Pahami Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda

Ketika berbicara tentang penyakit diabetes, satu hal yang selalu ada dalam pikiran kita yaitu usia tua. Maksudnya bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit ini hanya menyerang mereka yang berusia tua. Namun, saat ini semua sudah berubah dimana diabetes juga dialami siapa saja meski berusia muda. Lalu, apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda yang harus diwaspadai? 

Pahami Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda
Image: Medicalnewstoday.com
Seputar Penyakit Diabete
Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, jadi semua harus tetap waspada. Namun masih banyak yang berasumsi apabila diabetes hanya menyerang para orang tua. Dengan fakta tersebut akhirnya mereka yang berusia muda tidak mau menjaga gaya hidup sehat, sehingga akan berisiko lebih tinggi mengidap diabetes di usia muda. 

Seputar Penyakit Diabetes
Image: Beritagar.id
Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Fakta ini seharusnya menjadi salah satu bentuk peringatan keras supaya kita semua harus meminimalisir munculnya diabetes. Hal terbaik yang bisa dilakukan sejauh ini adalah dengan mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes supaya dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Makanan Penyebab Penyakit Diabetes 

Makanan Penyebab Penyakit Diabetes
Image: Se.starsinsider.com
Sebenarnya cara membuat kadar gula tetap seimbang itu cukup mudah. Caranya dengan menerapkan pola makan yang tepat dengan kombinasi karbohidrat, protein, lemak dan serat. Apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda? Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tidak sehat. Adapun beberapa makanan tersebut antara lain:
  1. Makanan Tinggi Karbohidrat
  2. Makanan penyebab diabetes di usia muda yang pertama adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat, seperti nasi putih, pasta, tepung terigu, roti dan juga kentang goreng.

  3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans
  4. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans bisa menjadi satu dari sekian banyak penyebab penyakit diabetes di usia muda. Makanan tersebut adalah daging olahan, daging merah, selai kacang, mentega, keju, susu tinggi lemak, krimer, junk food, kripik kentang dan kue.

  5. Buah Kering dan Buah Kalengan
  6. Pada umumnya buah yang dikeringkan memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa menyebabkan diabetes.

  7. Minuman Manis
  8. Minuman manis karena tambahan gula juga salah satu pemicu penyakit diabetes yang harus dihindari.
Mengetahui Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda 

Mengetahui Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda
Image: Parents.com
  Bagi masyarakat yang berusia muda, maka akan dianjurkan untuk mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda. Penyebab tersebut diantaranya:
  1. Faktor Keturunan
  2. Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes bersifat turun temurun. Maksudnya ketika ayah atau ibu menderita penyakit diabetes bukan berarti juga mengalami hal yang sama, tetapi memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit ini.

  3. Disfungsi Pankreas
  4. Penyebab penyakit diabetes selanjutnya adalah adanya disfungsi pankreas. Kejadian ini biasanya terjadi pada seseorang yang mengidap diabetes tipe 1. Kondisi ini membuat pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara optimal sesuai dengan yang diperlukan untuk memecah makanan serta merubahnya menjadi energi.

  5. Infeksi Virus
  6. Penyakit diabetes ternyata juga disebabkan adanya infeksi virus. Infeksi virus ini bisa menghancurkan dan juga merusak sel-sel dalam tubuh seseorang dengan usia muda. Kondisi tersebut bisa memicu respons autoimun yang berdampak buruk pada fungsi pankreas sehingga menyebabkan diabetes.

  7. Obesitas
  8. Usia muda maupun tua yang memiliki berat badan berlebih sangat berisiko mengidap penyakit diabetes. Dengan berat badan berlebih ini akan mencegah tubuh merespons insulin. Tak hanya diabetes, ternyata juga sangat rentan mengidap penyakit kronis lainnya seperti penyakit kardiovaskular.

