Jangan Sembarangan Mencuci Baju Bayi, ini Aturan Mencuci Pakaian Bayi


Cara mencuci yang benar berpengaruh terhadap kebersihan dan kesehatan bayi. Nah sangat penting untuk menggunakan deterjen untuk baju bayi agar hasil cucian bersih dan aman bagi si kecil.

Saat ini banyak orang yang mengira kalau mencuci baju bayi ini sama aja dengan mencuci baju orang dewasa. Padahal sebagai ibu, anda tidak boleh sembarangan dalam mencuci pakaian bayi.

Mengapa demikian? Mengingat bayi memiliki kulit yang lebih sensitif, sehingga kalau sembarangan maka dapat menyebabkan iritasi.

Nah, bagaimana cara mencuci pakaian bayi yang benar dan aman? Tidak perlu menunggu lama silahkan simak penjelasan mengenai aturan mencuci baju bayi berikut ini :
  1. Mencuci baju baru sebelum digunakan
  2. Mengingat bayi memiliki kulit yang sensitif maka anda sebagai orang tua harus menjaganya agar kulitnya tidak gatal-gatal atau iritasi. Apalagi ketika anda baru saja membelikannya baju baru.

    Maka dari itu silahkan mencuci dengan deterjen pakaian bayi yang memiliki formula halus dan lembut. Walaupun baju baru bisanya selalu terbungkus dengan plastik yang rapi, namun tidak menjamin kalau baju tersebut sudah bebas dari debu, kuman dan zat kimia lainnya. Kita tidak mengetahui proses pembuatan selama produksi dan proses distribusinya.

  3. Memilih deterjen untuk baju bayi
  4. Apabila bayi anda memiliki kulit yang sensitif, maka anda harus menggunakan deterjen khusus untuk bayi yang memiliki formula yang halus dan aman untuk kulit sensitif. Caranya pilihlah deterjen yang tidak mengandung pewangi, pemutih, dan pelembut pakaian. Deterjen yang mengandung zat kimia berlebihan mampu membuat kulit bayi anda rentang terkena alergi dan iritasi.

  5. Mencuci baju sesuai dengan bahannya
  6. Kita ketahui bersama kalau jenis bahan baju itu tidak bisa dicuci dengan cara yang sama. Ada beberapa pakaian yang terbuat dari bahan sutra atau wol yang tidak cocok dicuci dengan mesin cuci. Sehingga mengharuskan anda mencucinya dengan manual atau dengan tangan. Agar tidak keliru sebelum mencucinya maka anda harus melihat dan memeriksa label bajunya.
Demikian aturan mengenai mencuci pakaian bayi menggunakan teknik manual dan menggunakan deterjen pakaian bayi. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mencuci pakaian bayi yang benar.

Related Posts

10 komentar:

  1. ─░nteresting post ... Thanks for your sharing ...

    BalasHapus
  2. Ternyata gak sembarang jg ya nyucinya, harus diperhatikan jg deterjennya.

    BalasHapus
  3. stok dirumah selalu ada yang ini, lagi pny baby hehe

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai sleek
    cuci botol dan dot jg pakai ini,, wanginya dan anti bakterinya emang nomor wahid

    BalasHapus
  5. Iya mas, nyuci baju bayi ga bisa sembarangan, kulitnya sensitif

    BalasHapus
  6. Duuhh bapak yang baik nih, bahan cuci baju anak hahaha.
    Jadi ingat saya abis lahiran sesar kemaren, udah jongkok kucek2 baju bayi, saking nggak mau dicuci ama suami dan biasanya dia campur semuanya ama pakaian lainnya hahaha.

    Detergennya juga wajib pakai produk bayi, apalagi bagi yang kulit bayinya sensitif kayak kulit bayi anak-anak saya.
    Kena debu dikit merah-merah gajelas huhuhu

    BalasHapus
  7. Begitulah tugas seorang ibu. Hal sekecil apapun harus detail dan pantang kerja lelet, hihi..

    BalasHapus
  8. Memang ya untuk urusan bayi gak boleh sembarangan. Cuci baju jelas harus dipisah antara baju anak dan dewasa, belum lagi bahan pencuci yang digunakan.

    BalasHapus
  9. antibody bayi belum cukup kuat. dibimbangi kuman dan kotoran pada pakaian dewasa akan terlekat pada baju baik. jadi lebih baik asingkan dan guna pencuci baju yang sesuai dengan bayi

    BalasHapus
  10. Biasanya nih klo mencuci baju bayi ditaruh di bak khusus, gak dicampur dengan baju atau pakaian orang dewasa. Selain takut kena ompol juga menjaga supaya baju bayi tetap higienis

    BalasHapus

 
Back To Top