Tugu Tenun Klaten Jawa Tengah

Tugu Tenun Klaten Jawa Tengah

Tugu Tenun Klaten Jawa Tengah . Aku sempat bertanya dengan warga sekitar apa nama monumen tersebut, ternyata banyak yang tidak tahu. Karena memang tidak ada prasasti tertulis di depan monumen tersebut. Djangkaru Bumi asal memberi nama saja yaitu Tugu Tenun atau Monumen Tenun. Sesuai dengan gaya patung yang menggambarkan seorang wanita yang sedang menenun dengan alat tenun bukan mesin. Nah yang menjadi pertanyaanku, di daerah Klaten mana yang warga masyarakatnya masih mau menentun ?

Tugu Tenun Klaten Jawa Tengah

Monumen Tenun Klaten ini dulunya adalah bekas berdirinya Tugu PERWARI ( Persatuan Wanita Republik Indonesia ) dengan sosok patung wanita bersama anak kecil, mirip seperti patung keluarga berencana. Sekitar tahun 2012 Tugu Perwari berganti menjadi Monumen Tenun. Letak Tugu Tenun ini sangatlah strategis. Bisa dikatakan menjadi gerbang arah menuju  Kota Klaten, yaitu Jalan Pemuda Raya. Nah yang menjadi pertanyaanku juga, kenapa tidak patung tokoh pahlawan nasional atau patung pemuda saja ? Pastinya akan tampak lebih elok dan menawan.

Tugu Tenun Klaten Jawa Tengah

Tugu Tenun  Klaten ini dekat dengan Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Soeradji Tirtonegoro yang dahulu bernama Rumah Sakit Tegalyoso. Jika Sahabat dari arah Kota Jogjakarta dan ingin ke Kota Solo pasti akan menjumpai Monumen Tenun Klaten ini. Silahkan Sahabat memberi penilaian dengan Tugu Tenun ini. Apakah Tugu Tenun Klaten ini benar-benar menjadi landmark Kota Klaten atau sekedar dipaksakan ?


♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top