Laptop Harga 11 Juta Hilang di Bus Sumber Alam, Nyesek!

Cuaca yang begitu cerah. Sudah dua hari ini, hujan tak turun, begitu bahagianya hati ini. Kok bahagia seh? Iya dong, bisa beraktivitas di luar rumah, bisa keliling kota untuk mencari bahan berita. Belum lagi, cucian pagi, sorenya bisa langsung kering. Pokoknya asek, tak ada jemuran menumpuk. Kamar jadi kelihatan rapi, tak ada yang bergelantugan. Hahaha...kamar jadi mirip toko baju jika ada jemuran yang menggelantung. Kok jemuran ditaruh di kamar? Biar kena kipas angin siapa tahu, paginya bisa sedikit lebih kering atau bahkan bisa kering.

Eh eh, walau cuaca cerah tapi di hati ini masih ada sedikit awan mendung. Wow amazing, sedang putus cinta kah? Wuzz, ngomongnya ngawur aja. Bukan soal cinta. Terus masalah apa? Itu masih ingat dengan hilangnya laptop di bus Sumber Alam. Lah dalah, kok bisa! Ceritanya gimana bisa sampai kehilangan laptop? Merk apa laptonya dan harganya berapa? Waduh, nanyanya kok bertubi-tubi tak ada jeda. Laptonya merek HP dan harganya 11 juta rupiah.

Begini ceritanya. Anak saya naik bus Sumber Alam tanggal 05 Maret 2023 dari Kutowinangun, Kebumen menuju Ponduk Ungu Bekasi. Naik Bus Malam Cepat. Pemberangkatan busnya jam 17.55 WIB. Eh tiba-tiba jam 21.18 WIB anak saya memberi kabar, jika tasnya hilang di bus. Saat itu busnya lagi berhenti di rumah makan Sumber Alam Jatibarang. Nah saat makan itulah, tas yang berisi laptop tidak bawa turun. Keburu kebelet BAB katanya. Saat naik bus kembali, tiba-tiba tasnya tak ada. Kaget dan paniklah anak saya.

Saat saya dikabari lewat pesan WhatApps, saya pun ikut lemes. Sebenarnya saya sudah mewanti-wanti saat pulang liburan kuliah. Ya anak saya liburan kuliah, pengen nengok neneknya yang ada di kampung Kebumen. Anak saya lahir di Jakarta dan besarnya ikut neneknya. Baru kuliahnya balik ke Jakarta lagi. Emang anaknya kuliah dimana? Anak saya kuliahnya di Universitas Darma Persada (Unsada), Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Mengambil jurusan Teknologi Informasi. Makanya itu saya membelikan laptop yang sekiranya menunjang mata pelajaran kuliahnya. Dengan spek laptop prosesor i5, ram 8GB, SSD 512 GB. Merk laptopnya HP.

Eh eh itu wanti-wanti ke anaknya apa saat pulang ke Kebumen? Agar tidak meninggalkan tasnya saat istirahat makan maupun saat ke kamar mandi. Alhamdulillah, setiba di kampung tasnya aman. Eh saat balik ke Jakarta, kok tas ditinggal di bus setibanya di Rumah Makan Sumber Alam Jatibarang. Mungkin anak saya menduga tasnya akan aman jika ditinggal bus karena rumah makan ini kan juga miliknya Bus Sumber Alam. Perkiraan anak saya meleset, tasnya hilang!


Sebelum pulang kampung, tas itu sudah saya belikan gembok kecil. Agar terhindar dari orang jahat,, biar tasnya tidak dirogoh tangan jahil. Lah kok tasnya ditinggal di bus. Pencuri ambil sekalian tasnya dah. Pencuri mungkin tak mau repot buka gemboknya, hehehe. Emang di tas isinya apa aja selain laptop? Isi tasnya baju dan cash HP. Gimana perasaannya saat kehilangan tas? Weleh, masih nanya aja. Pastinya ya sedih.

Emang kenapa harus sedih saat kehilangan tas yang isinya laptop itu? Ini pertanyaan atau hinaan? Jangan-jangan bahagia diatas penderitaan saya nih. Eh sabar dong! Gitu aja sensi, jangan mudah tersinggung. Saya juga turut prihatin dengan hilangnya tas itu. Kehilangan laptop. Pastinya tidak sekedar kehilangan laptop, tapi juga kehilangan data-data mata perkulihaan anaknya. Nah itu tahu, cerdas juga.


Malamnya setelah peristiwa itu, saya datang ke saudara yang kerja di Pool Sumber Alam Pondok Ungu Bekasi. Penanyakan kabar terbaru dari kehilangan tas anak saya itu. Dalam hati, siapa tahu tasnya dikembalikan atau bisa diketemukan. Ternyata hasilnya nihil, katanya barang yang sudah hilang biasanya tak bisa kembali lagi. Ah, jadi tak bisa berharap lagi dah. Harus ikhlas.

Kalau masih ada duit untuk beli lagi, mungkin tak begitu pening. Anak sebelum pulang kampung, duit sudah terkuras buat bayar Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) sebesar5,250 juta rupiah. Belum lagi entar tagihan membayar SKS (Satuan Kredit Semeseter), sebesar 3,5 juta rupiah. Apa kepala tidak nyut-nyut. Sedangkan cari duit masih begitu sulit. Ah kok saya jadi sambat.

