Tak Perlu Risau, Ini 10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Ilmu Politik 2020

Jika mendengar jurusan ilmu politik, pasti akan ada banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana prospek kerja dan pilihan pekerjaan apa saja yang bisa dipilih oleh para lulusannya. Pandangan ini disebabkan stigma masyarakat yang menganggap bahwa lulusan ilmu politik pasti hanya terbatas pada jabatan-jabatan yang terkait pemerintahan saja. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi para alumni ilmu politik. 

Tak Perlu Risau, Ini 10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Ilmu Politik 2020
Image: Intel4patriam.com
10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Ilmu Politik 2020
  1. Pegawai Pemerintahan

  2. Pegawai Pemerintahan
    Image: Lazard.com
    10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 yang pertama adalah menjadi seorang pegawai pemerintahan, pemerintahan daerah maupun pusat. Hal ini karena setiap instansi pemerintah pasti membutuhkan ahli politik untuk menganalisis dan menjadi pengamat keberlangsungan sistem dalam instansi tersebut. Apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak.

  3. Peneliti
  4. Saat ini peluang untuk menjadi peneliti yang fokus pada bidang politik sangat terbuka lebar. Hal ini terjadi karena peneliti belum begitu terekspos secara mendalam. Padahal peranan peneliti dalam dunia politik sangat diperlukan oleh beberapa pihak. Seperti partai politik, calon anggota legislatif, calon pemimpin daerah dan media massa. Peluang ini kemudian sangat cocok dimanfaatkan oleh lulusan jurusan ilmu politik.

  5. Jurnalis Politik
  6. Beberapa tahun terakhir banyak media yang memberitakan isu-isu politik sebagai topik pembahasan yang utama. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya permasalahan dalam dunia politik sehingga akan menyajikan berita yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Maka dari itu, sangat dibutuhkan seorang jurnalis politik yang paham tentang isu politik yang sedang hangat diperbincangkan.

  7. Dosen

  8. Dosen
    Image: Echo360.com
    Satu di antara 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 adalah menjadi dosen. Meski selama ini lulusan ilmu politik sangat identik lulusannya menjadi politikus tetapi ternyata juga bisa menjadi seorang dosen. Namun untuk menjadi seorang dosen diharuskan terlebih dahulu untuk kuliah S2 dengan jurusan yang sama.

  9. Hubungan Masyarakat
  10. Lulusan ilmu politik juga memiliki prospek dan peluang kerja dalam hubungan masyarakat atau public relations. Adapun tugas dari hubungan masyarakat adalah mengelola penyebaran informasi dari perusahaan ke masyarakat luas. Pada intinya tugas hubungan masyarakat adalah menyampaikan informasi pada media untuk membentuk suatu opini publik tentang klien.

  11. Entrepreneur(Pengusaha)
  12. Tidak banyak yang tahu jika 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 salah satunya adalah menjadi entrepreneur atau pengusaha. Ketika masih kuliah seorang mahasiswa jurusan ilmu politik akan mendapatkan materi tentang filsafat, pemerintahan, politik, kewarganegaraan, manajemen SDM dan sebagainya. Ilmu yang diperoleh dari semua materi tersebut bisa dijadikan bekal untuk membuka suatu bisnis.

  13. Tenaga Ahli Hak Asasi Manusia (HAM)
  14. Ternyata lulusan ilmu politik juga bisa menjadi tenaga ahli hak asasi manusia (HAM). Adapun tugas dari tenaga ahli Hak Asasi Manusia adalah berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi yang ada kaitannya dengan bidang politik kepada masyarakat. Selain itu juga bisa terlibat dalam penyelesaian permasalahan hak asasi manusia yang ada hubungannya dengan kegiatan politik.

  15. Politisi
  16. Sudah bukan rahasia lagi jika lulusan ilmu politik sangat identik dengan politisi. Politisi itu sendiri merupakan seseorang yang  terlibat langsung dalam dunia politik atau figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan. Seorang politisi diharuskan untuk bisa merumuskan kebijakan-kebijakan strategis, membuat undang-undang untuk menciptakan keadilan sosial dan keteraturan hidup bermasyarakat. Jadi bisa dipastikan profesi ini sangat cocok untuk lulusan ilmu politik.

  17. Governance Relation Officer

  18. Governance Relation Officer
    Image: Duhoctoancau.com
    Governance relation officer adalah suatu pekerjaan yang menangani masalah hubungan antara perusahaan dengan pemerintah dan juga lembaga legislatif. Dalam hal ini kemudian membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang ini. Memiliki profesi ini juga diharuskan untuk kemampuan komunikasi yang cukup baik sehingga bisa melakukan negosiasi dan pendekatan.

  19. Analis Politik
  20. 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 adalah menjadi analis politik. adapun tugas dari seorang analis politik adalah mengamati dan menganalisis isu-isu politik yang menyebar di masyarakat. Untuk menjadi seorang analis politik tentunya harus memiliki wawasan yang luas tentang dunia politik.
Itulah informasi mengenai 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu politik? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Referensi dan sumber artikel dari cekaja.com

Related Posts

4 komentar:

  1. Selain 10 prospek itu, ada juga pekerjaan lain untuk yang bisa ilmu politik yaitu jadi buzzer ya kang.😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya bener ya, buzzer politik hahahaha.
      Ya ampun bisa aja, buzzer politik biasanya kan tanpa background politik juga bisa ya :D

      Hapus
    2. Cita2 saya nih.. wkwkwk

      Hapus

 
Back To Top