Cara Modem Bekas FiberHome Dijadikan Akses Point, Pengalaman Pribadi!

Modem Bekas FiberHome

Halo apa kabar Sobat? Semoga dalam keadaan sehat dan dompet masih tebal terus. Keperluan dapur terjaga asapnya, alias ngebul. Masih bisa makan. Keadaan seperti ini, harus tetap terjaga rasa bersyukurnya. Ngeluh dan sambat itu boleh-boleh saja. Yang namanya manusia. Tapi cukup ala kadarya saja. Jangan berlebihan, tidak bagus bagi kesehatan. Kalau bisa memandang dari segi nikmat, kalau kita bandingkan dengan duka saat ini, tetaplah masih besar nikmatnya. Weleh, saya kok banget ya, sebenarnya ini sekedar menghibur diri saja.

Pengen cerita apa, sebenarnya bingung. Ingin cerita situasi saat ini, rasanya kok ogah-ogahan. Ya sudahlah cerita tentang pengalaman pribadi saja ya? Pengalaman membuat akses point dari modem bekas fiberhome. Sebernnya artikel ini pernah terbit di blog Om Koodok, tak ada salahnya jika saya ulas kembali. Biar leih nendang.

IndiHome, untuk saat ini benar-benar gencar obral jaringan. Demi menggaet pelanggan baru. Ya kayak memaksakan diri gitu. Box ODP yang ada tiang, sangat acakadul, bahkan tak bisa terturup rapat saking penuh dan berjubel. Kabel-kaber bersliweran. Mirip usus ayam yang terburai. Maka jangan heran, jika akhirnya kecepatan internet menurun. Paling jika sambat sama operator, disuruh restart.

Pasang jaringan internet wifi, jika bukan untuk keperluan kerja. Biasanya akan putus ditengah jalan. Apalagi yang awalnya hanya tergiur dengan harga promosi, eh jika promosi sudah tak ada. Tagihan bulanan bisa naik drastis. Misalkan yang awalnya hanya 260ribuan, nanti bisa menjadi 360ribuan. Apa tidak keberatan tu?

Menu FiberHome

Nah dengan adanya pelanggan yang tidak sanggup lagi. Akhirnya saya mendapatkan modem bekas fiberhome dengan harga yang sangat murah sekali, plus kabel LAN-nya pula. Wah kesempatan nih untuk dijadikan akses point. Sehingga bisa membuat wifi baru dengan jangkaun yang lebih luas. Sehingga saat diluar rumah, nongkrong di warung masih bisa menggunakan wifi. Ya kerja edit video tak perlu lagi di dalam rumah, kini bisa kongo-kongo terasa lebih santai.

Bagaimana caranya modem bekas fiberhome dijadikan akses point? Caranya sangatlah mudah sekali. Nyalakan modem bekas fiberhome, kemudian restart. Tahu kan cara merestart modem bekas fiberhome? Tusuk pada lubang restart dengan alat sejenis kawat/jarum peniti. Sampai lampu indikator mati. Baru lepaskan jarumnya. Nanti modem akan menyala lagi dengan sendirinya.

Username: user
Password: user1234
Untuk login ke akses root

Username: admin
Password: admin atau Admin

Atau

Usernamae: admin
Password: %0|F?H@f!berhO3e

Kemudian, pasang kabel LAN ke modem dan sambungkan ke komputer. Pada browser internet, ketik 192.168.1.1, untuk kode IP ini kemungkinan berbeda. Untuk kepastiannya bisa dilihat dibawah modem bekas fiberhome tersebut. Pada kolom username, isi dengan admin dan passwordnya %0|F?H@f!berhO3e. Untuk kode password kemungkinan juga berbeda, sesuai dengan tipe atau merk modem bekas tersebut.

Jika sudah berhasil login, pada bagian Network, pilih LAN Settings. Dibagian LAN Interface tambahkan angka dibelakangnya. Ini fungsinya agar nanti IP tidak bentrok dengan IP modem induk/utama. Misalkan ditambahkan angka 25. Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat gambar dibawah ini.

 Menu FiberHome

Nah selanjutnya, pada kolom OTHER CONFIG dan ENABLE DHCP, diunchecklist (tanda centang dihilangkan). Kemudian pada kolom dHCP server, ubah menjadi disable. Terus tekan tombol Apply. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Menu FiberHome

Menu FiberHome

Nanti modem bekas tersebut secara otomatis akan restart. Selanjutnya modem bekas tesebut disambungkan ke modem utama. Perlu diingat, usahakan nomor port LAN-nya sama, misalkan modem utama port LAN-nya nomor satu, nanti port LAN-nya modem bekas fiberhome harus nomor satu juga.

Pada modem bekas fiberhome, jangan lupa buat nama wifi baru, dan jangan lupa pula ganti passwordnya. Entah itu password user name maupun password user admin. Biar tidak mudah kejebol internet wifinya.

Nah biasanya ada kendala, saat memasang kabel LAN pada port LAN modem utama. Karena kita tak tahu mana yang aktif, makanya harus dicoba satu persatu mana yang aktif. Karena biasanya Indihome hanya membuka satu slot saja. Untuk membuka semua sport LAN indohme, bisa sobat cari di artikel blog ini ya, karena saya pernah membahasnya juga.

Cukup sekian artikel ini, semoga ada manfaatnya. Jika ada salah kata, atau penjabaran yang kurang bisa dimengerti atau dipahami harap dimaklumi. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan komenter. Atau bahkan ada tambahan, dengan senang hati menerimanya. Salam sehat dan salam ngeblog!

Sumber dan bahan artikel:
https://omkoodok.blogspot.com/2020/12/modem-bekas-indihome-bisa-dijadikan-akses-point-yuk-simak-caranya.html
https://omkoodok.blogspot.com/2020/12/yuk-simak-cara-merubah-atau-mengganti-nama-dan-passsword-wifi-indihome.html
https://djangkarubumi.blogspot.com/2020/12/tanpa-pakai-drama-cara-mengaktifkan-semua-port-LAN-Modem-Indihome-dengan-mudah.htm

Related Posts

10 komentar:

  1. muy interesante, te mando un beso

    BalasHapus
  2. dompetasih tebal mas djang..tapi tebal karena isi struk hahhahaha

    oh kayak gitu tutorialnya, bermanfaat nih :D

    BalasHapus
  3. Berarti nanti ada 2 saluran ya mas? Modem utama dan modem tambahan ini? Tapi untuk kekuatan sinyal apakah semua dengan modem utama ini? secara yang kedua ini kan numpang gitu

    BalasHapus
  4. aku ada modem bekas si bang tapi belum tak pasang
    maunya tak buat di lantai atas biar kenceng internetnya'nanti tak coba deh pakai cara ini
    makasih sharingnya

    BalasHapus
  5. memungkinkan gak ya ini bisa diset jadi mikrotik sederhana,
    kalo bisa lumayan bisnis di perumahan nih, eheheh

    BalasHapus
  6. Maksudnya ini diparalel gitu mas??? jadi keluaran LAN router utama di masukan ke WAN router paralel

    BalasHapus
  7. Dapat harga berapa router dan kabel LAN nya mas? Kalau ada yang murah lagi saya mau dong, lagi nyari juga ini.

    BalasHapus
  8. mantap ning tutorialnya bang semoga bisa emmbantu sahabat untuk internet yang lebih baik

    BalasHapus
  9. saya memang kurang arif hal2 sebegini. at the end, call technician datang ke rumah ;-)... lagipun service nya free of charge

    BalasHapus

 
Back To Top