Bagaimana Buat Website Tapi Tidak Tahu Caranya?

SiteBeat

Di jaman serba online ini, kebutuhan akan website semakin hari semakin meningkat. Terutama bagi kamu yang punya bisnis dan mau membuat website. Sayangnya gak semua orang tahu cara membuat website. Tapi jangan khawatir, di jaman now, gak ada yang gak mungkin. Bahkan untuk kamu yang gak punya ilmu IT sama sekali kamu bisa buat website dengan mudah. Gak percaya? Yuk simak ulasan berikut ya.
  1. Tentukan tujuan membuat website
  2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan pembuatan website. Hal ini adalah hal yang paling mendasar sebab dari tujuan inilah kamu bisa mengetahui karakteristik website apa yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

    Apakah website itu untuk toko online, forum, galeri produk, sistem admin dan lain sebagainya. Sebaiknya jangan gunakan satu website untuk semua tujuan ya karena websitemu nantinya bakal jadi tidak terarah alias rancu.

  3. Kenali Website yang mau kamu buat
  4. Sejalan dengan langkah sebelumnya, kamu juga perlu mengenali website yang akan kamu buat. Apakah akan dijalankan secara pribadi ataukah secara korporat. Untuk skala pribadi sebaiknya kamu tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk buat website kamu ya.

    Sedangkan untuk korporat atau bisnis, sebaiknya gunakan website yang benar-benar profesional. Siapkan budget yang memadai untuk website bisnis karena ini akan menjadi aset yang berharga untuk perusahaan kamu.

  5. Tentukan karakteristik website
  6. Hindari buat website yang gak jelas karakteristiknya. Pastikan kamu membuat konsep yang baik terlebih dahulu sebelum akhirnya membangun website kamu. Terutama jika website ini akan digunakan untuk bisnis, harus perjelas karakteristiknya.

    Karakteristik itu meliputi, tone warna yang digunakan. Jangan sampai pengunjung yang membuka websitemu menjadi “sakit mata” dan buru-buru close. Selain itu pastikan pula menu-menu yang ditampilkan memberikan user experience yang baik untuk pengunjung.

  7. Tentukan target pengunjung
  8. Selanjutnya adalah tentukan target pengunjung. Biasanya untuk keperluan bisnis, kamu tentu punya target pasar. Nah, pastikan website yang kamu buat sesuai dengan target pasar yang kamu incar. Biasanya target pengunjung mencakup beberapa faktor seperti gender, usia, status ekonomi, insterest dan lain sebagainya. Usahakan websitemu sesuai dengan tipe pengunjung yang menjadi target kamu ya.

  9. Bekerja sama dengan jasa pembuat website
  10. Nah, langkah terakhir yang paling penting adalah bekerja sama dengan jasa pembuat website. Seperti yang dijelaskan di awal tadi, tidak semua orang punya ilmu yang memadai untuk membuat website. Jika kamu punya bisnis yang ingin untuk buat website, sebaiknya kamu tidak mengambil resiko untuk membuat websitemu sendiri.

    Bekerja sama dengan provider profesional akan lebih baik demi kemajuan bisnismu menjadi lebih baik. Jasa pembuat website yang bisa kamu ajak untuk bekerja sama adalah Sitebeat. Karena tim dari Sitebeat sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai pembuatan website.

  11. Fokus jualan dan promosi
  12. Jika kamu tidak punya ilmu dan skill yang bisa diandalkan untuk buat website, sebaiknya kamu tidak menghabiskan waktumu untuk membuat website sendiri ya. Lebih baik kamu fokus pada pengembangan bisnismu atau pada hal-hal yang lebih sesuai dengan keahlian kamu.

    Agar waktumu tidak habis hanya untuk membangun website sendiri, kamu lebih baik menyerahkan urusan pembuatan website pada mereka yang sudah ahlinya, contohnya tim Sitebeat yang terdiri dari orang-orang yang profesional.

    Tentunya ada banyak hal yang tak kalah penting untuk kamu tangani seperti jualan dan promosi produk. Dengan menyerahkan urusan pembuatan website pada ahlinya, kamu bisa lebih fokus pada hal lain agar bisnismu berkembang dengan lebih cepat.
Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan buat kamu yang ingin buat website tapi tidak punya skill yang memadai untuk menjalankannya sendiri. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts

9 komentar:

  1. untuk yang awam sih baiknya kerja sama sama jasa pembuat web ya Kang ahhaha khawatir malah ntar sakit kepala berkepanjangan

    BalasHapus
  2. Saya dulu niatnya buat blog buat nulis alakadarnya, cerita sehari-hari.

    Pas kemarin kesampaian beli kamera, akhirnya dipindah ke foodblog dikit, tetap ada selingan cerita sehari-hari ehe :D

    BalasHapus
  3. Sama dengan Febri. Website dulu niatnya buat tempat menulis saja, kesini sininya Alhamdulillah yaa... :D

    BalasHapus
  4. mantap mastah tips nya terimakasih

    BalasHapus
  5. Tujuan membuat website memang harus jelas.... kalau tujuannya saja sudah nggak jelas ya susah bikinnya juga

    BalasHapus
  6. Judulnya "inviting" banget.
    Bikin website biasanya saya serahkan suami.
    kalau blog baru otak-atik sendiri.

    BalasHapus
  7. Om ada rekomendasi template bagus untuk blog saya ngak. Saya maunya yang kalau dibuka via smartphone tulisannya agak besar. Kayak wordpress2 gitu lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal huruf besar, tambahkan atau edit kode,di @mediascreen.

      Hapus
  8. saya kemarin bikin website pakai jasa tapi saya nggak puas om, liat web saya aja empet.

    BalasHapus

 
Back To Top