Perumahan BTN Minasa Upa, Pilihan Hunian 200 Jutaan di Kota Metropolitan

Perumahan BTN Minasa Upa - makassar

Perumahan BTN Minasa Upa adalah komplek hunian yang ada di Makassar, dan beralamat di Jl. Minasa Upa Raya, Kec. Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, jangan salah! Nama perumahan ini memang sama dengan nama sebuah desa di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros yang dikenal lewat tempat wisata seperti Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang dikenal juga dengan sebutan The Kingdom of Butterfly dimana terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu.

Selain itu juga ada Kampoeng Karst Rammang Rammang yang memiliki spot menarik seperti taman hutan batu kapur, Telaga Bidadari, Gua Telapak Tangan, Sungai Pute dan masih banyak lagi. Kabupaten Maros juga dikenal karena menjadi lokasi dimana Bandara Internasional Sultan Hasanuddin berada, serta berjarak sekitar 24km saja dari Perumahan BTN Minasa Upa. 

Perumahan ini berlokasi di Kota Makassar, sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin tinggal di salah satu kota metropolitan di Indonesia ini. Bahkan tak main-main, Makassar adalah kota metropolitan terbesar di Indonesia bagian timur dan menjadi salah satu pusat pertumbuhan utama selain Jakarta, Medan dan Surabaya. Jadi tak heran jika di sini sudah banyak sekali infrastruktur yang memadai. 

Selain transportasi udara, juga ada transportasi laut dengan sejumlah pelabuhan yang salah satunya ada Pelabuhan Soekarno Hatta. Tidak hanya untuk penumpang, pelabuhan ini juga memiliki layanan lainnya berupa layanan kapal dan layanan barang. 

Akse Makassar dilengkapi pula dengan keberadaan jalan tol yakni Tol Lingkar Makassar yang dikenal pula dengan Tol Reformasi. Memiliki panjang lebih dari 11km, tol ini merupakan penghubung Kota Makassar, Panakkukang, Pelabuhan Soekarno Hatta hingga Bandara Hasanuddin. Kalau transportasi di dalam kotanya sendiri tersedia Bus Trans Makassar dan angkutan kota (angkot) yang melayani ke segela rute. Dan diperkuat pula dengan rencana pengadaan transportasi lain berupa LRT dan kereta api.

Seperti umumnya daerah di Indonesia bagian timur, Makassar juga punya banyak destinasi wisata alam maupun wisata lainnya. Misalnya saja sejumlah pantai seperti Pantai Losari dan Pantai Barombong, lalu wisata sejarah, berupa sejumlah benteng peninggalan dari Kesultanan Gowa. Bisa pula wisata budaya seperti menyaksikan Mappadendang, yakni pesta setelah panen di Suku Bugis yang antara lain menampilkan tarian dengan diiringi musik.

Perumahan BTN Minasa Upa

Nah, jika Anda tertarik memiliki hunian di kota metropolitan ini, pilihan murahnya ada di Perumahan BTN Minasa Upa. Contoh rumah dijual di sini, bisa Anda lihat di www.99.co/id.

Misalnya saja ada unit rumah dengan luas 50m2 dan luas tanah 78m2 dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi yang dijual senilai Rp 290 juta saja dalam kondisi semi furnished.

Ada pula rumah seluas 84m2 di atas lahan 105m2 dengan 2 kamar tidur yang dijual dengan harga Rp 450 juta, lengkap dengan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Ingin pilihan lebih besar lagi bisa coba rumah 2 lantai, dengan luas 168m2 di atas lahan 112m2 dan memiliki 4 kamar tidur, 2 kamar mandi serta garasi yang ditawarkan seharga Rp 600 juta.

Berlokasi di Sulawesi Selatan, Ini Kelebihan Perumahan BTN Minasa Upa
Lalu kalau dilihat secara umum, apa saja sih kelebihan tinggal di Sulawesi Selatan? Kawasan ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Selat Makassar, Teluk Bone dan Laut Flores.

Di sini menjadi domisili banyak sekali suku bangsa, mulai dari Bugis, Makassar, Mandar, Toraja, Kajang, Endekan dan masih banyak lagi, sehingga bahasa yang digunakan juga beragam sesuai dengan sukunya. Selain bahasa, keberagaman suku ini juga melahirkan banyak adat dan kebiasaan. Salah satu yang cukup populer adalah Mappalili yang merupakan ritual turun-temurun, yang artinya menjaga tanaman padi dari sesuatu yang akan mengganggu atau mengurangi produksi.

Kuliner khasnya pun tak kalah beraga, bahkan ada yang sudah populer ke seluruh Indonesia. Mulai dari coto Makassar, pijang ijo, supkonro dan roti Maros yang merupakan penganan khas dari Kabupaten yang sempat dibahas di awal.

Fasiltas sosial di Sulawesi Selatan juga terbilang lengkap. Mulai dari pusat kesehatan dimana ada RS Awal Bros Makassar dan RS Dr. Wahidin Sudirohusodo. Sementara pusat pendidikannya ada perguruan tinggi yang jadi unggulan di Indonesia yakni Univesitas Hasanuddin. Lalu ada pula Politeknik Negeri Makassar dan Universitas Negeri Makassar.

