Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Ambruk!

Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Wah saya telat sekali memberitakan kebakaran Masjid Islamic Center yang beralamat di Koja, Cilincing, Jakarta Utara. Semoga berita ini tak basi ya, maklumlah, punya kesibukan yang lain, sehingga telat untuk menulis. Kebakaran Masjid Raya Jakarta Islamic Centre ini terjadi pada hari Rabu, tanggal 19 Oktober 2022. Kurang lebih kejadiaannya bakda sholat Ashar, sekitar jam setengah empat sore. Karena waktu itu, Masjid ini masih sempat melakukan sholat jamaah Ashar.

Kebakaran Masjid Islamic Center ini sebenarnya sudah yang kedua kali. Yang pertama saya sendiri lupa, ya seingat saya, saat itu masih dalam tahap akhir pembangunan kubah masjid. Tapi tidak begitu parah, sehingga api masih bisa dipadamkan. Kebakaran yang kedua kali ini, super parah. Kubah masjid sampai ambruk. Saya sendiri juga heran, kenapa api begitu cepat menjalar. Sehingga petugas pemadam kebakaran sampai kesulitan.  Aduh, sangat disayangkan sekali.

Tapi ada daya ya, yang namanya sudah terjadi, mau apalagi. Masjid Islamic Center Koja Jakarta Utara rusak parah akibat kebakaran tersebut. Kayaknya harus dibangun ulang, tidak cukup renovasi. Entahlah. Api bisa dijinakan setelah turun hujan, sekitar jam enam sore. Kalau tidak turun hujan, mungkin asap itu masih terus membubung tinggi. Asapnya sangat tebal, dari jarak kejauhan kelihatan. Sehingga membuat orang berbondong-bondong untuk datang. Termasuk saya ini.

Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Ya saya telat hadir, kubah sudah ambruk, saya baru datang. Karena informasi yang saya peroleh sedikit terlambat dan belum lagi saat datang, terjadi kemacetan yang sungguh luar biasa. Untuk menuju lokasi sedikit mengalami kendala, harus berjalan kaki, menerobos kendaraan yang berhenti karena terjebak kemacetan tersebut. Membutuhkan perjuangan yang ekstra, sampai nafas ngos-ngosan, hehehe...

Sampai di Masjid Islamic Center Jakarta, saya langsung motret sana-sini. Saya juga sempat mengabadikan lewat video, sebagai konten di channel youtube saya. Jika Anda penasaran, boleh berkunjung ke channel saya, Masjid Islamic Center Terbakar. Eist, jangan lupa disupport ya dengan cara di subscribe, like dan komen. Ah saya jadi promosi channel youtube nih. Doa kan ya kawan, bisa tembus satu juga subscriber, ah saya terlalu bermuluk-muluk.

Jakarta Islamic Center ini sebenarnya tidak hanya sebagai tempat ibadah sholat saja. Disana juga sebagai pusat pendidikan. Selain masjid juga ada tempat pendidikan dari tingkat PAUD sampai setingkat SMA, konon katanya akan dibangun pula sebuah universitas. Sungguh luar biasa bukan? Yang awalnya tempat lokalisasi yang bernama Kramat Tunggah. Di era Presiden Gus Dur, saat itu Gubernurnya Pak Sutyoso dirubahlah menjadi pusat keagamaan.

Semoga Masjid Raya Jakarta Islamic Centre bisa segera dibangun kembali ya. Masyarakat bisa melakukan sholat berjamaah disana. Saya pernah sholat jamaah disana, adem sekali lo. Disana juga ada Al Quran  tulisan tangan ukuran raksasa, gede banget. Dan juga ada bedug yang unik. Entahlah, apakah kedua benda itu ikut terbakar atau tidak. Semoga bisa terselamatkan!

Berita Terkait

4 komentar:

  1. pertanyaannya adalah kok bisa bisanya terbakar sampe kedua kalinya, bisa - bisanya itu kubah jadi langganan kebakaran..

    BalasHapus
  2. Apakah ada korban jiwa kak. ngeri juga ya ambruk kubahnya, smg segera dapat diperbaiki kembali

    BalasHapus
  3. ini kemarin aku liat di twitter ngeri banget
    untung engga banyak korban ya

    BalasHapus

 
Back To Top