Berbagai Cara Hemat Energi Hotel

Berbagai Cara Hemat Energi Hotel

Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang menjadi penyokong pariwisata di Indonesia. Banyak wisatawan baik dometik maupun mancanegara yang tidak segan-segan menghabiskan dana yang tidak sedikit guna menikmati fasilitas hotel yang bagus. Oleh sebab itu, banyak hotel yang saat ini berlomba-lomba meningkatkan fasilitasnya guna menarik para pelanggan.

Tidak bisa dipungkiri jika semakin meningkatnya fasilitas yang ditawarkan oleh hotel maka konsumsi listriknya akan semakin besar. Fasilitas penunjang biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pengoperasiannya. Sayangnya, konsumsi listrik industri perhotelan kadang kala tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah sebagai produsen listrik resmi di tanah air.

3 Langkah sederhana hemat energi hotel
Beberapa hotel di tanah air biasanya memiliki sumber listrik cadangan sebagai antisipasi terputusnya pasokan listrik seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu di ibu kota. Selain itu, pihak hotel memiliki peraturan sendiri yang kadang ditujukan untuk mengurangi konsumsi listrik yang digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa langkah penghematan yang dilakukan oleh pihak hotel.
  1. Melakukan audit listrik
  2. Audit konsumsi listrik merupakan hal yang sangat wajar. Beberapa perusahaan dan hotel besar sering menggunakan layanan ini guna menghimpun data penggunaan listrik yang lebih lengkap. Salah satu perusahaan penyedia layanan audit listrik yaitu Sewatama bahkan sudah berpengalman selama 22 tahun dibidang ini. Perusahaan ini telah bekerjasama dengan berbagai hotel besar untuk menghimpun data pemakaian listrik. Selain layanan audit, Sewatama juga kerap memberikan informasi tentang energi, solusi kelistrikan dan sebagainya. Semuanya bisa dilihat secara gratis melalui situs https://sewatama.com/id/alat-penghemat-energi-listrik/.

  3. Penggunaan peralatan hemat energi
  4. Tidak dapat dipungkiri jika konsumsi energi hotel yang besar turut disumbang oleh peralatan elektronik seperti lampu, pendingin ruangan, peralatan elektronik baik yang dimiliki oleh pihak hotel maupun milik pengunjung, serta peralatan dapaur. Untuk mengatasinya bisanya pihak hotel menggunakan peralatan yang hemat listrik agar konsumsi energinya bisa ditekan.

  5. Bermain-main dengan desain
  6. Cara ini banyak digunakan di hotel yang mengambil tema alami. Pemanfaatan cahaya matahari serta sirkulasi yang baik akan membuat ruangan bisa terang tanpa perlu menyalakan banyak lampu. Selain itu, dengan sirkulasi yang baik pengunjung tidak perlu sering-sering menggunakan pendingin udara.

Sebenarnya masih banyak cara yang dilakukan tapi yang utamanya adalah dengan audit penggunaan listrik. Perusahaan seperti Sewatama kerap memberikan layanan ini kepada industri-industri besar seperti properti, pabrik dan hotel. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi Sewatama depo location yang berada dibeberapa kota di tanah air.  Selain menyediakan audit, perusahaan ini juga kerap memberikan layanan seputar energi listrik. Soal kualitas juga tidak perlu diragukan lagi. Selama lebih dari 2 dekade perusahaan ini telah berhasil berkembang dan selalu memberikan pelayanan terbaik.

Related Posts

7 komentar:

  1. Apapun memang perlu jimatkan elektrik untuk kelestarian alam.

    BalasHapus
  2. Bner mas perlu audit dan terpenting masukan dr hsil audit tersebut supaya hematnya dapat.

    BalasHapus
  3. Selamat malam apa kabar? Saya orang Brasil, dari Rio de Janeiro dan sedang mencari pengikut baru untuk blog saya. Dan saya akan mengikuti Anda dengan senang hati. Teman-teman baru juga dipersilakan, tidak peduli jarak.

    https://viagenspelobrasilerio.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  4. harap semua pihak hotel ambil inisiatif tertentu demi kelestarian alam

    BalasHapus

 
Back To Top