Sekarang kan sudah eranya canggih ya, kenapa bus Sumber Alam tidak dilengkapi dengan kamera CCTV. Kalau ada kamera kan enak, jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa terlacak atau bisa diketahui. Penumpang juga merasa aman dan nyaman saat membawa barang berharganya. Atau saat terjadi peristiwa kehilangan, kru bus menggeledak semua penumpang. Memeriksa barang-barang penumpang lainnya. Atau setidaknya, saat tiba di rumah makan, penumpang untuk diingatkan agar tidak meninggalkan barang berharganya. Kalau perlu, ada tempat penitipan barang penumpang. Ah, saya kok jadi kebanyakan tuntutan atau saran hehehe....

Ah jika sudah apes mau gimana lagi. Berandai-andai juga percuma. Barang yang hilang juga tak kembali atau tak diganti. Firasat tak enak sudah ada saat anak mau pulang kampung. Mungkin Tuhan memberi sinyal dari awal, agar saya kuat dan tambah. Bus Sumber Alam ini sebenarnya idola keluarga saya. Dari saya masih bujang sampai saya punya anak bujang, selalu naik bus Sumber Alam ini. Ah, yang hilang biarkan hilang, yang penting anak saya masih selamat dan sehat. Sampai rumah tak kekurangan apa pun. Dan semoga ada rezeki buat beli latop lagi.

Berita Terkait

18 komentar:

  1. Semoga digantikan dengan dengan spesifikasi yang lebih bagus nantinya atau digantikan dengan rezeki yang lebih bermanfaat.

    Menurut saya pribadi, gembok kecilnya justru jadi pemicu bagi si pencuri bahwa di dalam tas memang ada barang yang sangat berharga.

    Tapi kembali seperti diparagraf akhir. Kalo sedang apes, dalam genggaman pun bisa tetap hilang.

    Semangat terus Pak DJB 🔥🔥

    BalasHapus
  2. nyesek banget pasti laptop mahal hilang, yang namanya maling pasti lebih pintar untuk ngambil barang meski di gembok sekalipun :)

    BalasHapus
  3. Waduh, semoga cepat dpt gantinya lagi mas. Semoga saja yg menemukan laptopnya sadar trs mengembalikan mas...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kehilangan lp sedih. Tapi lebih kecewa kehilangan data. Yang sabar ya, cucunda. Semoga dimudahkan rezeki untuk beli pengganti.

    BalasHapus
  6. Turutl berduka mas.. semoga diberi ganti rezekinya.. yg terpenting si bujang jd dapat pelajaran berharga dan sehat selamat tiba di rumah kembali

    BalasHapus
  7. Saya hanya bisa berdo'a semoga apa yang sudah hilang secepatnya Allah berikan gantinya yang lebih bagus lagi tentuya....aamiin...

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu mas Djangkar udah punya anak 😅. Dah gede pula yaaa, udah kuliah.

    Semoga digantikan rezekinya dengan laptop lain yang lebih baik ya mas. Namanya lagi apes Yaa.😔

    BalasHapus
  9. bus sumber alam itu favoritku saat masih sekulah pasti kalau mau pulkam naiknya itu

    turut sedih dengan hilangnya laptop ananda bujang mas bumi, mudah mudahan digantikan yang lebih baik dan aman

    btw ga sangka udah punya anak bujang usia kuliah...takkirain masih usia anak anak sd...sampeyan awet enom berarti mas hehe

    BalasHapus
  10. Turut prihatin om, bener² ya sayang sekali, memang kejahatan selalu ada di sekitar kita, gak ada yang bisa dipercayai selain Yang Maha Esa.

    Terkadang bus canggih dengan cctv pun ada apesnya, delalah cctv pas mati dll. Intinya adalah apes, apes terjadi karena kelalaian , tapi jika sudah terjaga masih apes ya berarti nasib.

    Kesal dan jengkel sih, pengen kepruk aja itu orang yang ngambil pakai charger laptop. .. #bruak biar kapok ...

    Semoga dapat gantinya lebih baik dan buat pelajaran kita semua ... jangan lengah.

    BalasHapus
  11. Turut sedih bang. Smg Allah mengganti dengan yang lebih baik ya

    BalasHapus
  12. Saya juga dulu pernah kehilangan laptop pas naik bis ke kuningan. Dulu bodohnya saya, tasnya tak simpen di kolong kursi. Sepertinya si malingnya udah nandain, dia ambil dari kolong. kebetulan waktu itu bis lagi sepi. Sampe rumah, alamak udah ilang laptopnya.

    Sekarang mah tiap kali naik bis, pasti semua barang berharga saya peluk di depan muka. Gamau keulang!

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah.. ini proses untuk menjadi blogger sukses

    BalasHapus
  14. Lah sampai sekarang gak ada tanggung jawab dari pihak bus kah? Harusnya kan kalo penumpang pada turun, pintu dikunci atau keamanan lain buat jaminannya. Eman bangt rasane. Semoga diganti rzeki yang lbih banyak om.. aamiin

    BalasHapus
  15. sumber alam, ini bus langgananku dulu jurusan purworejo - bintaro.

    BalasHapus
  16. Tutut prihatin juga mas, laptop anaknya hilang waktu di bis.

    Iu perusahaan bis ganti rugi ngga mas? Harusnya sih ganti ya soalnya kan masih dalam bis

    BalasHapus

 
Back To Top