Citul, Aci Tulang Jajanan yang Lagi Viral

Rumah saya itu tidak jauh dari Sekolah Dasar (SD). Pikiran kalau jenuh alias gabut biasanya saya nongkrong depan sekolah. Mencari teman ngobrol gitu dah. Biasanya teman ngobrol saya, pedagang jajanan. Eh, tapi sudah tahu belum apa itu Gabut? Gaji Buta, iya betul sekali. Gabut kini punya makna, tidak ada kegiatan apaun dan bigung mau melakukan apa. Gabut bisa dikatakan, hati lagi bete.

Bahasa gaul sekarang emang aneh-aneh. Saya sendiri tidak bisa mengikuti istilah-istilah bahasa gaul. Wah saya kok sedikit membocorkan umur ya, hehehe. Ketahuan sudah tua jadinya. Tapi tak apa ya, walau sudah tua, yang penting semangatnya masih membara. Masih semangat anak muda. Wow air laut digarami, suka memuji diri sendiri.

Wah soal jajanan, ada  yang menarik nih. Jajanan yang lagi viral. Apa itu? Jajanan Citul, Aci Tulang atau ada yang mengatakan Cireng Tulang. Apa pun kepanjangannya, tidak jadi soal ya. Tapi kalau saya secara pribadi, lebih suka Aci Tulang. Kalau Cireng Tulang, seharusnya digoreng kering. Tapi kenyataannya, ini jajanan digoreng tidak begitu kering.



Kadang yang membuat salut, adalah pedagang jajanan sekarang sungguh luar biasa kreatifnya. Saya kagum dengan ide bisnisnya. Makanya saya betah sekali berbincang dengan pedang keliling yang sering mangkal di depan sekolah. Untungnya, setiap pedagang yang saya temui, selalu ramah. Tidak keberatan jika saya photo-photo. Sekaligus ingin mengetahui resep jajanan yang dijajakan.

Ya begitulah, ide menulis itu tidak harus pergi jauh. Tidak harus piknik ke luar negeri atau kemana gitu dah. Lah dalah, saya kok seriang menggunakan kata dah ya. Bahkan yang dekat saja, bisa menjadi bahan cerita. Bisa menjadi inspirasi plus penyemangat. Pekerjaan yang dianggap remeh atau pekerjaan yang sederhana, bisa mendatangkan keuntungan yang banyak. Ya gitu dah.




Jajanan anak-anak yang lagi viral nih. Jajanan yang menjadi bahan perbicangan hangat. Di media sosial ramai sekali nih. Jajanan apa itu? Wah masih nanya. Kan sudah saya sebutkan di atas. Citul, Aci Tulang. Saya pun dibuatnya penasaran dengan jajanan SD ini. Dan saya menyempatkan untuk membeli. Harga Citul sangat bersahabat untuk anak-anak SD. Berapa harganya? Dua ribu rupiah. Bentuk Citul, lumayan gede pula. Bisa bikin kenyang dah.

Penjual Citul ini, sangat ramah ya. Saat saya wawancari selalu terbuka lebar, tidak ada rahasia yang disembunyikan. Bahkan saat saya photo-photo juga tidak keberatan. Oh iya, abang ini sekedar menjual Citul. Yang membuat Citul istrinya. Saya juga sempat menanyai bahan-bahan untuk membuat Citul. Kalau soal keuntungan, si Abang belum bisa memberi tahu. Karena ya baru pertama kali ini menjual Citul. Tapi saya perhatikan, tak sampai jam dua siang, dagangannya sudah abis.

Apa bahan dari Citul? Kalau saya perhatikan untuk bahan-bahannya tidak jauh beda dengan jajana aci lainnya. Yang membedakannya hanya ada tambahan siwiran daging ayam dan stik yang digunakan adalah tulang ayam. Sepintas Citul ini menyerupai paha ayam. Yang menarik dari Citul itu sendiri adalah stiknya. Oh iya dan tepung rotinya, yang menambah kerenyahannya.

