Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Floppy Disk Penyimpanan Data Yang Terlupakan

Pasang Iklan
Floppy Disk

Teknologi semakin berkembang dengan pesat. Inovasi baru bermunculan. Komputer mengikuti zamannya sehingga perangkat penyimpanan data atau digital storage mau tidak mau harus ikut beradaptasi pula. Memory eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data.  Apa itu floppy disk atau yang lebih terkenal dengan sebutan disket ?  Menurut wikipedia, Cakram flopi atau floppy disk, adalah media diska penyimpanan terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis dan fleksibel, disegel dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

Floppy Disk
Floppy Disk

Sebenarnya floppy disk terdiri dari dua ukuran, yaitu 5.23" dan 3.5". Dan dulu saya memiliki semua ukuran tersebut. Karena dulu saya membuka usaha rental komputer dan jasa pengetikan skripsi di daerah Pasar Sepeda Tunjungsari, Umbulharjo, Jogjakarta. Otomatis menjual disket pula. Tapi sayang, disket yang ukuran besar tidak tersimpan dengan baik. Tinggal disket ukuran kecil, itupun sebenarnya punya mahasiswi yang namanya Titik Murwati. Ah jadi mengenang masa lalu.

Flashdisk

Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk atau disket memang cenderung kecil. Itupun hanya mampu menampung penyimpanan file/data teks. Oh iya, floppy disk berkembang sejak tahun 1970 hingga 2000-an. Dan sekitar tahun 2010-an, motherboard komputer  tidak lagi menyediakan komponen yang mendukung media floppy drive. Tamat sudah riwayat floppy disk. Kini metode penyimpanan data telah tergantikan dengan kapasitas yang lebih besar yaitu USB flash drive atau yang lebih terkenal dengan sebutan flashdisk.

Pasang Iklan
Iklan

28 komentar

seribu kenangan di barang langka ini

Jaman dulu pernah pake benda itu, murah tapi gampang rusak dan rentan kena virus. :)

Zaman tekhnogi yang terus berkembang sehingga inovasi-inovasi baru pun bermunculan
banyak benda-benda yang menyimpan kenangan
slmt hari raya fitri mohon maaf lahir dan batin

Ya,, semua teknologi datang silih berganti. Pernah mengalami dengan menggunakan disket dan sekarang dipermudah lagi dengan hadirnya Usb.

gegara floppy disk itulah skripsiku kudu diketik ulang...tapi berkat itu pulak pas ujiannya jadi ngelotok dan diluar kepala semua

Tuan rumah masih lebaran yah. Em.. saya malah gak punya keduanya tuh. Baru tahu juga tentang ploppy disk penyimpanan data!

Wah.. masih punya aja nih mas :D Btw, dulu harganya berapaan itu mas?

Suatu saat pasti banyak yang terlupakan dan tergantikan,, mungkin nanti pekerja di pabrikpun digantikan dengan manusia robot heheh..
Meskpiun flopydisk sudah tamat,, tapi dia adalah bagian sejarah dari perkembangan kemajuan teknologi penyimpanan,,, aku juga masih menyimpan flopy disk,, meski tak pernah kupakai,,, memang komputer jaman dulu saat masa transisi dari flopy ke hardisk,, jadi perusahaannya masih menyediakan flopydisk..

masih mendingan kalau para pekerja diganti oleh robot, nah kalau sarjana baru digantiin oleh robot, gimana coba?

Seribu cerita yang susah untuk diungkapkan :)

Nah itu...nanti banyak yang jadi pengangguran.

Ketik ulang-ketik ulang, sungguh capeknya jaman dahulu.

USB, hardisk ekternal lebih ok punya ya ?

Mohon maaf lahir batin juga.

Betul sekali, virus yang bikin repot.

klo flopy disk bisa tergantikan sama usb, gimana nanti ya, usb tergantikan sama apa ya!!!

widiw, saya pake ini jaman SMP kelas satu. kira-kira 19 tahun yang lalu.

Saya biasanya menyebut barang langka ini dengan sebutan disket, pernah menggunakannya di awal mengenal komputer untuk mengeset mesin cetak foto digital versi lawas. Sekarang hanya tinggal kenangan, kenangan manis yang tak terlupakan...

Wah, sy masih nyimpen banyak disket, mas. Tapi g atau masih bisa dibaca ga isinya. Heheh..

tapi tetap enakkan jaman dulu mang....soalnya saya masih jadi playboy sih

waktu aku smp kelas 3 tahun 2009 gunain ini buat latihan,,,hahah sekarang masih ada juga toh kang ( bekasnya ),,wkwkw

Sekarang malah jarang ditemukan. Teman2 saya di kampus udah ngak ada yang punya beginian mas

baru tau itu namanya Floppy, dulu bilangnya disket komputer, kayanya bangga bgt punya berpuluh2 disket yg kesannya aktif bgt kegiatan ngetik di komputer hihi.. skrg dah kena jamur apa debu kali ya, lengket2 gitu

Jadi ingeet dulu waktu smp mas, penuh kenangan saat hectic buat tugas di rentalan. wkwkwk

tp skrng gatau dimana disketnya :"

This is interesting my dear

Wah FD masa lalu ini mah hehe. Sekarang HD eksternal yang eksis. Luar biasa ya perkembangan teknologi

Terimakasih atas kunjungannya.

Pasang Iklan
   Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top