Harga Bawang Putih Naik, Emak-Emak Menjerit

 Bawang Putih

Saya mengurangi menulis jika di bulan puasa. Bukan berarti kehabisan berita. Kalau bicara soal tema cerita, seabrek alias segudang yang ingin saya bagikan. Tapi ya itu, saya harus bisa memilah-milah mana yang sekiranya layak untuk dibagi. Jangan sampai kebablasan sehingga menerjang rambu-bumbu. Takut nanti ikut terbawa arus, mencela orang lain. Atau ikut latah, memaki pemerintahan.

Berita yang lagi hangat kali ini adalah kenaikan harga bawang putih. Yang harga normalnya berkisar 30ribuan, kini telah mencapai harga dikisaran 70ribuan. Itu pun harga dipasar, kalau sudah ditangan emak-emak rumah tangga bisa mencapai 90ribuan. Harga yang lumayan melejit. Bikin emak-emak naik tensi darahnya.

Di media sosial pun menjadi berita yang lumayan ramai. Kenapa harga bawang putih bisa melejit. Meroket dengan tiba-tiba. Penyebabnya pun kurang begitu jelas. Apakah dari pasokan petani yang menurun yang diakibatkan musim hujan atau mungkin telat impor? Sepertinya pemerintah belum memberikan jawaban. Atau bisa jadi, saya yang telat menerima informasi kabar terkini.

Saya sudah terbiasa nongkrong di pasar. Emang tempat bermain saya dipasar. Apalagi kalau jam tiga pagi, hal yang menjadi rutinias saya. Keliling pasar. Saya pun juga mengamati, ada pedagang yang biasanya menjual bawang putih kini untuk sementara tidak menjual.

Saya pun sempat berdialog dengan pedagang. Kenapa tidak menjual bawang putih lagi? "Tidak sanggup  belanja, modalnya besar. Sudah gitu yang beli sedikit. Merugi jadinya". Daripada merugi, lebih baik tidak jualan bawang putih. Nunggu harga turun.

Walau kini harga bawang putih mulai berangsur menurun. Menurut pantauan saya, harga bawang putih saat ini berkisar 50ribuan. Walau masih tergolong mahal, tapi lumayanlah. Semoga saja harga bawang putih bisa normal kembali. Biar hati emak-emak menjadi dingin. Masakan saur dan berbuka ikut lezat seperti sediakala.

Related Posts

26 komentar:

  1. wah sangat disayangkan ya kalau harga bahan pokok naik getu ya gan, padahal bumbu dapur tersebut sangat dibutuhkan ibu2 rumah tangga agar masakan bisa jadi lebih enak ;)

    BalasHapus
  2. Wah berarti yg kemaren kata menteri perdagangan harga akan stabil hoax ya .. hmmmm

    Oh ya, perihal tulis menulis, saya justru lagi giat2nya nih di bulan ramadhan ... Ada target tersendiri yaitu mau balikin visitor yg melayang jatuh pasca update algoritma maret lalu huhu

    BalasHapus
  3. Pasti kalau mendekati lebaran harga-harga menjadi selangit seperti ini.. bawang putih aja bisa semahal itu, apalagi yang lainnya? Ini bahaya dan tidak bisa dibiarkan. Saya harus melapor kepada emak saya, semoga harga ini tidak merata kesemua daerah Indonesia. Terimakasih informasinya bang.

    BalasHapus
  4. saya ga tau kalau harga bawang putih jadi semahal ini, ini naik 3 x lipat lho, pasti lah bikin hari para ibu memanas, tapi syukur deh kalau sudah mulai mengarah ke harga normal

    BalasHapus
  5. eh lah masa aku nggak tahu harga bumbu dapur gini, duh perempuan macam apa. hhh

    BalasHapus
  6. Apalagi nanti mau lebaran biasanya naik lagi termasuk bawang putih juga kayakna sudah menjadi tradisi sejak lama

    BalasHapus
  7. Siapa bilang menjerit,ibu-ibu di tempat tinggal saya gak ada yang menjerit tuh, tapi pada pingsan wkwkwkwk... Harap maklum, menjelang lebaran, jadi banyak harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga, penyebabnya pun beragam.