Bahan-bahan Citul, Aci Tulang:

  • Tepung Tapioka
  • Tepung Terigu
  • Penyedap Masakan
  • Telur
  • Tulang Ayam
  • Siwiran Daging Ayam
  • Tepung Roti
  • Bumbu lain yang sekiranya diperlukan
  • Saos atau Bumbu Sambal

Untuk membuatnya pastinya mudah ya? Dilihat dari gambar tidak akan mengalami kesulitan. Jika adonan Citul sudah matang, dibentuklah menyupai paha ayam pada tulang tersebut. Tapi jangan lupa, di dalamnya dikasih siwiran ayam seperlunya. Menjadi catatan nih, tulang dan siwiran ayamnya sudah dimasak dan kasih bumbu ya, bukan mentahan. Kemudian direbus sampai kembali. Dan diluarnya diolesin kocokan telur dan selanjutnya ditaburi tepung roti. Baru deh digoreng. Citul siap dimakan dengan olesan saos. Bagaimana tertarik ingin membuat Citul?

Berita Terkait

14 komentar:

  1. wkwkwk...baca intronya selalu dah bikin ngguyu...betul tuh, tadi ngitungin kata dahnya ada banyak juga. ow lucu juga ya namanya citul, dalam hati malah saya bikin akronim lain wkwkkw.. citul ini banyakan acinya trus digoreng pake panir ya...mirip corndog apa kaki naga (nama makanan juga)

    BalasHapus
  2. What a ฤฑnteresting street foods, thanks for your sharing...

    BalasHapus
  3. Kreatif banget pedagang jajanannya ya, ananda. Tulang ayam bisa diolah menjadi camilan lezat.

    BalasHapus
  4. Dapat diimana tulang ayam sebanyak itu kang? bingung gua, (maklum di desa gua cuma hutan gada jajanan), hihi.. ๐Ÿ™

    BalasHapus
  5. Wah, citul ternyata lagi hype di mana-mana ya :D Di Bandung juga ada yang jual, laris banget tempatnya di depan kampus. Seneng deh kalau lihat suami istri kerja sama gini, suami yang jualan, istri yang masak. Semoga laris selalu :)

    BalasHapus
  6. Ternyata memang diisi tulang ya mas...
    Benar-benar kreatif dah para pedagang sekarang, biar mampu menggoda pembeli...
    Keren!!

    BalasHapus
  7. Ide orang 'juwalan sekarang memang kreatif ya..kalo gak kalah bersaing, wah unik juga namanya citul Aci tulang hehehe

    BalasHapus
  8. Aci Tulang, CITUL. Waaah, menarik ini. Sebagai penyuka jajanan anak-anak, saya jadi penasaran ini :)

    BalasHapus
  9. wah abang yang jual citulnya viral deh... :D

    BalasHapus
  10. Rupanya citul itu serupa paha ayam gendut ya.
    Rasanya gurih ya, Mas?
    Eh, penjual citulnya mau difoto begitu apakah dibilangin buat konten?

    BalasHapus
  11. Kalau rumahku deket banget sama SD, aku bisa jajan tiap hari kwkw
    Btw dsni citul punya kepanjangan Aci dan Muntul, biasanya diolah jadi kue bugis/koci/mendut kwkwkw tau gak kue itu...

    Gapi citul yang ini kok beda, lebih menarik dan gurih kayaknya kwkwwk

    BalasHapus
  12. Oh, begitu kisahnya citul.
    Mana tahu suatu hari nanti jalan-jalan ke sana terjumpa citul.
    Tidaklah saya tertanya-tanya tentangnya lagi kerana sudah memperoleh info dari sini.

    BalasHapus
  13. Baru tau ttg Snack ini ๐Ÿ˜. Ya ampuuun jajanan yg kemarin2 aja aku banyak yg belum coba, ada yg baru lagj ๐Ÿ˜„๐Ÿ‘. Sayangnya Deket rumahku ga banyak jajanan unik mas. Yg gitu2 aja. Kurang kreatif kayaknya tukan Snack sekitar rumahku ๐Ÿ˜„. Jadi penasaran rasa citul nya

    BalasHapus
  14. Disini dulu citul laris manis banyak yang beli, seperti tahu bulat. Tapi sekarang ganti lagi, yang rame makanan bakso bakar.

    BalasHapus

 
Back To Top