Untuk pusat perbelanjaan berupa mal, kebanyakan berada di Kota Makassar seperti Trans Studio Mall Makassar dan Makassar Town Square yang berjarak 10km dari Perumahan BTN Minasa Upa, Mal Ratu Indah sejauh 8km dan Mal Panakkukang yang hanya berjarak 5km. Menarik sekali bukan tinggal di Makassar, khususnya di Perumahan BTN Minasa Upa? 

Perumahan BTN Minasa Upa - makassar

Apalagi kalau dilihat dari segi potensi, Sulawesi Selatan dinilai menjadi kawasan yang tidak terkena dampak krisis dunia sehingga prospek propertinya lebih bagus.

Pemerintah setempat pun berkomitmen untuk terus berupaya mempercepat pembangunan, khususnya perumahan. Hingga kini potensi dan daya tarik Makassar telah menarik sejumlah pengembang besar yang kemudian membangun proyek mereka di sini seperti Ciputra Group dengan Citraland City Makassar yang berjarak kurang dari 10km dari Perumahan BTN Minasa Upa.

Ini merupakan proyek superblok dengan konsep "Oceanside Modern Living" dan berada di depan Pantai Losari. Ditargetkan akan menjadi kawasan CBD dimana hunian, pusat bisnis dan hiburan jadi satu dalam satu kompleks dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Di sini juga akan dikembangkan Ciputra World Makassar yang dilengkapi mal, gedung perkantoran, hotel dan apartemen. Lalu ada Summarecon Agung dengan Mutiara Makassar (Summarecon Mutiara) yang dikembangkan di atas lahan seluas 400 hektar. Mengusung konsep Aeroport City, dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan berlokasi di antara Bandara Hasanuddin dan Makassar New Port. 

Di sini terdapat beberapa pilihan hunian yakni Neo Jade Residence dengan 7 tipe rumah, Jade Residence yang memiliki 6 tipe rumah dan Beryl dengan 8 tipe rumah. Selain hunian, Mutiara Makassar juga memiliki area bisnis yang akan jadi pusat perdagangan modern terbaru di Kota Makassar.

Jadi sudah bisa dibayangkan bukan, betapa menariknya Makassar sebagai lokasi properti? Setidaknya nama pengembang besar di atas sudah membuktikan potensi kawasan ini. Membeli hunian di Perumahan BTN Minasa Upa bisa jadi salah satu langkah pintar dalam mencari hunian sekaligus untuk investasi.

Perumahn BTN Minasa Upa - investasi

Selain lokasinya yang menarik karena berada di kota besar dengan fasilitas lengkap dan kemudahan akses, harga unit di sini, seperti yang digambarkan di atas, terbilang murah yakni mulai dari Rp 290 juta saja. Artinya jika Anda membeli rumah di sini, ada kemungkinan untuk naik berkali lipat di masa mendatang.

Apalagi di sekitar perumahan sudah dilengkapi dengan fasilitas sosial dan infrastruktur memadai, serta ada kemungkinan untuk terus mengalami perkembangan ke depannya. Terlebih lagi, pertumbuhan bisnis properti di Sulawesi Selatan pada umumnya hampir mencapai 20% per tahun. 

Bahkan menurut sebuah survei di tahun lalu, kenaikan properti di Sulawesi Selatan dalam satu dekade terakhir mencapai lebih dari 124%, dimana salah satu penyebabnya adalah masuknya para pengembang besar seperti yang diuraikan di atas.

Dengan membeli properti untuk investasi, Anda bisa mendapatkan kelebihan-kelebihan seperti nilai yang terus naik setiap tahunnya. Lagipula, sambil menunggu waktu yang tepat untuk dijual, properti ini bisa ditempati sendiri atau mungkin disewakan. 

Sebagai gambaran harga sewa di Perumahan BTN Minasa Upa, ada yang menawarkan rumah dengan tarif Rp 30 juta per tahun. Menariknya, jika nilai jual beli properti cenderung naik, tak terkecuali dengan tarif sewa. Jadi kalau Anda menyewakan rumah, maka Anda bisa menikmati tarif yang cenderung naik setiap tahun.

Tapi harus diingat, kalau ingin menyewakan properti, harus sesuai dengan pasaran ya. Kalau pun ingin menetapkan tarif di atas pasaran, pastikan properti Anda memiliki kelebihan dibanding yang lainnya, berupa fasilitas dan sebagainya. Jadi, sudah siap membeli hunian di Perumahan BTN Minasa Upa?

Semoga bermanfaat!

Related Posts

7 komentar:

  1. Duh kirain di Jabodetabek mas hehe

    BalasHapus
  2. Wah menarik sekali.. Sayangnya jauh di Makassar...hehe

    BalasHapus
  3. Investasi properti memang sangat menguntungkan ya, Bang.

    BalasHapus
  4. Rumah BTN tapi bagus ya mungkin bukan tipe subsidi

    BalasHapus
  5. BTN Minasa Upa ini lokasi sekolah SMP saya, Mas. Sudah ada sejak tahun 1988.sekarang memang sudah sangat ramai dan akses menuju ke sana, bisa dari berbagai arah.

    BalasHapus
  6. Menarik sih, tapi jauh banget mas.

    BalasHapus
  7. wah ini kota saya di bahas nih mas minasa upa itu udah bagus banget sekarang ya

    BalasHapus

 
Back To Top