Kran Air Siap Minum di Alun-Alun Kebumen Memang Keren

Kran Air Siap Minum di Alun-Alun Kebumen Memang Keren

Selama saya melakukan sebuah pengembaraan bebas, kalau untuk istilah anak gaul namanya traveling. Baru kali ini saya menemukan atau menjumpai kran air siap minum atau yang disingkat KASM. Biasanya kran-kran semacam ini adanya di negara maju, semisal di Australia. Wuih ternyata di Kebumen juga sudah ada, yaitu di Alun-Alun Kebumen, tepatnya di depan gedung DPRD Kebumen. Sungguh luar biasa, Kebumen memang keren.

Kran Air Siap Minum ini disponsori oleh Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen. Air KASM ini dijamin ke hegeinisnya, sehingga Anda tidak perlu kawatir atau cemas saat mengkonsuminya. Air KASM diproduksi dengan sistem RO dan menjamin pengotor sudah tersaring, sistem remeneralisasi setelah RO berrfungsi menambahkan mineral yang sehat untuk tubuh. Proses lanjut menggunakan magnetisasi sehingga air bersih, hexagonal dan baik untuk terapi kesehatan. Sistem ultraviolet menjamin bahwa air bebas dari bakteri, kuman dan virus.
 
Kran Air Siap Minum di Alun-Alun Kebumen Memang Keren

Petunjuk penggunaan kran air siap minum. Pastikan tangan Anda bersih, tekan tombol diatas kran dikekita cawan, air minum akan keluar dan biarkan mengalir beberapa saat, posisikan mulut pada ujung aliran air minum secukupnya. Perlu diingat pula, dilarang menekan tombol secara terus menerus.

Semoga apa yang telah dipelopori PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen ini ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Masak iya, negara yang kaya sumber air ini, kok rakyatnya dikit-dikit harus beli air minum dalam kemasan. Bahkan dulu ada lelucon, air minum dalam kemasan harganya lebih mahal dari harga bahan bakar minyak/bensin. Intinya, keberadaan air KASM ini sangat membantu bagi traveling sandal jempit seperti saya ini.

Related Posts

18 komentar:

  1. Mantap perlu diviralkan biar pada ngiri daerah-daerah lainnya he..

    BalasHapus
  2. Siip... , kemajuan nih Kebumen.
    Menyusul Magelang yang udah lama ada fasilitas air siap minumnya, lokasinya juga di alun-alun dan dekat dengan bangunan penampungan air peninggalan kolonial Belanda.

    BalasHapus
  3. Nah ini baru mantap..PDAM jangan cuma jual air doang sekali kali sedekah air seperti ini....patut di acungi jempol cuma ya gitu harus rajin di kontrol jagna sampai ozonnya rusak kan repot nggak steril lagi

    BalasHapus
  4. Salut nich sama Kebumen, air siap minum gini yang kita perlukan. Selain juga bisa mengurangi limbah plastik dari kita membeli air mineral dalam kemasan

    BalasHapus
  5. mungkin belum banyak dikembangkan karena orang kita kebanyakan usilnya. mudah2an akan tetap awet om dan masyarakat disana dapat menyadari bahwa fasilitias ini adalah milik bersama dan dipergunakan bersama, sehingga timbul rasa untuk saling memiliki. memang sepele, tapi kebanyakan hambatannya itu ya karena "itukan punya loe, ini punya gue".. :)

    BalasHapus
  6. Wahh.. saya yang asli Kebumen malah belum pernah nyoba ini. Cuma sekedar tahu. Tapi nggak mau ngepoin.
    Viralkan!!

    BalasHapus
  7. aku suka banget klo ada air siap minum di tempat umum gini
    apalagi pas traveling
    jadi bisa refill sambil bawa tupperware hehe

    BalasHapus
  8. mantap sih ini..orang-orang jadi tidak akan membeli air mineral kemasan kalo maen kesini...dampaknya ya bisa mengurangi sampah plastik dari air mineral kemasan tersebut..

    BalasHapus
  9. wah di Alun-alun Tegal belum ada yang beginian

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu kalo itu kran siap minum, padahal sering kesini

    BalasHapus
  11. Wah, bisa jadi di sekitar KASM tidak ada warung atau toko yang menjual air mineral kemasan, soalnya sudah ada air minum higienis gratis yang bisa diambil kapan saja.

    BalasHapus
  12. Wah, bagus sekali. Sampah kemasan botol atau gelas air mineral bakalan berkurang nih.

    BalasHapus
  13. Kran Air yang ada di wilayah Kebumen, dapat menjadi Contoh tuh bagi wilayah-wilayah lainnya. Terutama ini menurut saya, menjadi tanggung jawab badan pemerintah di masing-masing wilayah untuk dapat membanggun hal semacam ini. Kedepannya pemerintah memperhatikaan hal semacamini, sehingga masyrakat akan lebih muda mendapatkan air minum tanpa harus beli ke tokoh/pedagang dan pastinya menghemat biaya.

    BalasHapus
  14. Semoga saja bisa dirawat dengan baik oleh warga disana, jangan aji mumpung bawain galon dari rumah, cuma buat ngisi air dari keran umum , hehehehe

    BalasHapus
  15. Makin kesini di tempat wisata makin banyak ya keran siap minum. Jadi kalau pas jalan2 cukup bawa botol minum aja, biar irit.

    BalasHapus
  16. Baru tahu kalau ada daerah yang menyediakan kran untuk air minum. Semoga daerah saya bisa segera menyusul.

    BalasHapus

 
Back To Top