Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Cuaca tidak begitu teriknya bahkan hawa terasa dingin dibadan. Dan bisa dibilang belum musim kemarau panjang. Tapi entah mengapa rerumputan di lapangan alun-alun ini tampak menguning dan mengering. Gersang dipandang mata. Tidak sedap dilihat. Bahkan tampak debu berterbangan. Menganggu indra penciuman. Apakah sengaja rerumputan ini dibiarkan tumbuh secara alami? Apakah tidak ada perawatan/penyiraman routin, agar rerumputan inti tetap mengijau? Entahlah.

Tapi di lapangan alun-alun Kebumen ini ada hal yang menarik. Yaitu ada sebatang pohon beringin tepat ditengah alun-alun. Kalau menurut penilaian saya, pohon ini tergolong tidak besar. Dan tidak terlalu tinggi. Kemungkinan usianya belum terlalu tua juga.

Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Sekeliling pohon beringin tersebut dipercantik dengan adanya pagar dan ornamen mirip gapura melengkung. Gapura tersebut melingkari pohon beringin. Kurang lebih berjumlah enam gapura, jika tidak salah menghitung. Diluar pagar yang tingginya kurang dari satu meter juga diperkeras dengan bebatuan konblok.


Pagar ini sepertinya kurang begitu jauh jaraknya dengan pohon beringin. Yang pasti suatu saat akan mempengaruhi pertumbuhan pohon tersebut. Tahu sendiri kan, akar pohon beringin itu beda dengan akar pohon lainnya. Akar pohon beringin itu gerakan/pertumbuhannya suka melebar. Bisa jadi suatu saat akar pohon beringin tersebut bisa menembus pondasi pagar. Atau bahkan pagar tersebut nantinya akan mematikan pohon beringin itu sendiri karena menghambat akar-akarnya untuk berkembang.

Kenapa pohon ini saya sebut pohon keramat? Karena hanya satu-satunya pohon yang ada/tumbuh di tengah alun-alun Kebumen. Dan tampak dikeramatkan juga. Semoga pohon beringin ini terjauhkan dari tangan-tangan jail. Supaya pohon beringin ini bisa lestari dan abadi. Alun-alun Kebumen berada di jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Indonesia. Kode Pos 54311.

Related Posts

14 komentar

Alon2nya kok kayak kering kerontang gt yah mas, coba kalau hijau seger, sejuk pasti rasanya

Oh, disebut keramat karena satu-satunya pohon yang berada di tengan alun-alun. Tapi bisa jadi keramat dalam arti yang sebenarnya bila terus tumbuh besar.

Betul sekali, rumputnya pada menguning alias kering.

Betul itu, nanti mirip beringin jogja. :-d

Namun meskipun terbilang Keramat, namun dari beberapa data gambar yang disajikan begitu menarik. Tempat itu memiliki perpaduan yang oke, yaitu antara sebuah pepohonan keramat dengan keindahan yang ada di sekitarnya. Pencitraan yg luar biasa....!

Kasian pohon beringinnya ga ada temannya hehehe...

kang berarti ini beda lagi sama pohon keramat yang ada di yogya yaa? bentuknya ampir sama soalnya,, seyemm... ternyata di kebumen ada yang gini juga ya kang.. harus banyak berdoa nih

Aneh yaa!! Dari pohon lain agak jauh dari pohon beringin tersebut..Mungkin pohon beringin tersebut mempunyai keberuntungan hingga tetap tumbuh subur dialun-alun...

Atau bisa saja ada larangan lain sehingga pohon beringin itu dibiarkan tetap ada...😄😄

Kenapa ya rata-rata pohon beringin di alun-alun nyaris selalu dikeramatkan ... 🤔 ?.
Atau memang sebenarnya ada 'penunggu'nya kali, ya ?

Memang pohon beringin di alun-alun sering di anggap keramat, di jogja dan magelang juga begitu..Ternyata kebumen juga sama

Kirain keramat dalam artian mistis, keramat ternyata pohonnya cukup tua dan tinggal satu-satunya disana. Semoga selalu terjaga ya.

Bagi aku membuat pohon itu lestari caranya cukup mudah, sebarkan saja isu bahwa pohon itu keramat bakalan membuat ndak ada yang berani buat ngerusak itu pohon 😁😁😁😁😁

Lagi mudik ke Kebumen nih Masnya

Semoga tidak bernasib di kota kelahiran saya Om. Udah gede gede eh malah roboh.

Bicara soal kebumen berarti kita masih tetangga Om |o| saya Banjarnegara Om

Terimakasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk memberikan komentar

 
Back To Top