Waspada Jangan Terkecok Uang Kertas Terbaru Lima Ribu Rupiah dengan Seratus Ribu Rupiah

Akhirnya Pemerintah mengeluarkan uang kertas rupiah edisi terbaru. Dan uang kertas terbaru ini sudah ramai atau banyak beredar. Awal kemunculan uang kertas baru ini pada bulan Agustus, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia. Sekarang dengan mudahnya kita jumpai, dan sudah banyak digunakan untuk transaksi saban hari. Saat pertama beredar, banyak orang yang hanya untuk mengoleksinya. Ya karena bentuknya memang agak unik dan beda dengan uang kertas sebelumnya.

Uang Kertas Rupiah Emesi 2022 sepintas memang seperti uang mainan. Ukurannya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan uang kertas sebelumnya. Belum lagi soal warna, kurang mencolok. Jangan heran, jika uang kertas ini lama-kelamaan akan nampak buram atau cepat klusuk. Kok bisa begitu ya, entahlah. Pokoknya banyak keluhan dari masyarakat dah dengan uang kertas terbaru ini. Sudah ukurannya kecil, warnanya gimana gitu.

Wajarlah ya, jika masyarakat kaget dengan kehadiran uang kertas baru ini. Belum terbiasa seh. Apalagi uang kertas rupiah terbaru ini, setiap pecahan uang kertas rupiah memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kok bisa begitu ya, saya saya juga heran. Bahkan ada orang yang mengiranya uang kertas itu terpotong. Ya karena saat disusun bareng, panjangnya berbeda. Ya ampun dah bikin keder dan pangling! Tak hanya itu, bikin bingung!

Seharusnya panjang uang kertas rupiah ini, ukurannya sama ya. Tak perlu dibuat ada yang panjang dan ada yang pendek. Ya itu, jika ditumpuk bersamaan, pastinya akan ada yang nyelip alias depil. Jika hal itu tak mau terjadi, mulai sekarang harus membiasakan memisah atau memilih setiap mempunyai uang kertas. Ya, kayak kasir di minimarket itulah. Halah, kayak punya uang banyak aja..., hehehe

Bagi pedagang tradisioan, uang kertas yang ukurannya berbeda sedikit merepotkan. Karena saya itu sering mengamati pedangan pasar, jika menerima duit langsung masuk kotak atau tas selempang atau kantong sakunya. Jangan berharap, uang kertas rupiah itu dalam kondisi mulus. Sudah konyel tambah kunyel. Bahkan jadi sobek hehehe.

Kasus yang baru terjadi nih. Sama halnya kasus uang kertas terbaru emisi sebelumnya, antara uang kertas sepuluh ribu dengan uang kertas seratus ribu. Banyak masyarakat yang terkecok. Ada pedagang yang rugi, karena uang kertas sepuluh ribu dikiranya seratus ribu. Anehnya sang pembeli juga diam aja saat uang kembaliannya lebih. Rugi banyak dah sang penjualnya. Bikin emosi.

Kali ini ada pedagang atau masyarakat yang terkecok uang kertas terbaru antara lima ribu rupiah dengan seratus rupiah. Kalau dari segi ukuran, memang ada bedanya saat uang kertas tersebut dijabarkan, alias tidak dilipat. Dari segi warna juga nampak berbeda, seratus ribu warna merahnya lebih dominan dan uang kertas lima ribu rupiah, warna coklatnya juga lebih menonjol.

Tapi jika posisi uang kertas rupiah tersebut dilipat, dengan posisi gambar penari dijejer bersama. Sedikit ada kesamaan warna merahnya. Mungkin saat siang hari, akan nampak jelas perbedaannya. Bagi mata yang masih awas dan tajam, tak ada masalah. Jika kondisi sebaliknya? Sudah ada lo yang terkecok dengan uang kertas terbaru lima ribu rupiah dan seratus rupiah rupiah ini. Intinya harus teliti saat bertransaksi dengan kedua uang kertas ini, jangan sampai merugi! Pastikan nominalnya.

Berita Terkait

1 komentar:

  1. Sudah lama tidak berkunjung ke blog ini dan Alhamdulillah masih konsisten menulis blog, semoga semakin sukses. Soal uang kertas rupiah terbaru, pastinya desain lebih kekinian dan canggih, walau banyak yang belum terbiasa, lalu ukuran uang bisa berbeda setau saya untuk membantu kaum tunanetra untuk mengecek keaslian dan besarnya nilai uang tersebut

    BalasHapus

 
Back To Top