Permainan yang Paling Menyebalkan Tak ada Akhlak, Lato-Lato!

Sudah seminggu lebih nih, tempat saya diguyur hujan terus menerus. Sampai bingung soal jemuran, menupuk dan tak kering-kering. Jadi bau apek, hehehe. Ya ya ya setiap musim selalu menimbulkan permasalahan ya. Musim hujan, repot dengan jemuran. Ah, soal jemuran tak seberapa, hal yang lebih ditakutkan adalah jika terjadi genting bocor atau yang lebih parahnya banjir. Semoga aja, hujan membawa berkah dan tak terjadi musibah. Hati ini selalu was-was dan kawatir jika setiap memasuki musim penghujan. Nah, kalau musim kamarau juga ada yang menjadi kecemasan. Apa itu? Air jadi sulit, suhu udara terasa panas. Kulit jadi hitam, hahaha. 

Ah yang penting berusaha selalu memandang dari segi syukur. Biar hidup ini menjadi tenang, ayem tentram. Dikasih nikmat hujan, ya Alhamdulillah. Karena air adalah anugrah yang tertinggi. Dengan adanya air, kehidupan di bumi ini terjaga kelestariannya. Pepohonan tumbuh sumbur. Kebutuhan air tercukupi. Orang bisa mandi sepuasnya. Dikasih kemarau, juha tetap bersyukur. Pokoknya hidup ini tak boleh mengeluh. Terserah kehendak Tuhan mau apa, manusia hanya bisa pasrah dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Hahaha...saya lagi waras.

Saya baru kelar makan, jadi pikiran jernih. Ngomong juga terasa lebih terarah dan teratur. Mata juga bening. Beda halnya jika saya menulis dalam keadaan perut lapar. Beda lagi ceritanya hehe. Sumpah, saya itu tak mau berpikir terlalu serius, selalu ingin menyikapi kehidupan ini dengan santai.Ya, umur sudah menua, untuk apa terlalu tegang dalam menghadapi hidup. Tak ada gunanya juga, yang ada justru mengundang penyakit. Lebih repot lagi bukan? Walau kadang dianggap tak waras, tak jadi soal.

Kehidupan ini kan sekedar permainan bukan? Wah kok jadi bahas permainan, jadi ingat permainan lato-lato. Permainan yang masih eksis. Saya kan mengamati permainan yang ada di tempat saya tinggal. Biasanya permainan itu bertahannya dalam hitungan seminggu, paling banter dua minggu. Tapi ini, permainan lato-lato bisa tren dua bulan lebih. Bisa viral atau eksis selama itu, saya kagum sekali. Sebuah permainan yang kelihatannya sederhana. Tapi tak semua orang bisa memainkannya.

Kalau ditempat saya, namanya permainan lato-lato. Mungkin di daerah lain berbeda sebutannya. Katanya ada yang menyebutnya permainan tek-tek, entah di daerah mana. Apa itu permainan lato-lato? Permainan yang mengayunkan dua benda berbentuk bola. Dua buah bola yang diikat dengan tali, kemudian nanti diadu atau dibenturkan. Benturan dua bola ini menghasilkan suara "tek-tek".

Eh lama-lama permainan lato-lato ini bikin jengkel juga ya hehehe. Bikin jengkel dimananya? Bukannya permainan ini sangat mengasyikan? Dan Bikin bahagia? Bisa mengalihkan anak-anak dari permainan gadget? Betul juga seh. Terus dimana yang menjengkelkannya? Itu lo, suaranya. Jika lagi tidur, ada yang main lato-lato jadi terganggu tidurnya. Apalagi jika gigi lagi sakit, tambah cenat-cenut. Kepala jadi pusing. Ah, itu mah derita lo!

Berita Terkait

6 komentar:

  1. kasihan juga kalau pas lagi sakit gigi, pipi jadi gembung dan sirlah cekat cekot denger tak tek tak tek hahahha

    saya juga sekarang berusaha jadi orang yang santai. Ya biar uripe ayem tentrem gemah ripah loh jinawi...mudah mudahan musim hujan ini ga banjir lagi ya

    BalasHapus
  2. “Yang hujan turun lagi, anak-anak main lato-lato berisik sekali”

    Soal hujan nih, saya berharap hujan pas abis isya biar tidurnya nyenyak. Pinginnya sih gitu, tapi ya balik lagi seperti pendapat pak djangkaru.

    Syukuri ae, yang penting kita selalu dalam keadaan sehat.

    Bicara soal lato-lato, pas kecil seprtinya saya gak pernah main, soalnya dulu gak punya duit buat beli.

    Dan sekarang sama sekali gak tertarik untuk main. Merasa ke ganggu sih nggak, cuman saya cukup risih kalo yang main lato-lato orang dewasa, keknya nganggur banget ya, bisa main lato-lato. 🫢


    BalasHapus
  3. alhamdulillah di dekat rumah saya sudah jarang yang maen lato2 bocah2nya
    mungkin pada balik maen mobile legen semua dah

    BalasHapus
  4. Hujan adalah berkah, tapi kalau berhari-hari turun hujan justru jadi masalah, banjir tidak terelakkan
    Bisa kebayang kalau lagi sakit gigi, terus ada di samping yang semangt-semangatnya main lato-lato..... :)

    BalasHapus
  5. Lato lato is very booming

    BalasHapus

 
Back To Top