perlu membawa kartu terlalu banyak di dompet. Sehingga dompet akan tampal lebih ramping. Masalahnya apakah mungkin dan bisa terwujud dalam waktu singkat?

Kalau saya perhatikan, untuk membuat kartu e-KTP saat ini masih memakan waktu lama. Belum lagi kualitas bahan kartu e-KTP masih tergolong belum sempurna. Tulisan yang ada di kartu e-KTP mudah luntut dan mengelupas. Akhirnya terpaksa, kartu e-KTP punya saya harus dilaminating.

Nah, apakah nanti mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) bisa mendeteksi kartu ATM yang dilaminating? Apakah kartu e-KTP yang dilaminating bisa untuk menarik uang di mesin ATM? Atau mungkin pemerintah akan mengeluarkan produk baru kartu e-KTP? Sebuah pertanyaan yang ada dibenak isi kepala saya.

Belum lagi urusan keamanan data. Apakah pemerintah berani bertanggungjawab? Karena dalam urusan dokumentasi, di negara kita tergolong terbuka dengan data. Warga mudah sekali meminjamkan kartu KTP-nya kepada orang lain. Jika data yang ada di KTP jebol, otomatis semua data yang ada ikut jebol, entah yang ada diperbankan maupun yang lainnya. Ah, opini yang bikin heboh!

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top