Cara Mudah Menghilangkan Stres adalah Ngerumpi, Kok Bisa?

Ngerumpi

Hidup penuh dengan misteri. Kadang ada suatu hal yang diluar rencana atau perkiraan. Kejadian yang datang tiba-tiba tanpa diduga. Pasti akan membuat terkejut. Pikiran jadi tidak karuan. Keruh dan ruwit. Seperti benang kusut. Detak jantung tidak jelas iramanya. Badan keringat dingin yang tidak jelas rimbanya.

Sepertinya sudah menjadi takdir, bahwa manusia itu akan diuji dengan rasa ketakutan. Rasa cemas. Takut akan kekurangan makan, takut dengan kehilangan yang dicintainya dan takut akan sebagainya. Dan sepertinya hal itu terus akan terjadi. Walau sebenarnya saja, rasa takut itu hanya sekedar bayang-bayang. Sebuah ketakutan yang diciptakan oleh dirinya sendiri.

Ada rasa penyesalan, merasa bersalah dan berdosa dengan suatu hal kadang juga bisa menyebabkan ketakutan juga. Seakan-akan menjadi manusia yang tidak berdaya. Menjadi manusia sampah yang tiada guna. Atau merasa menjadi manusia gagal yang hanya menjadi benalu.

Kalau stres sudah datang. Seakan-akan langit runtuh. Tiada lagi ada harapan  yang digantungkan. Bumi tempat berpijak bergoyang, dan seakan-akan pula tidak ada tempat untuk berpijak lagi. Air kehidupan, tampak mengering. Gersang dan panas membara.

Itulah sekilas gambaran stres. Kalau saya pikir, memang benar kata guru saya, "Orang miskin itu cobaannya adalah sifat putus asa". Dan jika sudah putus asa datang, biasanya lupa dengan kemurahan Tuhan. Lupa bersyukur dengan anugrah yang didapatkannya. Nah, datanglah bisik-bisik setan yang menyesatkan.

Obat stres yang paling sederhana adalah ngerumpi. Berkumpul dengan teman, agar bisikan setan itu tidak menjadi-jadi. Ngopi bareng, atau bercerita ngalor-ngidul yang sekiranya bisa melupakan permasalahan. Menghibur diri. Dan saat ngerumpi itu, saya juga mengerti, bahwa setiap orang punya romantika kehidupannya sendiri. Masih ada orang yang lebih tidak beruntung. Aral melintang dan onak duri lebih berat daripada yang saya hadapi.

Related Posts

32 komentar:

  1. Kalau saya takut didatangi penagih hutang mas.. Hahaha

    BalasHapus
  2. Aku betah bangt kalo suruh ngbrol ngalor ngidul kwkw tau" dah berjam-jam aja😂😂

    BalasHapus
  3. Asal jangan ghibahin orang mas. Hehe..

    BalasHapus
  4. Tidak heran kalo beberapa Negara yang masyarakatnya tidak peduli satu sama lainnya, untuk mengatassi stress atas apa yang mereka hadapi mereka membuat "club"

    BalasHapus
  5. bener banget mas, ngumpul sama teman itu obat stress paling jitu.
    btw, template nya ganti ya mas? udah lama gak main kesini.. hehehe

    BalasHapus
  6. tapi orang sekarang, mereka stres dengan kumpulan yang mereka tidak pernah ketemu / nampak (social society)...pada hal....

    BalasHapus
  7. Akankah lebih baik lagi jika banyak teman dekat yang datang, dan dilakukan dengan secangkir kopi yang masih ngepul

    BalasHapus
  8. Klo ngerumpi malah aku jarang sob
    Paling seandai nya jenuh klo diem pastilah stress
    Aku mencermatinya melakukan aktifitas sesibuk sibuk nya seperti beresin rumah dll

    BalasHapus
  9. setuju om, nge teh bareng dan atau bercerita ngalor-ngidul yang sekiranya bisa melupakan permasalahan.

