Adakah yang Bisa Menganggap Uang itu Tidak Penting?

Uang

Ternyata  badan saya bisa drop juga. Mungkin karena kelelahan. Atau mungkin karena kurang tidur, sehingga stamina  badan menurun. Atau mungkin karena terlalu banyak yang dipikirkan, sehingga isi kepala terlalu overdosis. Sehingga pada puncaknya, isi kepala tidak mau diajak berpikir lagi. Nyerah, melambaikan tangan pertanda pasrah.

Atau bisa jadi karena terlalu sering membaca time line di mesia sosial, yang penuh berita tidak karuan. Yang isinya hanya provokatif tidak produktif, sehingga menambah keruh hati. Ah, kini memang media sosial jadi tempat untuk caci maki. Tempat yang paling mujarab untuk mengaduk-aduk emosi orang.

Atau mungkin karena isi dompet yang semakin tipis, sehingga stamina fisik saya ikut tergerus, teriris-iris. Ah, sebegitu penting kah duit bagi kehidupan ini? Duit atau uang tampaknya sudah menjadi raja. Tanpa uang, pikiran tidak karu-karuan. Alias puyang bin pusing. Pening tujuh keliling.

Walau saya itu mencoba untuk menganggap uang tidak begitu penting. Tapi kenyataannya, tanpa uang susah untuk bergerak bebas. Lah kok bisa? Ingin beli tanah harus pakai uang. Ingin kawin harus pakai uang, ingin makan harus pakai uang. Ingin ngeblog juga pakai uang, untuk beli kuota.

Orang elit yang berentem itu, kalau ditelusuri dengan teliti, buntutnya juga uang. Uang, duit, uang, duit. Kata orang, "Mati tidak meninggalkan duit, ngapain harus kerja ngoyo". Tapi kenyataannya, setelah dia mati, keturunan yang hidup harus pontang-panting. Untuk urus jenazah juga perlu duit.

Yang jelas kehidupan ini tidak ada yang ideal. Hidup tanpa hutang, sangat bagus sekali. Tapi jika harus berhutang, juga tidak ada masalah. Hutang juga termasuk rezeki. Karena tanpa hutang, kadang kita tidak bisa makan. Jadi jangan mencela hutang. Adakah pembaca yang bisa menganggap uang itu tidak penting?

Related Posts

30 komentar:

  1. Uang bukan segalanya tetapi tanpa uang kita tidak bisa berbuat banyak..

    Maka itu kita diwajibkan berusaha agar mendapatkan Rezki..Meski Rezki itu bukan uang semata..😄😄

    Akan tetapi uang sebagai alat untuk tukar menukar...Jadi yaa uang itu pentinglah..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada lagi, dan dg uang juga bisa mndapatkan rongdo wkwk

      Hapus
    2. uang bukan segalanya om, masih ada Kartu kredit, kartu debit, cek Giro dan Emas serta intan, hihihih

      Hapus
  2. Uang sih salah satu nya aja dikehidupan ini yg dibutuhkan...
    Tanpa uang cinta aja g bs jalan apalagi mobil sob😃

    BalasHapus
  3. jadi inget bulan kemarin, punya uang di atm tapi nggak bisa diambil gara gara kartu atm saya di blokir, padahal uang di dompet udah habis, akhirnya utang deh buat makan, maklum anak kost gan, :D

    BalasHapus
  4. Uang sepertinya memang Rajanya sedunia. Asal kita jgn di atur uang, tapi kita yg mengatur uang.

    BalasHapus
  5. Ada mas jawabannya,...orang lagi betapa di gunung,...wkwkckk, itu jangankan uang, makanpun ia tak butuh, ha-ha 😂

    BalasHapus
  6. seperti yang kamu bilang, uang adalah raja, jadi jawabanya gak ada, tiap orang butuh uang sekarang :D

    BalasHapus
  7. semua butuh uang tapi jangan diperbudak sama uang apalagi kalau berhutang untuk hal yang tidak perlu

    BalasHapus
  8. Uang penting banget mas, tanpa uang kita miskin... dalam Islam dikatakan miskin itu merusak iman...dan samaan dengan tetangga saya yang Kristen, yang menyebut orang miskin itu adalah tikus-tikus gereja.... Jadi kita harus berusaha di jalan yang benar dan ber-uang, bsa membantu yang miskin, biar mereka juga tidak miskin....

    BalasHapus
  9. menurut saya uang penting sih mas. soalnya sekarang tolak ukur kesejahteraan kan dengan uang, coba masih barter mungkin peribahasanya berubah jadi "banyak kambing banyak teman" bukan banyak uang banyak teman hehehe.

