Ciri-Ciri Tabung Gas Palsu

Ciri-Ciri Tabung Gas Palsu

Ciri-Ciri Tabung Gas Palsu. Yang saya maksud disini adalah tabung LPG (elpiji) 3 kilogram atau yang lebih ngetrendnya dengan sebutan tabung gas melon. Kita harus bisa mengenali ciri-ciri tabung elpiji/melon palsu. Hal ini sangatlah penting demi keamanan agar terhindar dari kebakaran yang diakibatkan dari kebocoran gas LPG (Liquefied Petroleum Gas). Bukan hal yang asing, bahwa tabung gas elpiji 3 kilogram palsu sudah beredar luas dilapangan. Tabung gas palsu adalah tabung gas yang bukan keluaran resmi Pertamina.

Ciri-Ciri Tabung Gas Palsu

Ciri-Ciri Tabung Gas Palsu

Tabung gas palsu sangatlah berbahaya karena kualitasnya buruk dan bisa mengakibatkan kebakaran. Dibawah ini adalah sebagian ciri-ciri fisik tabung gas palsu bukan keluaran pertamina.
  1. Tampilan cat baru, mengkilap/mencolok dan mudah terkelupas.
  2. Jika spindel pada valve tabung ditekan akan tercium bau cat bukan bau khas gas. Walau ada sebagain orang yang nakal dengan menyuntiknya dari gas tabung pertamina.
  3. Berat tabung gas palsu umumnya kurang dari standar ( 5 kilogram ), jadi akan terasa lebih ringan.
  4. Tabung palsu umumnya belum disertai rubbel seal ( karet cicin/pengaman ).
  5. Tabung gas asli terbuat dari bahan baja berkualitas, sedangkan tabung gas palsu terbuat dari bahan galvanis ( bahan baja pipa ), Tabung gas palsu cetakan SNI (Standar Nasional Indonesia) kurang jelas.
  6. Tabung gas asli tampilan luarnya lebih kasar dan tampak berkarat. Sedangkan tabung gas palsu sebaliknya, lebih halus.

Semoga saja pihak terkait segera mengamankan tabung gas palsu dan tabung gas yang sudah tidak layak pakai lagi. Agar tabung gas melon ini tidak menjadi hantu menakutkan bagi sebagian masyarakat. Di desaku, masih banyak orang takut memasak dengan bahan bakar gas. Alasannya tidak bisa memasang dengan benar dan aman,  serta takut meledak atau kebakaran.


♥♥DjB♥♥

Related Posts

1 komentar:

  1. Saya tidak bisa membedakannya dan tidak tahu ada tabung gas palsu. Biasa beli di warung dan warung beli di bandar. Di kampung saya harganya berkisar antara 24 sampai 27 ribu.
    Saya juga tidak bisa pasang tabung gas karena sebaiknya memang jangan sebab gak bisa dengar jika ada desisan gak beres. Cuma sama suami yang pasang pakai regulator tekan.
    Kalau gas habis dan suami belum pulang kerja, terrpaksalah masak di tungku kayu bakar, he he. Juga kalau gas habis kami lagio tidak punya uang, kayu bakar sangat bermanfaat agar dapur tetap ngebul asal jangan lupa ditunggui.

    BalasHapus

 
Back To Top