Ondel-Ondel Betawi Sanggar Fadil Betawi Ulang Tahun yang Kedua

Cuaca lumayan terik ya, walau kadang sedikit mendung atau bahkan tiba-tiba hujan deras. Sepertinya sekarang musim susah untuk ditebak. Yang dulunya musim kemarau, eh kok kini musim hujan atau bahkan sebaliknya. Ya namanya hidup, memang main tebak-tebakan, tak ada yang pasti dan tak ada yang langgeng. Sekali lagi, ya seperti itulah kehidupan hehehe.Halnya seperti orang kaya, tak selamanya kaya, dan yang miskin tak selamanya miskin. Terus bergulir dan terus berubah-rubah, semua sesuai kehendak sang pencipta, Tuhan.

Aduh saya kok jadi kayak pujangga atau motivator saja. Suka menasehati atau menggurui. Kalau lagi posisi mapan atau diatas memang enak kalau bicara, lancar. Nasehati orang begitu fasihnya, tapi jika nanti pas jatuh, bicaranya juga gagap hehehe. Nah lo, saya ini sebenarnya mau bicara apa to, kok jadi ngerumpi. Lagi puasa lo, jangan suka gibah yang tak ada manfaatnya. Nanti menambah dosa. Eh soal puasa, saya punya pengalaman. Ternyata, puasa itu yang paling berat menahan marah, kalau menahan lapar itu soal mudah.

Walau puasa, tetap harus kerja. Semua demi keamanan isi dapur. Jangan sampai kosong, entar tidak bisa sahur atau berbuka. Kan kasihan keluarga. Jaman masih sulit, cari duit pekerjaan masih sempit. Seandainya dapat duit, itu pun jumlahnya juga dikit. Jaga kesehatan jangan sampai sakit. Dapatnya berapa, tetap harus bersykur. Soal kurang, ya pasti kurang. Yang namanya manusia, tak akan ada rasa puasnya.

Soal duit nih, omong punya omong kemarin saya dapat duit dari pemilik Ondel-Ondel Betawi Sanggar Fadil Betawi. Iya dapat duit saat acara ulang tahun Sanggar Fadil Betawi yang kedua. Walau acaranya sederhana tapi cukup atau lumayan meriah. Suasana yang sangat menggembirakan. Makan-makan enak pula. Perut jadi kenyang. Sungguh ramah sekali tuan rumahnya. Saya sangat mengucapkan terimakasih, sudah dikasih kesempatan hadir. Bisa menyaksikan pertunjukan Ondel-ondel Betawi.

Dulu Ondel-Ondel Betawi adalah sebagai sarana pengusir roh jahat. Dengan seiring waktu atau perkembangan jaman, Ondel-Ondel menjadi sebuah pertunjukan seni hiburan. Ondel-ondel ini termasuk budaya yang unik, sebab untuk menjadi ondel-ondel diperlukan tenaga yang prima atau fit. Berat ondel-ondel bisa berkisar 20 kg, lumayan berat kan? Jogetnya juga harus atau sesuai irama musik yang mengiringinya.

Berdirinya Sanggar Fadil Betawi, menurut cerita sang ayah Fadil. Dulu anaknya yang bernama Fadil, gemar sekali membututi atau menonton ondel-ondel. Jika ada ondel-ondel lewat, dia selalu mengikuti. Pernah suatu seketika, Fadil ikut ondel-ondel sampai ke bundaran HI (Hotel Indonesia). Lumayan jauh dari jarak rumahnya, orang tuanya panik. Dari situlah, orang tua Fadil punya ide untuk mendirikan sanggar ondel-ondel. Dari satu pasang ondel-ondel kini sudah ada dua pasang ondel-ondel lengkap dengan alat musik pengiringnya. Pastinya dengan modal tidak sedikit. Terus berkarya, demi melestarikan budaya Betawi, serta terus menghibur masyarakat

Berita Terkait

3 komentar:

  1. Thanks for your sharing..

    BalasHapus
  2. Di sanggar ini kegiatannya apa aja mas? Membuat ondel2, atau gimana? Di lingkungan rumahku masih rutin ondel2 lewat. Dulu pas anakku msh kecil, suka BANGETTTT dia liat ondel2 😄. Sampe ditungguin. Trus kalo udh lewat, langsung pasang YouTube ondel2.

    BalasHapus
  3. Ondel-ondel terkadang lewat di depan rumahku. Banyak koleksi ondel2 di Setu Babakan. Rumahku terbilang cukup dekat dari sana. Kaget kalau ondel2 datang kayak takut gitu soalnya gede banget wkwkwkwkwk :D

    BalasHapus

 
Back To Top