Kemegahan Masjid Agung Kauman Kebumen

Masjid Agung Kauman Kebumen

Kalau dimusim kemarau, cuaca di daerah Kebumen, sinar matahari itu benar-benar terik dan menyilaukan. Rumput pun enggan untuk menampakan diri. Dia lebih suka merubah warnanya menjadi kekuning-kuningan. Itu pun enggan berdiri tegak pula. Entah rumput itu takut sama sang surya, atau dia sengaja mengalah. Yang jelas, rumput itu tidak berwarna hijau seperti biasanya.

Tapi semua suasana panasnya raja siang, tidak menyurutkan saya untuk terus bolang. Alias jalan-jalan. Saya ingin terus menikmati keindahan alam, atau sudut-sudut setiap kota. Ingin menggali dan mengasah kemampuan berpikir saya, agar saya menjadi orang yang bersyukur. Badan ini masih diberi kesehatan. Sayang sekali jika hanya duduk manis dan berbaring di rumah saja.

Masjid Agung Kauman Kebumen

Masjid Agung Kauman Kebumen

Jika saya berpetualang ke kota-kota, bekal yang saya bawa tidaklah begitu banyak. Dikarenakan memang kemampuan finansial yang tergolong minim. Sehingga harus mampu mengelola uang itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai habis bekal ditengah perjalanan. Wah, bisa gawat pastinya. Terlantar dan menjadi gelandangan.

Masjidlah tepat yang menjadi singgah saya. Disana saya bisa tidur sejenak, atau menyelesaikan hajat yang lainnya. Sekaligus pastinya tempat sholat saat waktu telah tiba. Setelah sholat biasanya saya rebahan sejenak. Adem dan esis rasanya. Terlelaplah sudah.

Tapi dijaman sekarang. Untuk menemukan atau menjumpai masjid yang terbuka untuk umum khususnya pendatang itu sangatlah jarang sekali. Masjid kebanyakan sekarang dengan pagar dan  pintu yang tinggi, sudah begitu terkunci pula. Jadi terbukanya saat waktu ibadah saja. Mungkin demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti halnya pencurian.

Masjid Agung Kauman Kebumen

Masjid Agung Kauman Kebumen

Masjid Agung Kauman Kebumen kali ini yang saya singgahi begitu enaknya. Kalau siang, benar-benar terbuka. Hati saya lega untuk mampir dan masuk. Tidak ada rasa sungkan. Masjid Agung Kauman Kebumen terletak sebelah barat alun-alun kota Kebumen. Jadi saat Anda main di alun-alun, luangkan waktu sejenak untuk melihat keindahan dan kemegahan masjid ini.

Di depan halaman masjid ada alat petunjuk waktu sholat dan penunjuk arah kiblat yang menggunakan arah bayangan sinar matahari. Kedua alat tradisional tersebut dilingkari pagar melingkar. Dan ditengahnya berdiri tinggi tiang lampu penerangan.

Masjid Agung Kauman Kebumen tergolong luas. Dengan tiang-tiang masjid yang besar. Ornamen-ornamennya juga indah sekali. Tempat berwudhunya bersih. Dan yang membuat saya lebih kagum adalah keberadaan menara masjidnya. Gagah dan elok, walaupun tidak terlalu tinggi. Semoga saja, lain waktu bisa singgah kembali.

Related Posts

25 komentar

Masjidnya indah bangat, pas ke kebumen belum mampir kesini malahan

Benar sekali, semoga tidak ada lg cara untuk mengantisipasi hal-hal buruk dilakukan dengan cara menutup masjid selain waktu ibadah ya.

kalau berkunjung ke luar kota memang nggak ada salahnya mampir ke masjid selain buat ibadah tapi juga bisa mengagumi arsitektur masjidnya.

Keren jepretannya euy, sinar matahari yang masuk ke dalam menerangi masjid menambah kesan syahdu gitu

Seni desainnya bagus banget ya mas...

kadang emang masjid tempat untuk singgah ataupun sholat

ASSALAMU'ALAKUM...kunjungan malam gan .namun sayang keindahan bangunan mesjid-mesjid dinusantara ini tidak seindan para jamaahnya yang semakin kurus..heee...heee

Bagus juga masjidnya mas. Tapi bener juga, skaeang banyak masjid yg cuma dibuka kuncinya kalo pas jam solatnaja, sisanya tutup. Heheje

Kalau pergi jalan-jalan trus capek emang palibg enak mampir di masjid ya, lebih nyaman dan tenang, sekalian bisa sholat...

