Warna Mobil yang Paling Aman dari Kecelakaan

Dunia persaingan otomotif saat ini memberikan banyak variasi pilihan mobil. Tentu hal tersebut menjadi keuntungan, terutama esensi keselamatan yang terus dikembangkan. Kini sudah banyak mobil yang dinilai tahan uji dan diberikan bintang lima berdasarkan penilaian ASEAN NCAP Safety Rating.

Ternyata bukan saja fitur keselamatannya, namum warna mobil juga memberikan pengaruh bagi keselamatan. Berdasarkan data yang yang dilansir oleh carloans.com, telah tercatat ada 47% mobil hitam yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari data tersebut disimpulkan bahwa warna hitam menjadi warna yang paling tidak aman daripada pilihan warna lainnya.

Warna seringkali menjadi masalah selera, namun ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor keamanan. Berikut ini beberapa warna mobil yang cukup aman:

  1. Putih
  2. Hasil studi mengatakan bahwa warna mobil putih banyak diminati oleh para pengguna mobil. Warna ini menjadi warna terlihat kontras meskipun berada di area yang minim pencahayaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University, mengatakan bahwa warna putih adalah warna yang paling aman. Meski terbilang cukup aman, tetapi warna ini memiliki kekurangan dalam hal kebersihan. Karena noda, debu atau cipratan air, dapat mudah terlihat pada mobil berwarna putih

  3. Kuning
  4. Warna kuning memiliki tampilan warna yang cerah meski dalam kondisi hujan, berkabut atau bahkan berdebu. Jika diamati pada malam hari, warna ini masih terlihat jelas dan kontras dengan objek lainnya di jalan, sehingga warna ini menjadi salah satu warna yang paling aman.

  5. Krem
  6. Tidak terlalu banyak orang yang memilih warna krem sebagai warna mobil, karena terlihat membosankan. Tetapi ternyata warna krem dapat terlihat kontras di malam hari. Meskipun begitu, terkadang warna krem juga bisa berpotensi menyamarkan penglihatan orang karena jenis warna ini juga paling banyak ditemui di alam luas.

  7. Pink
  8. Ternyata warna yang lekat dengan wanita ini memiliki warna yang paling kontras dengan kondisi jalan maupun objek lainnya. Tidak banyak objek lalu lintas di jalanan kota yang berwarna pink sehingga mobil pink lebih mudah diamati dan cenderung Eye-Catching.

  9. Silver
  10. Warna silver atau perak menjadi salah satu warna yang sering ditawarkan oleh para pihak sales mobil selain warna hitam. Hal ini karena warna mobil Silver diklaim memiliki nilai jual kembali atau resale yang cukup tinggi. Dalam hal keselamatan, warna ini memang memiliki kontras yang baik di saat siang maupun malam. Namun kelemahannyawarna ini akan terlihat samar dan sulit terlihat oleh pengendara lainnya saat kondisi hujan.

  11. Merah
  12. Warna merah adalah warna yang paling mudah diamati di antara kerumunan kota karena warnanya yang begitu menarik perhatian. Mobil dengan warna merah bisa beradaptasi dengan baik di cuaca hujan maupun berkabut. Tetapi warna ini kurang terlihat terang di malam hari.

Bagi kamu yang mencari mobil bekas, kamu bisa kredit mobil bekas di mobbi. Mobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang terpercaya, dahulu dikenal dengan nama mo88i. Kamu bisa menjual maupun membeli mobil dengan nyaman dan aman melalui platform ini. Banyak pilihan mobil dengan berbagai tipe, warna, dan jenis mobil. Pastikan membeli mobil bekas di tempat yang aman dan terjamin kondisi mobilnya. Semua mobil di mobbi diperiksa kelayakannya sebelum dipasarkan.

Berita Terkait

6 komentar:

  1. ku kira warna kuning yg nomor satu dari segi penampakan ., ;p

    BalasHapus
  2. bener banget, bukan hanya mobil kadang hp aja kita suka milih milih warna apa ya.

    BalasHapus
  3. Aih kukira hitam termasuk dalam list, ternyata malah termasuk warna yang presntasinya lebih besar untuk menyebabkan kecelakaan.

    Dari 6 warna tersebut saya sih pilih warna silver.

    Eh tapi gak tau ya kapan beli mobilnya hehehe

    BalasHapus
  4. ternyata pink ada dong...warna kesukaan saya :D

    BalasHapus
  5. Wajar., Karena hitam itu warna gelap. Makanya sering terjadi kecelakaan. Semoga tidak terjadi pada diri kita si pemilik mobil hitam, Amin.

    BalasHapus
  6. Owh pantes warna putih, ya ya ya, jadi paham ... Putih itu jarang laka ditabrak karena kontras.

    BalasHapus

 
Back To Top