Harga Minyak Goreng Naik, Tumben Tak Ada Jeritan Emak-Emak!

Kenaikan harga kebutuhan pokok, sudah naik sebelum bulan Ramadan. Hal yang lumrah terjadi jika bulan puasa, harga kebutuhan dapur membumbung tinggi. Khususnya harga cabe yang sepertinya hilang kendali. Karena sudah sering terjadi hampir setiap tahunnya, sehingga kenaikan ini dianggap lumrah. Masyarakat tidak begitu kaget, walau dalam hatinya seh pengen misoh(marah-marah) tapi kok ya percuma. Sepertinya pemerintah juga sudah tahu watak rakyatnya. Karena bulan ramadan itu sering didengungkan harus bersikap sabar, menjaga sikap, dan tidak boleh mudah emosi. Jadi ya itu, kenaikan harga di bulan suci, kayaknya tak ada kendala berarti. Beda halnya jika di bulan biasa, wah akan ada demo besar-besaran.

Atau bisa jadi, karena rakyatnya sudah lelah. Sampai tak punya energi lagi buat melampiaskan uneg-unegnya. Atau mungkin berita politik, berita kriminal semisal kasusnya Sambo dan Teddy Minahasa, atau kasusnya artis yang ketahuan video call dengan emak cantik lebih menarik. Entahlah! Saya aja juga bingung dengen berita-berita yang bertebaran di televisi dan sosial menarik. Lebih suka membahas hal-hal seperti itu. Atau mungkin berita sepert itu yang punya nilai jual tinggi ya? Sekali lagi, entahlah!

Hahaha..., sebenarnya itu saya mau bahas apa ya. Sepertinya kok kehilangan ide. Betul sekali, saya lagi galau, sehingga isi kepala kok susah untuk diajak kompromi. Pengennya itu bermalas-malas ria, inginnya tiduran atau rebahan di kasur sambil ngalamun. Berandai-andai gitulah. Tapi karena ingat kebutuhan, apa daya, mau tidak mau harus bekerja. Walau hasik kerja belum tentu mencukupi untuk kebutuhan hidup, hehehe. Jadi ketahuan sambatnya.


Keluar rumah untuk mencari bahan berita. Siapa tahu ada hal-hal yang menarik untuk menjadi bahan artikel atau berita. Walau sebenarnya, kini menulis sudah tidak bisa diandalkan lagi. Sepertinya budaya membaca yang makin menurun. Belum lagi peraturan dari google adsense yang tak jelas. Tidak memberikan letak kesalahan mendetail dari blog. Artikel mana yang dianggap melakukan kesalahan. Beda halnya dengan main youtube, sangat jelas sekali petunjuknya. Misalkan video ini yang dianggap melakukan kesalahan, sehingga tak bisa didolarkan. Kalau blog? Hanya disuruh main raba-raba.

Kali ini saya mendapatkan bahan berita tentang minyak goreng. Dulu saat minyak goreng harganya naik, wow dimana-mana emak-emak panik. Terjadi antrian panjang demi mendapatkan minyak goreng, itu pun dalam jumlah dibatasi, hanya boleh dua liter. Saya pun sempat ikut antri hehehe. Kenaikan harga minyak goreng saat itu juga heboh di koran-koran maupun di televisi. Pokoknya menjadi perbincangan empuk di kalangan masyarakat.

Tapi kini, kenaikan harga minyak goreng kok sepi-sepi aja. Minyak goreng subsidi yang Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000/liter, kenyataan di masyarakat dipatok dengan harga 17 ribu. Dan itu pun tak mendapat respon penolakan. Kok bisa seperti ini. Apa fungsinya harga HET yang tertera di botol kemasan minyak goreng. Apa hanya sebagai hiasan, sebuah trik marketing? Ah jadi tak ada bedanya dengan tulisan harga yang tertera di penjual buah pinggir jalan.

Sepertinya pemerintah juga mulai menyerah dengan subsidi minyak goreng. Akhirnya soal harga diserahkan atau ditentukan oleh harga pasaran. Atau pemerintah sudah kehabisan dana untuk mensubsidi minyak goreng? Entahlah. Atau mungkin peredaran minyak goreng ini sudah tidak mendapatkan pengawasan dari pemerintah? Entahlah. Saya hanya bisa berandai-andai. Pemerintah juga adem ayem aja, karena tak ada respon negatif dari emak-emak. Berati kenaikan harga minyak goreng tak menjadi masalah tak ada kendala. Naik terus....., abaikan HET.

Berita Terkait

6 komentar:

  1. Yemeklik yağların bu şekilde satıldığını görmemiştim. Türkiye de 1 litrelik şişe ve 5 litrelik tenekeler satılır. Hayırlı ramazanlar dilerim ...

    BalasHapus
  2. The prices are very high now...

    BalasHapus
  3. Eh, aku kok ga sadar minyak naik 😂😂. Yakaah... Akhir bulan kemarin belanja bulanan di tiptop Rawamangun, kayaknya masih sama aja hrgnya Ama bulan lalu 😅. Tapi memang aku jrg sih pakai minyak mas. Lebih suka masakan di kukus, rebus atau tumis yg butuh hanya sedikit minyak. Makanya kadang minyak goreng di rumah 2 liter itu bisa berbulan2 baru habis 😄

    BalasHapus
  4. Ga sadar juga minyak naik aku mas heheheh...tapi minyak masih perlu walau nggoreng sekedarnya. Mudah mudahan harga kebutuhan pokok lekas membaik aminn

    BalasHapus
  5. Barangkali karena masih di bawah 20 ribu jadi Mak"masih gak terlalu mikir coba kalau di atas 20 pasti banyak yg demo:D,bahkan di minimarket harga minyak lebih dari itu bnyk yg nyari kwatir ga da stock kyk dulu

    BalasHapus
  6. Wah, ternyata anak muda juga pernah kehilangan mood untuk nulis ya. Enaknya rebahan di kasur. Nenek2 malah lebih parah. Karena dipicu pula oleh masalah ide yang seakan enggan mendekat.

    BalasHapus

 
Back To Top