Ondel-Ondel Betawi kini Semarak dan Semangat lagi Ngaraknya

Ondel Ondel Betawi

Halo pembaca setia, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan rezeki yang tetap melimpah. Alhamdulillah ya, wabah kopid mulai mereda, kayaknya seh sudah benar-benar merada. Sehingga masyarakat tak perlu cemas dan kawatir lagi dalam beraktivitas. Terus semangat dalam mencari rezeki, terus bekerja demi masa depan. Kayak lagu yang lagi viral, "Joko Tingkir Ngombe Dawet". Permasalahan yang ada tak perlu dibikin riwet, biar tak mumet alias tak pening kepala. Kalau sudah pusing kepala, semua jadi repot. Badan jadi aras-arasan buat kerja. Pengennya tidur aja. Kalau sudah begitu, pastinya masa depan akan suram.

Hahaha..., kalau ngomong itu emang mudah. Kenyataannya, aduh sulit sekali. Saya sendiri, beberapa hari ini, sedikit emosi. Entah kenapa hal itu terjadi, ya mungkin faktor ekonomi yang sedikit mbulet. Banyak kebutuhan, sedangkan finansial kendor banget. Pemasukan yang  tergolong pas-pasam. Hahaha....kenapa saya jadi sambat ya. Aduh buka kartu jadinya.

Tak apa apa ya, setiap permasalahan emang harus diungkapkan. Biar tak jadi penyakit. Biar semua menjadi plong. Isi kepala tak jadi beban. Tidur jadi nyenyak, ya gitulah. Hidup tanpa permasalahan, kayaknya kurang seru ya? Saya yakin, setiap orang punya cerita dan rintangan yang berbeda-beda. Dan setiap orang,  berbeda-beda pula menyingkapi atau menghadapi permasalah tersebut.

Ya ampun, kenapa saya jadi ngelantur ya. Mau bahas ondel-ondel Betawi kenapa jadi sambat. Ya anggap saja itu sebagai pembuka obrolan. Saya selain menjadi penulis online atau menjadi seorang blogger, juga nyambi alias merangkap menjadi youtuber. Lagi berusaha mencari keberuntungan menjadi seorang youtuber. Ya dengan harapan, saya bisa mendapatkan pemasukan dolar dari unggah video.



Untuk saat ini, channel youtube saya lebih bertemakan ondel-ondel betawi. Ya karena video populer saya semuanya hampir tentang ondel-ondel. Saya merasa jadi pengamat ondel-ondel jadinya hehehe. Awal mula ondel-ondel sebenarnya kan buat tolak balak, mengusir roh jahat. Kini menjadi sebuah hiburan. Jadi jika anda menonton ondel-ondel, anggap saja sebagai hiburan ya. Jangan terlau fanatik ini dan itu.

Ondel-ondel dulunya juga terkenal dengan nama Barongan, sekitar tahun 1971 an baru berubah nama menjadi ondel-ondel. Yang mempopulerkan namanya adalah Benyamin Sueb, lewat lagu Yuk Nonton
Ondel-Ondel. Tahun kemarin, ondel-ondel sempat dilarang keliling Jakarta, kini mulai nampak ramai kembali. 

Ngarak ondel-ondel maksudnya adalah ondel-ondel dibawa keliling kampung. Pastinya diiringi oleh kru yang membawa alat musik. Ngarak ondel-ondel ini melibatkan orang banyak, sekitar 10 orang. Ondel-ondel ini tergolong berat ya, berat ondel-ondel berkisar 20 kg lebih. Maka jangan heran, jika yang memainkan ondel-ondel ini anak muda. Orang tua? Wow bisa pingsan dah.

Saya hampir tiap minggu hunting ondel-ondel betawi. Kadang sore hari nongkrong di jalan, demi nunggu ondel-ondel lewat. Pas ondel-ondel lewat, langsung deh bergaya reporter, ngeluarin hape terus ngeshoot. Ya semua demi konten channel youtube. Semoga saja, orang yang nonton channel saya terhibur. Dan dengan harapan mau like dan subscribe!

Berita Terkait

5 komentar:

  1. Thanks for your sharing...

    BalasHapus
  2. kalau pengen lebih semarak lagi, saya sarankan agar ondel ondel tembak ondel ondel

    BalasHapus
  3. beberapa waktu yang lalu aku udah nonton video ondel ondel di channelnya mas djangkaru..

    ternyata makna ondel ondel begitu ya, baru tahu aku...dan beratnya juga berat banget...tak terbayang kalau yang mengangkat sambil menari pasti kuat ya menopang berat ondel ondel yang sampe puluhan kg tu

    BalasHapus
  4. kok nggak pusing ya muter - muter orangnya

    BalasHapus

 
Back To Top