Bang Malih si Penjual Sate Ayam Goreng Keliling, "Beli Sate Kulitnya Bang!", Teriak Saya

Kalau malam hari, bakda isyak, saya sering nongkrong di pinggir jalan. Dan kebetulan juga, rumah saya tidak begitu jauh dengan jalan, ya jalan gang gitu dah. Jalan yang lumayan lebar. Sehingga banyak orang yang berlalu-lalang, termasuk kendaraan roda dua maupun kendaraan jenis mobil. Nongkrong di luar, mencari pemandangan baru, atau sekedar hanya mencari hiburan. Aliias cuci mata, eh bukan itu maksudnya mencari angin segar.

Suhu udara, siang dan malam memang lumayan gerah. Mungkin sebentar lagi akan memasuki musim kemarau. Di rumah gerah, ya aseknya memang mencari udara segar, plus dan plus hehehe. Sumpah, dikamar terus juga jenuh. Pemandangannya hanya tembok warna putih kusam, dan sesekali cicak lewat sambil bersuara khasnya. Kayaknya dia ngeledek, hehehe.


Eh lagi asek nongkrong, Bang Malih datang. Siapa itu Bang Malih? Si penjual sate ayam goreng. Apa, sate digoreng? Iya, unik bukan. Sate kok digoreng, tapi memang seperti itu kenyataannya. Ya, namanya orang berwirausaha atau orang berbisnis, harus punya ide baru, yang sekiranya tidak banyak yang menyamainya. Sehingga tidak banyak saingannya. Tidak banyak kembarannya.

Tapi memang seh, penjual sate ayam goreng ini bisa dihitung dengan jari. Tidak begitu banyak. Dan seandainya ada, kayaknya juga masih satu juragan. Oh berarti Bang Malih ini, sistem jualannya setoran ya? Betul sekali. Bang Malih punya bos, atau punya juragan. Bang Malih cukup menjualnya saja. Semua bahan, termasuk gerobaknya si juragan yang menyediakannya. Bang Malih, cuku keliling ngider. Itu pun area atau rutenya juga sudah juragan yang mengarahkannya.



Keuntungan dari menjual sate ayam goreng berapa ya? Kalau pertanyaan tersebut, saya belum sempat mendapatkan informasinya. Ya karena saya belum sempat bertanya secara langsung. Mau nanya kagak enak, takutnya mengganggu. Lagi sibuk goreng sate ayam, dicecar petanyaan, bisa-bisa sate ayamnya gosong dah, hehehe. Tapi tenang, Bang Malih ini ramah kok, murah senyum.

Harga sate berpa seh ya? Wah pertanyaan yang menarik. Saya hampir  saja lupa mengulasnya. Harga satu tusuk sate ayam goreng, harganya dua ribu rupiah. Semua jenis sate ayam, entah itu usus, kepala, kulit ayam, hati ayam dan sebagainya. Wow murah sekali ya? Sangat murah. Harga yang bersahabat buat isi kantong. Tidak menguras isi dompet dah.




Seperti apa yang saya singgung di atas, Bang Malih ini kalau lewat seringnya bakda Isya. Pas banget dengan waktu makan malam saya, hehehe. Kalau dia lewat, saya bawa nasi hangat dari rumah. Dan saya teriak, "Bang beli kulit ayamnya". Makan sate ayam goreng plus nasi hangat, sempurna sudah. Makan jadi benar-benar lahap. Ditambah, sambal tiga sendok, keringat langsung kemrepus. Dilanjut mimum kopi,dijamin lupa jika hidup ini punya hutang, hahaha.

Ya begitulah cerita kulineran kali ini. Kulineran yang ala kadarnya. Kulineran jalanan. Saya kagum dengan Bang Malih ini, semangat berkerjanya sungguh luar biasa. Semangat dalam berwirausaha. Semangat dalam menciptakan lowongan kerja buat dirinya sendiri. Semangatnya dalam mencari penghidupan. Eleh, saya kok jadi ngelantur.

Berita Terkait

1 komentar:

  1. Saya baru tahu kalau ada sate ayam digoreng, eh ternyata kayak sate ayam yang suka ada di tukang bubur ayam. Penasaran sih di foto ada sambalnya, kira-kira pakai sambal saos atau bumbu kacang kayak sate ayam bakar.

    BalasHapus

 
Back To Top