    BalasHapus
  10. ngerumpi untuk sekedar sharing pengalaman dengan teman memang bagus gan, bisa nambah ilmu dan wawasan, tapi kalau sampai nggosipin tetangga nah itu baru kurang bagus :D

    BalasHapus
  11. apalagi ngeghibah, emang menurunkan stress hehehe

    BalasHapus
  12. ngerumpi tapi nda gosip ya mas :LD

    BalasHapus
  13. Semua orang pasti ngalami yang namanya stress namanya juga hidup. Tapi di dunia ini sedih itu hanya sementara, bahagia itu juga hanya sementara akan datang silih berganti nggak ada yang abadi. roda kehidupan.
    Jadi benar lebih baik bersosialisasi berkumpul dengan teman-teman ngobrol sharing semua itu bisa memberi hiburan dan warna kehidupan. Semangat mas Djangkaru.

    BalasHapus
  14. sudah sering main ke blog sobat, tapi ternyata ada yang kurang, yaitu ane belum follow blog sobat, izin follow ya kak ;)

    BalasHapus
  15. Iya juga mas ya,betul banget itu, kopi susu ditambah gorengan tahu....uh bedebestlah rasanya,he-he

    BalasHapus
  16. Kalau mas ada waktu bolehlah kunjungan ke blog saya yang sederhana,he-he, blog saya bisa bawa energi positif loh 😀

    BalasHapus
  17. Saya jarang ngrumpi, tapi kalau udh ngrumpi jadi betah juga karena memang terasa terhibur.

    BalasHapus
  18. Tapi hati-hati juga mas, terkadang rumpian yang dibicarakan malah menjadi rasa was-was karena tidak sadar dengan rumpian yang disampaikan adalah rahasia seseorang... Bisa jadi ketakutan dan rasa bersalah jadinya

    BalasHapus
  19. Betul.. Habis baca ini jadi kangen teman-teman..
    Dulu rasanya gampang buat ngumpul trs ngobrol bareng.. Sekarang sudah susah.. Apalagi ada teman dekat yang barusan meninggal dunia..

    BalasHapus
  20. Ada benarnya juga mas...Karena dengan ngerumpi pikiran kita plong tanpa beban..😄😄

    Terlebih bila yang kita ajak ngerumpi ada teman cewek atau cowok...yaa antara 4 sampai 5 oranglah..Jadi seru dan stres pun bisa hilang..😄😄

    BalasHapus
  21. Ngumpul sama teman2 sambil minum kopi jadi semakin asyik dan bikin lupa pulang

    BalasHapus
  22. benar dengan kumpul sama teman-teman trus cerita sana sini jadi bisa menghilangkan stress apalagi sambil ngopi rasanya sudah lupa sama beban hidup yang begitu berat termasuk juga curhat tapi juga harus lihat siapa yang kita curhati ya....

    BalasHapus
  23. Bener juga ya, yg penting ngerumpinya jangan ngo,ongin yg jelek jelek tapi kan ahahhaa

    BalasHapus
  24. ngobrol sambil ngopi bareng teman, sepertinya mantap juga gan, semalaman seperti juga oke hahaha :D yang penting tetap jaga persaudaraan, jangan sampai debat kusir dan akhir nya musuhan :D

    BalasHapus
  25. Bener banget tapi saya mah ngerumpinya di WAG mas, ga ke kafe biar irit ceunah

    BalasHapus
  26. cobalah mengobati stress dengan membaca al Qur'an

    BalasHapus
  27. Yang penting ngerumpinya jangan sambil ngomongin orang mas hehebe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuh yang namanya Ghibah enak... hahaha

      Hapus
  28. kalau saya melepas stress dengan cara tidur. ampuh banget. setelah tidur pikiran jadi lebih fresh. cara melihat masalah jadi lebih jelas.

    BalasHapus
  29. Setuju, Mas Bumi. Seringkali kalau stress bawaannya pengen makan melulu, kan tidak bagus juga haha, makanya ngumpul sama teman dan jalan-jalan ke luar kota itu paling asyik ... Insha Allah stressnya berkurang.

    BalasHapus

 
Back To Top