4 Cara Supaya Kamu Bisa Disiplin dengan Budget Pernikahan

Pesta Pernikahan

Budget pernikahan sudah ditentukan, tetapi kamu masih belum berhasil mendapatkan dana sesuai target karena tidak disiplin menabung? Tenang, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan pernikahan impianmu.
  1. Susun Konsep dan Tentukan Anggaran Total
  2. Tentukan konsep pernikahan sesuai dengan anggaran yang menurut kamu mampu. Akan tetapi jangan terpatok pada dana yang sudah ada. Untuk pernikahan sederhana, sebaiknya lakukan pengaturan yang tepat agar tidak membengkak. Diskusikan dengan pasangan, calon mertua, dan keluarga untuk menyelenggarakan pesta seperti apa yang diinginkan kedua belah pihak.

  3. Menabung Sejak Awal
  4. Jangan tunggu waktu sudah mepet baru akan mengumpulkan uang, karena akibatnya hanya akan membebani kamu dan pasangan secara mental dan finansial.

    Buatlah tabungan khusus setidaknya setahun sebelum penyelenggaraan pernikahan. Buat tabungan khusus untuk keperluan pernikahan nantinya. Setelah membuka tabungan, kamu juga harus disiplin mengisinya. mengalokasikan tabungan dari gaji, kamu juga perlu menekan pengeluaran dengan berbagai cara.

  5. Pilih Vendor Sesuai Bujet
  6. Memilih vendor untuk pernikahan kamu juga penting, agar tidak melebihi bujet, pilihlah dengan cermat. Jangan tergiur oleh pernikahan mewah para selebriti yang menelan banyak biaya. Tidak harus mengeluarkan banyak uang, kamu pun bisa menggelar pernikahan yang berkesan jika dapat menentukan vendor yang tepat.

    Pilihlah vendor yang sesuai dengan konsep resepsi, bukan hanya karena terkenal ataupun menawarkan berbagai promosi. Tentukan juga vendor berdasarkan anggaran yang sudah kamu buat sebelumnya supaya anggaran untuk pos lain tidak tersedot.

  7. Hindari Pembengkakan Bujet
  8. Menyusun bujet pernikahan, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan pembengkakan. Misalnya tamu tambahan di luar kapasitas, dekorasi mahal, pakaian lebih dari yang seharusnya, serta souvenir dan katering yang berlebih.

    Sesudah menentukan anggaran, kamu juga perlu menyediakan dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Namun, penggunaanya pastikan seketat mungkin, jangan karena keinginan, kamu menggunakannya.

    Jika tidak digunakan, dana ini pun nantinya sangat bermanfaat untuk kehidupan setelah pernikahanmu. Sesudah perencanaan dilakukan, pastikan kamu fokus pada rencana yang telah dibuat agar tidak membebani jelang pelaksanaan pernikahan.
Setelah itu, pastikan kamu disiplin menabung, dan tidak menggunakan dana yang sudah ada dalam budget pernikahan untuk kepentingan lain di luar urusan persiapan nikah.

Yang perlu diingat dalam merencanakan resepsi pernikahan adalah bahwa pernikahan tidak hanya pesta saja. Kebutuhan setelah pernikahan akan lebih banyak nantinya. Mewahnya pesta pernikahan tidak menjamin kehidupan nantinya berjalan mulus. Sebaliknya, selenggarakan pernikahan dengan sederhana, cermat, tetapi tetap berkesan.

Di samping menabung, kamu juga perlu menjaga simpanan sesuai budget pernikahan dengan berinvestasi dengan instrumen yang sesuai dengan prinsip syariah dan aman. Seperti instrumen yang ditawarkan oleh qazwa.id yang sudah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Related Posts

11 komentar:

  1. Saya sedang lakukan saran nomor 2 mas. Nabung bersama wkwkwk

    BalasHapus
  2. Nabung dulu untuk ngadain pestanya,lebih baik daripada ngada2in uang untuk pesta

    BalasHapus
  3. Düğünler oldukça masraflı buna nisan, kına ve başka masraflar da girince ciddi bir bütçe ayırmak gerekiyor ...

    BalasHapus
  4. Saya juga lagi nabung agar bisa menikah tapi sayang belum ada calonnya hehehe

    BalasHapus
  5. wah panutan untuk saya yg blm nikah hehe, mksih mas sngt bermanfaat

    BalasHapus
  6. Sering blogger pakarnya pakar, ahlinya ahli dalam teori, faktanya admin paham gila soal komit dengan budget pernikahan, padahal admin belum menikah, malah masih jomblotragis.

    BalasHapus
  7. saya pernah baca satu article, katanya, once kamu berniat untuk bercinta dengannya, maka saat itulah kamu sudah mula menabung untuk perkahwinan. kalau dia bukan jodohmu, gunakan saja duit itu untuk membeli motorbike hahahaha

    BalasHapus
  8. Budget mas Djangkaru untuk menikah sudah ok belum? Masih menabung kah? He he he

    BalasHapus
  9. Ya memang sekarang ini banyak yang tidak memikirkan perencanaan saat mau mengadakan pesta pernikahan, sehingga pas acara malah nombok dan akhirnya selesai acara yang harusnya bahagia malah jadinya kepikiran ini itu

    BalasHapus
  10. Ngomongin soal biaya nikah. Jadi ngingetin aku dulu waktu nikahan aku hihihi. Dulu biaya nikah dikasih semuanya dari suami dan kami memang nggak ada resepsi juga. Cuma akad aja dan keluarga aja. Eh ternyata banyak temen-temennya kantor suami pada dateng. Allhamdulillahnya makanannya cukup. Menurut aku ya deg-degan biaya nikah itu pas biaya makannya itu lho. Harus bener-bener dihitung

    BalasHapus

 
Back To Top