  9. Pola Makan yang Buruk
  10. Penyebab penyakit diabetes di usia muda selanjutnya adalah karena sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Perlu dipahami jika seseorang memiliki pola makan yang sangat buruk tidak hanya berisiko mengidap penyakit diabetes saja tetapi juga masalah kesehatan lainnya, seperti hipertensi, jantung, dan obesitas.
Memahami apa saja penyebab penyakit diabetes menjadi hal penting yang harus dilakukan. Terutama bagi anak muda. Hal ini bertujuan untuk mencegah terserangnya diabetes dikemudian hari.

Nah, itulah informasi mengenai apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda yang harus diperhatikan. Ingin belajar lebih banyak tentang diabetes dan penyebabnya?  Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Referensi dan sumber artikel dari cekaja.com

Related Posts

16 komentar:

  1. wah dimulai dari kita sendiri sih om untuk mulai menjaga makanan kita

    BalasHapus
  2. ibuku kena diabetes di usia 60 thn an sih kak. cuman takut aja kena diabet juga secara ada turunan yaa

    sekarang jarang bgt udah beli minuman botolan yang manis. kalaupun mau bikin sendiri di rmh aja teh manis dikit.

    yang susah ngurangin cemilan dan kue2 nih hahaha

    BalasHapus
  3. Sekarang banyak bermunculan susu pencegah diabetes. Tapi juga harus jaga pola makan. Kalo gk ya percuma.

    BalasHapus
  4. Sesuai kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

    Bagi org miskin mungkin sudah ada pencegahan alami dari Tuhan, yaitu gak punya duit buat beli makanan macam2 😅

    Buat orang kaya mungkin bisa beli alat pendeteksi kadar gula darah, lalu di cek tiap hari. Kalau kadarnya tinggi ya jgn mkn macam2 dulu, pas kadarnya turun nah makan semuanya 😅

    BalasHapus
  5. wawwwwwwwwwww kerennnnnnnnnn

    BalasHapus
  6. Iya sih. Saya mulai ngurangin manis beberapa bulan terakhir. Lebih banyak minumnya air putih atau teh tanpa gula. Kan saya uda manis. Eh

    BalasHapus
  7. Sekarang sih nggak tua nggak muda kalau pola makannya nggak sehat ya rentan kena diabetes

    BalasHapus
  8. Makin ke sini sepertinya pola makan semakin gak karuan, makanya banyak yang terkena penyakit kronis di usia muda.. Kalo saya suka banget konsumsi nomor 1 dan 2

    BalasHapus
  9. Bibir pecah2 juga katanya indikator diabetes juga. Hmm, sy sering alami begitu, apa benar ya ... Tp menyadari kebiasaan, kalau makan dengan lauk enak, lauk misalnya bebek goreng /2 potong aja, bisa habiskan nasi 1 magiccom 3-4 peres beras.

    BalasHapus
  10. Sekarang usia muda pun sudah bisa terkena diabetes, akibatnya karena pola hidup yang kurang sehat ya pastinya. Oh ya, saya baru tau kalau diabetes juga disebabkan oleh faktor keturunan 😨

    BalasHapus
  11. di sini tahun lepas viral cerita tentang budak berusia 12 tahun menghidap diabetes akibat suka minum air dari vending machine selepas pulang dari sekolah. kasihan sungguh sebab muda2 lagi sudah dicucuk dengan insulin setiap hari....

    BalasHapus
  12. makasih tipsnya mas,..selama ini pola makan saya buruk banget.. gjelas.. udah gitu gapernah makan pagi lagi. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keseringan didepan laptop ya mas hihihii

      Hapus
  13. Dan mager alias malas gerak karena keseringan didepan laptop bisa bikin diabet juga kang, apalagi sambil ngemil hihihii

    BalasHapus
  14. Waduh saya doyan minum teh pucuk..

    BalasHapus
  15. Kesehatan pankreas sering diabaikan dan belum banyak yang tahu soal ini.
    Sekarang jajanan anak muda tinggi karbo dan gula semua udah gitu ditambah kopi boba pula

    BalasHapus

 
Back To Top