Aneh! Santan Kelapa Siap Pakai Kara Sun Sempat Mengalami Kelangkaan

Santan Kelapa Siap Pakai Kara Sun

Artikel yang telat terbit. Seharusnya tiga minggu yang lalu sudah publish. Ya, karena sifat kemalasan lagi menyelimuti. Terlalu tebal rasa bosan untuk menulis. Ah, mungkin karena sudah terlalu lama menjadi seorang blogger, sehingga ada rasa titik jenuhnya. Atau mungkin karena Sosiago yang lagi sepi, sehingga berimbas pada gairah saya untuk mengetik. Entahlah mana yang benar. Yang jelas, menulis itu perlu amunisi. Perlu energi. Dan energi ini bisa bermacam-macam. Salah satunya ya fee alias bayaran.

Yang jelas hidup ini tidak ada yang ideal. Selalu ada saja hal yang tidak diinginkan itu hadir. Sehingga menggerus semangat dan mematikan ide-ide yang ada dikepala. Bahkan, kesabaran ikut runtuh. Setiap harinya, yang ada selalu uring-uringan. Ingin marah, tapi entah kepada siapa. Dendam yang berkecambuk, sehingga tidur pun tidak nyenyak. Eleh, saya ini curhat apa ya? Ah tidak begitu penting untuk dilanjutkan.

Ngomongin hal lainnya saja. Bicara tentang santan kelapa siap pakai, Kara Sun. Eh sebenarnya saya itu bingung, yang benar itu Sun Kara atau Kara Sun? Kalau dilihat dari penulisan, seharusnya yang benar adalah Kara Sun, karena kata kara menduduki atau posisinya lebih tinggi. Tapi kenapa di masyarakat lebih terkenalnya dengan nama Sun Kara? Ah saya jadi bingung. Hayo, ada yang tahu mana yang benar?

Santan Kelapa Siap Pakai Kara Sun

Ah apa arti sebuah nama. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan nama Santan Kara. Lebih simple dan lebih mudah nyambung. Penjual juga lebih paham, apa yang diinginkan oleh pembeli. Santan Kara mungkin menjadi pelopor pertama Santan Kelapa dalam kemasan. Yang selanjutnya disusul oleh Santan Sasa. Wah, saya jadi promosi. Ini bukan artikel promosi ya? Tapi kalau nanti ada yang mau bayar, dengan  senang hati menerimanya.

Yang jelas, nama Santan Kara lebih tersohor. Walau kenyataan dilapangan, pembeli bilangnya Santan Kara, tapi jika dikasih Santan Sasa juga menerimanya. Mirip minuman dalam kemasan botol, mintanya Aqua eh dikasih merk lain tetap saja mau. Jarang ada yang menggungat. Itulah uniknya konsumen Indonesia, tidak mau komplain dan tidak mau ribet. Yang penting fungsi/kegunannya sama.

Santan Kelapa Siap Pakai Kara Sun

Hari Raya Idul Adha kebutuhan akan santan kelapa begitu meningkat. Harga kelapa yang naik, sehingga masyarakat memilih yang lebih praktis, yaitu santan kemasan. Nah, karena permintaan yang begitu besar akan santan kelapa. Kara Sun sempat mengalami kelangkaan. Stock di agen-agen kosong melompong. Kelangkaan akan Santan Kara, mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Santan Sasa, jadi laris.

Saya pun sempat menggali informasi tentang penyebab kelangkaan dari Santan Kara ini. Konon katanya disebabkan PT Pulau Sambu selaku produsen Kara Sun mengeluarkan produk baru, Minyak Sayur Kelapa (saya sendiri lupa nama merknya). Nah, inilah yang menyebabkan bahan baku Santan Kara jadi berkurang. Belum lagi, dengan adanya peraturan sopir harus menjalani tes kesehatan, bebas korona. Distribusi ikut tersendat. "Pabrik Santan Kara berada di Riau", tambah kata sales yang saya jumpai. Awalny saya kira, pabriknya ada di pulau Jawa. Oh iya, harga Santan Kara sampai ke konsumen sudah berkisar empat ribu rupiah.

Related Posts

7 komentar:

  1. Malaysia pun ada jenama Kara.
    Wah sampai habis permintaan santan ya

    BalasHapus
  2. Aceite y leche de coco son productos que en EspaƱa empezamos a usar desde hace poco tiempo. Un saludo

    BalasHapus
  3. Aku kalau beli nyebutnya beli kara, gitu kadang iya dikasihnya yg sasa. Tapi dari iklan yg pernah saya lihat di tv penyebutannya sun kara sih. :D
    wah.. Baru tahu kalau pabriknya ada di riau.

    BalasHapus
  4. Kok bisa begitu ya Mas. Padahal tempatku beberapa waktu yang lalu di warung warung juga masih banyak yang jual. Nggak tau sekarang ini.

    BalasHapus
  5. Kalau saya jujur jaraaaangggg banget pakai santan instan, nggak tahu kenapa, rasanya kok kurang segar aja :D
    Jadi biasanya saya milih nggak masak pakai santan aja kalau nggak ada kelapa.

    Btw, kalau sampai kelangkaan gitu, kasian juga ya mamak-mamak yang selalu bersahabat dengan Kara :D

    BalasHapus
  6. unik laa packaging dia... di sini pun ada Santan Kara... packagingnya warna putih-hijau. kalau cakap fasal stock, rasanya pada musim perayaan kelapa asli yang selalu kehabisan stock samapi terpaksa diimport. santan kotak seperti ini, selalu ada di pasaran...

    BalasHapus
  7. Tapi kayaknya iya juga bahwa Kara Sun ini beberapa waktu kebelakang sempat mengalami kekurangan ketersediaan stok. Soalnya saya menjualnya di tempat kerja. Saya baru tahu di sini bahwa penyebabnya adalah yang telah disebutkan di atas

    BalasHapus

 
Back To Top