    BalasHapus
  8. kalau menurut saya wajarlah namanya jualan kadang ada waktunya harga2 kebutuhan pokok naik dan bahkan bisa melambung tinggi, tapi saya rasa gak akan terlalu lama, lama2 juga bakalan turun dan normal lagi, seiring jumlah stok barang dipasar cukup banyak.

    BalasHapus
  9. kasian rakyat kecil kalo gini mah, semua2 jadi naek..

    BalasHapus
  10. Waduh, kalo bawang putih naik bakalan makan sayur tanpa bawang ini. Mudah-mudahan cepat turun deh

    BalasHapus
  11. Sangat d.sayangkan sih kalau pada naik. Anak kost protes nih..ha
    Sekalipun gak sering masak tapi kalau lagi pengen masak dalam seminggu. Biasanya ya belanja agak banyak biar awet :D

    Wah jam tiga pagi udah keliling ya, Mas. Bisa sekalian survei..he

    BalasHapus
  12. masakan tanpa bawang putih apa kata dunia

    BalasHapus
  13. Sadis mas naiknya, melebihi 100%

    BalasHapus
  14. setuju saya kalau sudah menurun harganya hehe

    BalasHapus
  15. mungkin emak2 bisa menahan diri untuk tidak banyak memakai bumbu yang satu ini, sehingga bisa lebih hemat pengeluaran rumah tangga ya gan, baru kalau harga nya udah turun, bisa borong bawang putih yang banyak buat stok di rumah :D

    BalasHapus
  16. bawang putih naik ?, padahal puasa belum setengah bulan, apa lagi nanti baju lebaran juga naik....

    di makassar aja sak glondong 5000....

    BalasHapus
  17. mahal juga mas ya,.bisa naik samapi segitu,padahal bawang putih loh,...ini biasanya faktor cuaca dan jelang romadhan ya mas,.biasanya yang mahal itu bawang merah setahu saya,..he,..ini bawang putihpun ikut-ikutan

    BalasHapus
  18. lebih baik kita nanem sendiri dipekarangan rumah beserta sayuran, lebih sehat...

    BalasHapus
  19. mak-mak jadi takut sama bawang putih takut ma harganya hehehe

    BalasHapus
  20. Makin naik harga makin menderita, kayaknya bakalan inflasi terus nih.

    BalasHapus
  21. sama juga di sini. ketika ramadan inilah harganya naik...grrrr

    BalasHapus
  22. Waduh, gawat ini hahaha. Sudah lama saya tidak masuk pasar jadi tidak begitu tahu harga bumbu salah satunya bawang ini. Nanti mau ke pasar ah, survey harga :D

    BalasHapus
  23. Di Medan gak seberapa parah mas naiknya dibanding harga daging hehe

    BalasHapus
  24. Wah, baru ngeh kalau bwang putih melonjak harganya. AKu ke mana aja yak hahaha. Lagi jarang masak pula, seringnya beli wkwkwkwk. Ga usah jerit2 lah terkadang naik turun itu wajar. Paling penting mah kalo masak pake bawang merah atau bombay.

    BalasHapus
  25. Kenapa sih ya permainan harga selalu terjadi menjelang hari raya, ngga lebaran, ngga natal .., atau juga hari libur besar lainnya pasti begitu.

    Apa memang karena pas bertepatan musim panennya ngga bagus atau .. entahlah ..

    BalasHapus
  26. Ya Allah, saya jadi merasa lemah jadi emak-emak yang telat tahu kalau harga bawang putih melonjak hahaha
    Saking jarang ke pasar dan kebetulan suami yang belanja sebelumnya beli bawang putih agak banyakan :D

    BalasHapus

 
Back To Top