Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo Klaten. Ki Nartosabdo adalah putra Klaten, Jawa Tengah lahir pada tanggal 25 Agustus 1925 dan meninggal di Semarang tanggal 7 Oktober 1985 pada usia 60 tahun. Ki Nartosabdo adalah seorang seniman musik dan dalang wayang kulit legendaris. Nama asli Ki Nartosabdo adalah Soenarto. Dan pada tahun 1948 mendapat tambahan gelar " Sabdo " sejak saat itu namanya berubah menjadi Ki Nartosabdo. Sudah banyak karya lagu yang beliau ciptakan misalnya Aja Lamis, Setyatuhu, Kasung Trisna, Kelinci Ucul dan masih banyak yang lainnya. 

Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo ini terletak di persimpangan jalan Merbabu dan jalan Merapi, Klaten. Dulu patung ini kecil, hanya sedada replika Ki Nartosabdo. Dan diresmikan oleh Bapak Harmoko tatkala itu menjabat menteri penerangan, sekitar tahun 1993-an. Artikel ini bersumber dari blognya Raja Blangkon. Kalau menurut penilainku patung Ki Nartosabdo ini kurang begitu baik bentuk dan pahatannya. Dijamin orang awam tidak akan menggenal siapa sosok patung tersebut. Di tambah tidak ada nama atau tulisan prasasti di depannya. Diperburuk lagi tiang listrik menjadi penghalang atau mengganggu pemandangan. Alangkah baiknya jika tiang listrik itu berada dibelakang gunungan patung Ki Nartosabdo.

Jika ada salah kata dalam artikel ini, mohon maaf, bukannya aku tidak menghargai seni atau jerih payah orang lain. Tapi alangkah baiknya jika patung yang dipajang di jalan kota kabupaten harus lebih bagus lagi. Karena akan menjadi pusat perhatian banyak orang yang berlalu-lalang.


♥♥DjB♥♥ 

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top