    BalasHapus
  10. Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Masih bingung sampai sekarang dengan kalimat itu

    BalasHapus
  11. Bagi ibu rumah tangga, uang itu penting banget agar dapur tetap ngebul, anak bisa jajan, segala kebutuhan hidup terpenuhi. Yah, meski untuk air keran desa cuma bayar di bawah 20 ribu bahkan kemarin cuma 6 ribu, listrik sebulan 20 ribu karena kami tak punya peralatan elektronik selain radio, ponsel, dan netbook. Tetap saja gaya hidup sederhana ini butuh uang.
    Paling sedih kalau suami tak kerja karena tak ada tawaran di proyek, jadinya nganggur dan jika ada simpanan kami bersyukur tetap jika tidak terpaksa berutang ke warung, tentuinya segera dilunasi begitu suami kerja dan kami punya uang lagi.
    Bagi kami uang hanyalah alat tular untuk kebutuhan sehari-hari. Tak pernah terpikirkan untuk berfoya-foya dengan uang.
    Semoga Mas Bumi lancar lagi rezekinya. Hidup ada pasang surutnya, Mas. Jangan lupa shalat dhuha dan tahajud, ya. Juga sedekah agar lancar segala hajat hidup.
    Hidup susah kerap mengajarkan saya agar tak mubazir.

    BalasHapus
  12. iya uang itu penting lah gan, untuk beli makan, rumah, motor, untuk mas kawin bagi yang belum nikah, dll Tapi kalau sudah punya banyak uang jangan lupa untuk sedekah ya gan biar tidak lupa sama yang memberikan rejeki :)

    BalasHapus
  13. Uang bukan segalanya. Tapi segala2nya bermula dari uang kata tetangga saya om

    BalasHapus
  14. Iya Kak, uang itu penting banget. Tapi, ada kok yang nggak butuh uang.
    Orang yang hidup di hutan / gunung paling ujung. Pasti sehari-hari yang dibutuhkan bisa pakai alam di sekitarnya.
    (Tapi, nggak tahu, ini tuh ada apa nggak).

    BalasHapus
  15. Betul mas, uang itu ya elemen penting era abad ini, kan jamannya sudah bukan barter lg, namun tinggal kitanya yg bisa pa nda untuk nda diperbudak uang

    BalasHapus
  16. Buat saya uang itu penting mas, tinggal balik ke pribadi masing-masing bagaimana kita melihat uang itu dan bagaimana kita memanfaatkannya :D

    BalasHapus
  17. uang ya tetap penting buatku
    satu2nya alat tukar yang mudah tidak ribet

    BalasHapus
  18. semalam saya terbaca di Twitter:

    "saya sudah penat dan stress dengan kerja sekarang. adakah saya perlu berhenti sahaja?"

    kemudian ada seseorang membalas Twit tersebut:

    "adalah lebih baik stress dan penat ketika bekerja daripada stress dan penat bila wang kehabisan. kita mungkin tidak memerlukan wang tetapi hakikatnya, segalanya perlukan wang."

    BalasHapus
  19. Memang uang kadang membuat orang menjadi lupa segalanya bahkan sama saudara sendiri bisa jadi berantakan hanya karena uang karena sebenarnya semua itu kembali kepada diri kita pribadi, mau dibawa kemana hati ini apakah mau mendewakan uang atau uang yang kita kendalikan

    BalasHapus
  20. untuk para suami, kalau ngak ada uang...berarti harus siap tidur dilantai,harus siap periuk nasi melayang ke jidat,hahahah....

    BalasHapus
  21. Sejak menerima gaji pertama dari kerja part-time di Kota Ende, saya sudah menganggap uang itu penting, Mas. Imbangnya hidup ya tidak melulu cinta, tapi uang juga :D

    BalasHapus
  22. Uang itu gak bisa membeli kebahagiaan. Tapi dengan uang, bisa membuat kita bahagia.

    Banyak sedikit, yang penting di syukuri. Kalo kurang ya kerja lebih giat lagi. Simpel.

    BalasHapus
  23. Rasanya nggak ada yang bener-bener nggak peduli sama uang, karena hidup butuh biaya, butuh uang, buat makan, buat beli baju, buat sekolah, beli obat kalau sakit. Jadi peduli ataupun tidak, uang tetap jadi kebutuhan wajib

    BalasHapus
  24. Hidup perlu uang apalagi untuk makan. Biasakan puasa Senin Kamis selain dapat pahala bisa berhemat tubuh juga jadi sehat. Sholat Dhuha dan Tahajud juga mempelancar rezeki.

    BalasHapus
  25. Setuju bangeetttt..

    Kata siapa uang ga bisa dibawa mati?
    Uang dan harta bisa banget dibawa mati kok.

    Asalkan kita gak lupa transfer dulu ke akhirat sebelum kita mati hahaha

    Transfernya cukup dengan membelanjakan uang dan harta itu di jalan Allah, insha Allah uangnya masuk ke rekening akhirat kita, aamiin :)

    BalasHapus
  26. emang benar segala sesuatu itu butuh uang. makanya aku kalau lagi gak ada uang malah jadi produktif. wkwkwkwk..

    BalasHapus
  27. Kayaknya gk mungkin. Yang ada uang itu bisa merubah segalanya. Tengok saja kala pas banyak uang, fiuhh teman teman bakal mendekat dengan sendirinya tanpa kita undang.
    Dan mereka bakal jadi super baik dan hormat sama kita. Beda cerita kalau kita tak punya uang (lanjutkan sendiri ceritanya wkwkwk).

    BalasHapus

 
Back To Top