Tipe dari Roller Bearing

Tipe dari Roller Bearing

Roller adalah salah satu Jenis bearing atau bantalan yang cukup banyak digunakan dalam berbagai barang, salah satu contohnya adalah conveyor belt. Jenis ini menggunakan silinder untuk mempertahankan posisi pemisah antara bagian yang bergerak dari bantalan. Secara umum bantalan ini menggunakan rol sebagai tumpuannya dan memiliki garis kontak antara rol dan rel. 

Bentuknya yang silinder membuat kontak antara inner surface dan outer surface menjadi lebih banyak. Tujuan adanya roller bearing adalah mengurangi gesekan rotasi dan mendukung beban radial dan aksial. Beban radial yang dapat ditopang dapat lebih berat dari ball bearing dan beban aksialnya terbatas. Kecepatan yang dapat dilakukan oleh bantalan jenis ini adalah sedang hinga tinggi.

Terdapat tipe-tipe roller bearing sebagai berikut:
  1. Tapered Roller Bearing
  2. Tipe ini terdiri atas empat komponen yang menjadi dasar model, yaitu kerucut atau cincin bagian dalam, cangkir atau cincin bagian luar, rol tirus dan sangkar. Jenis bearing yang satu ini biasanya terbuat dari baja karbon yang tinggi karena kinerjanya. Menggunakan tipe ini dapat memperoleh keuntungan seperti stabilitas dimensi dan tahan lama bahkan dalam pelumas yang terkontaminasi. Tipe ini digunakan dengan kecepatan sedang dan dapat diaplikasikan pada pertanian, konstuksi dan peralatan tambang.

  3. Cylindrical Roller Bearing
  4. Tipe ini memiliki area kontak yang lebih besar dengan cincin luas dan mendistribusikan beban di permukaan yang lebih luas. Beban radial yang dapat ditopang cukup tinggi dan cocok untuk kecepatan tinggi. Beberapa dari jenis bearing ini dapat bergeral relatif secara aksial satu dengan yang lain karena tidak memiliki tulang rusuk pada cincin bagian dalam maupun luar. Tipe ini diproduksi dengan cincin jepret pada cincin luar yang dapat menyederhanakan sambungan bantalan.

  5. Precision Needle Roller Bearing
  6. Tipe ini pada dasarnya mirip dengan model cylindrical roller bearing. Bagian yang membedakannya adalah rol silindernya mempunyai panjang tiga sampai sepuluh kali diameternya. Dengan begitu, tipe ini dapat memiliki kapasitas beban radial yang agak tinggi. Precision needle roller bearing memiliki banyak seri di antaranya adalah seri NCS yang memiliki raceway ground yang presisi, seri NK yang memiliki dimensi metrik, dan seri NAO yang memiliki dimensi metrik tanpa tulang rusuk.

  7. Spherical Roller Bearing
  8. Tipe ini dirancang untuk bekerja di mana terdapat ketidaksejajaran yang parah dari pemasangan dan dengan beban radial yang relatif berat serta beberapa beban aksial di kedua arah. Jenis bearing yang satu ini diciptakan untuk menjadi lebih kuat dengan beban yang lebih berat tetapi dengan kecepatan maksimum yang rendah. Bantalan tipe ini diproduksi dengan lubang lurus, namun ada pula dengan lubang runcing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Itulah tipe-tipe dari roller bearing yang mungkin akan memudahkanmu dalam memilih bearing sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan produk roller bearing terbaik anda mencoba Logam Makmur sebagai salah satu distributor bearing terbaik di Indonesia.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top