Indah sekali ya desain masjidnya.

Wah, kota saya! Alhamdulillah tiap hari Jumat bisa jumatan di situ karena lokasi Masjid Kauman deket sama sekolahan saya, SMA Negeri 1 Kebumen. Bener memang; adem.

HMm saya blom bisa bekunjung kemesjid itu :( mungkin lain waktu ,oh ya kunjuangan perdana salam kenal admin :-d

Masjid buatan zaman dulu sangat nyaman dan adem. Saya kadang heran dan bertanya-tanya, bagaimana zaman dulu bisa membuat arsitektur yg bagus seperti itu.

wah megah sekali
kapan berdirinya ya

Masjid kauman itu bukan di jogja ya Mz? Kirain di jogja, makLum Lum pernah kesana.

Btw saya pribadi tidak setuju kalau masjid itu di kunci dan hanya di buka saat waktu Sholat, masjid itu Rumab Alloh dan siapapun boleh datang, bukan untuk Sholat saja, kalau di desa gak ada yang di kunci sepeeti itu.

Pun kalau antisipasi kejahatan, kenapa sih harus di buat mewah dan banyak hiasan kayak tradisi umat jahiliah, kalaupun untuk pengeras suara kan bisa di buat pelindungnya misal di buat kotak dari besi jd susah di ambil tanpa harus mengunci masjidnya..

Kan musafir jadi tidak bisa melepas penat.

kalau saya dulu waktu ke surabaya ada mesjid yang nutup pintu ke toilet, padahal waktu itu udh kebelet banget, alhasil nahan terus deh.... sedih kalau ditutup gitu ya mas...

Mendatangi masjid terbuka ramah
Dari luar terasa indah
Dalam nyaman beribadah
Penak lelah pun musnah

Masjid Agung Kauman - Kebumen ini luar biasa yaaa, bangunannya tinggi dan megah, kayak bayangan saya akan masjid-masjid di Eropa dari beberapa buku. Dan ternyata kita sama, menjadikan masjid sebagai tempat persinggahan paling oke ... saya pernah tidur di masjid juga :D wkwkwkwkw.

Emang banyak juga sih yang mengunci pagar masjid ketika tidak waktu shalat. Namun dikampung2 beda lagi, tepatnya di kabupaten saya tinggal, tidak ada 1 pun masjid yg berpagar hingga tertutup saat bukan waktu shalat.

Btw masjid nya indah sekali.. liatnya adem banget.. menara nya juga tinggi dan terlihat khas..

Tidak semua mesjid memperbolehkan untuk di jadikan tempat istirahat
(tidur) mungkin ada alasan tertentu.

Saya sendiri pernah suatu saat dalam masa sulit, terpaksa harus tidur di halaman mesjid. Dingin angin malam begitu menusuk, hingga menjelang subuh hanya sempat memejamkan mata sekitar 2 jam saja.

Kalau ke luar kota untuk menunggu waktu sholat sebentar memang paling pas kalau mampir ke mesjid agung setempat bisa sekalian duduk beristirahat bagi musafir.
Arsitektur mesjid agung rata-rata indah dengan pilar besar dan bangunan mesjid yang indah dan megah. Berada di rumah Allah memang membuat hati jadi tenang dan damai.

Wah, bagus ya masjidnya bisa terbuka. Saya juga jadi ingat dulu pernah keluar kota dan tibanya itu pas jam subuh. Mampirlah saya di masjid untuk istirahat sekalian sholat. Alhamdulillah bisa istirahat sejenak walaupun rada gelap lampunya karena sudah dimatikan usai sholat subuh.

masjidnya indah dengan arsitektur klasik

Alhamdulillah masih menemukan tempat yang nyaman ditempati beristirahat sejenak seperti ini ya

masjidnya kok sangat tampak kuno yaa... Sedikit seram kesannya.

Terimakasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk memberikan komentar

 
Back To Top