Penjelasan Cara Pemakaian Masker yang Benar

Masker Debu

Beberapa minggu ini berita tentang cara penggunaan masker sering sekali bersliweran di beranda media sosial saya. Entah di facebook maupun di twitter. Karena sering banyak yang share sehingga orang yang sudah menggunakan cara yang benar pun jadi ragu-ragu. Mereka yang telah tepat penggunaannya, jadi merasa salah. Bahkan jadi mengikuti atau terbawa arus cara yang salah. Itulah kekuatan dari berita, walau berita salah jika sering disebarkan akan menjadi seolah-olah benar. Mampu mempengaruhi daya pikiran orang lain.

Jangankan orang awam, orang pintar saja bisa terpengaruh. Belum lama ini saya berjalan-jalan ke rumah sakit besar yang ada di Jakarta. Dan saya melihat ada karyawan rumah sakit itu menggunakan masker dengan cara terbalik. Yaitu warna cerah masker ada didalam, alias warna putihnya ada diluar. Persis yang diperagakan di video yang sering nongol di media sosial beberapa minggu ini.

Walau sebenarnya sah-sah saja penggunaannya. Sesuai selera masing-masing. Ibarat kata mau menggunakan kaos baju terbalik juga tidak apalah, hak dan milik sendiri ini. "Punya barang-barang gue, bebas dan sesuka gue dong. Kok yang liat sirik". Betul juga seh, tapi kan lucu.

Masker Debu

Terus bagaiman cara pemakaian masker yang benar? Sebenarnya dikemasan masker saat kita membeli sudah ada tata cara penggunaannya. Warana cerah diluar dan bagian yang ada kawatnya dihidung. Yang ada tulisan atau logonya posisinya diatas. Sehingga arah lipatan kantong mengarah kebawah.

Cara pemakian masker sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan:
  1. Kaitkan karet masker pada telinga dan letakakan kawat masker pada hidung.
  2. Terik masker bagian bawah sampai ke dagu sehingga masker menutup dari bagian hidung dampai ke bagian bawah dagu.
  3. Tekan kawat pada bagian atas masker, mengikuti lekuk hidung supaya masker tidak mudah turun ke bawah dan nyaman dipakai.
Jika arah lipatan kebawah, tidak akan membentuk kantong. Debu akan dengan mudahnya jatuh. Beda jika arah lipatan keatas, akan membentuk kantong yang justru debu akan dengan mudahnya menempel dan bersarang. Dengan lipatan yang mengarah dibawah juga akan membantu pernafasan lebih lancar. Bagaimana dengan Anda? Lebih suka menggunakan masker terbalik atau sesuai dengan arahan pentunjuk pada kemasan masker?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top