Penjelasan Cara Pemakaian Masker yang Benar

Masker Debu

Beberapa minggu ini berita tentang cara penggunaan masker sering sekali bersliweran di beranda media sosial saya. Entah di facebook maupun di twitter. Karena sering banyak yang share sehingga orang yang sudah menggunakan cara yang benar pun jadi ragu-ragu. Mereka yang telah tepat penggunaannya, jadi merasa salah. Bahkan jadi mengikuti atau terbawa arus cara yang salah. Itulah kekuatan dari berita, walau berita salah jika sering disebarkan akan menjadi seolah-olah benar. Mampu mempengaruhi daya pikiran orang lain.

Jangankan orang awam, orang pintar saja bisa terpengaruh. Belum lama ini saya berjalan-jalan ke rumah sakit besar yang ada di Jakarta. Dan saya melihat ada karyawan rumah sakit itu menggunakan masker dengan cara terbalik. Yaitu warna cerah masker ada didalam, alias warna putihnya ada diluar. Persis yang diperagakan di video yang sering nongol di media sosial beberapa minggu ini.

Walau sebenarnya sah-sah saja penggunaannya. Sesuai selera masing-masing. Ibarat kata mau menggunakan kaos baju terbalik juga tidak apalah, hak dan milik sendiri ini. "Punya barang-barang gue, bebas dan sesuka gue dong. Kok yang liat sirik". Betul juga seh, tapi kan lucu.

Masker Debu

Terus bagaiman cara pemakaian masker yang benar? Sebenarnya dikemasan masker saat kita membeli sudah ada tata cara penggunaannya. Warana cerah diluar dan bagian yang ada kawatnya dihidung. Yang ada tulisan atau logonya posisinya diatas. Sehingga arah lipatan kantong mengarah kebawah.

Cara pemakian masker sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan:
  1. Kaitkan karet masker pada telinga dan letakakan kawat masker pada hidung.
  2. Terik masker bagian bawah sampai ke dagu sehingga masker menutup dari bagian hidung dampai ke bagian bawah dagu.
  3. Tekan kawat pada bagian atas masker, mengikuti lekuk hidung supaya masker tidak mudah turun ke bawah dan nyaman dipakai.
Jika arah lipatan kebawah, tidak akan membentuk kantong. Debu akan dengan mudahnya jatuh. Beda jika arah lipatan keatas, akan membentuk kantong yang justru debu akan dengan mudahnya menempel dan bersarang. Dengan lipatan yang mengarah dibawah juga akan membantu pernafasan lebih lancar. Bagaimana dengan Anda? Lebih suka menggunakan masker terbalik atau sesuai dengan arahan pentunjuk pada kemasan masker?

Related Posts

20 komentar:

  1. Masker yang terbalik memang benar. Itu untuk penggunaan orang sehat agar kuman tidak masuk ke hidung. Sedangkan untuk orang yang sakit fungsinya untuk menahan kuman agar tidak menyebar. Saya kebetulan juga melihatnya, entah di televisi atau medsos, saya lupa wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, pantas ya, orang sakit pikiran alias gila jika pakai baju juga terbalik :D

      Hapus
    2. Lhoo.. Kenapa bisa di bilang gila Kang..?

      Hapus
  2. Dulu waktu Pekanbaru full asap, masker ginian ga mempan mau dibalik-balik juga, akhirnya pakai maske N95 wahahahahha

    Saya jarang sekali pakai masker bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masker N95, untuk pak tentara itu ya?

      Hapus
    2. Bentuknya keras, mas, harganya 15 rb, biasa dipakai sama orang-orang di laboratorium :))

      Hapus
  3. Saya suka pake masker kalo naik motor aja, masker yang bisa dicuci kalo saya mah, jadi lebih hemat penggunaannya

    BalasHapus
  4. iya nih mas aku juga baru tahu ternyata klo kebalik untuk org sehat bukan kebalik, dan ternyata memang ada fungsinya kedua sisi itu,,

    BalasHapus
  5. Sip...emang nggak ada yg ngelarang mau pake masker model apa dan dengan cara gimana. Tapi kalau makainya sesuaimtata cara kan yang pake jadi ganteng/cantik...hehehehe

    BalasHapus
  6. terkadang hal macam gini pun ada tata cara yang bener.. kadang2 orang asal masang masker tp gak bener.. ujung2nya kotoran tetap masuk yaa kang

    BalasHapus
  7. Saya sepertinya nggak pernah pak masker, abis... Ribut gitu lhoo,

    Padahal fungsinya untuk jaga kesehatan, biar g ketularan penyakit yg di bawa angin

    BalasHapus
  8. yang bener aja mas, yang salah jangan ditiru, jangan sampai ikutan viral karena cara pakai masker yang tak wajar😂, apalagi kalau yang dipakai keluar rumah masker buat mutihin kulit. bisa geger satu kampung😂😂, dikira orang geloh baru.

    saya sering banget beli masker karena kalau kerja tanpa masker rasanya debu dimana-mana....

    BalasHapus
  9. Saya orang kesehatan, berita yang viral itu salah mas, orang sehat ataupun sakit cara pemakaiannya tetap sama seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Aturan dasar penggunaan masker sudah ada didalam artikel ini, sedangkan untuk aturan-aturan lain tentang penggunaan masker ini juga ada caranya termasuk cara melepasnya, cara membuangnya dan berapa kali penggunaan marker yg dianjurkan.

    BalasHapus
  10. Ternyata ada tutorial nya juga ya, saya biasa pakai masker kalo naik motor doang

    BalasHapus
  11. Saya lebih suka masker kain, Mas Bumi. Kadang selendang tenun ikat dijadikan masker juga hahaha. Kadang-kadang pakai masker yang dijual di apotik, kalau masker andalan sedang dicuci :D

    BalasHapus
  12. saya pernah beli masker..tpi asal pakai tidak menerapkan tutorial diatas mas,soalnya waktu itu ngak ngerti cara pakainya, asal pasang saja. :)

    BalasHapus
  13. ada masker yang di sisi nya berwarna hijau dan putih. sisi putih itu menandakan orang tidak sakit, tapi dia hanya ingin tidak menghirup debu. sedangkan jika orang memakai masker dengan memperlihatkan sisi hijau diluar, artinya dia sedang sakit.

    BalasHapus
  14. Ternyata pemakaian untuk orang sehat beda dengan orang sakit ya, baru tahu :-D

    BalasHapus

 
Back To Top