6 Tips Pengusaha Pemula Mencari Modal Usaha

Modal Usaha

Ada banyak cara mencari modal usaha, namun dari berbagai cara tersebut anda harus benar-benar memahami mana yang terbaik untuk bisnis anda.Misalnya apakah dengan meminjam bank, meminjam kerabat terdekat, atau dengan model mengumpulkan modal dari para investor.

Pada artikel ini, akan dibahas beberapa tips sebelum anda mencari modal usaha.
  1. Hindari meminjam modal dengan Bunga terlalu besar
  2. Biasanya hal ini terjadi saat anda meminjam uang di bank. Yang menjadi masalah adalah, saat usaha anda tidak benar-benar berjalan sesuai rencana, maka dapat dipastikan bunga pinjaman bank akan sangat memberatkan kesehatan finansial anda.

    Jika memang anda harus meminjam bank, anda harus memilih jenis pinjaman dengan bunga yang ringan. Banyak produk produk pinjaman bank yang memang fokus untuk membantu pengusaha kecil dan pemula. Misalnya, KUR BRI, Bank mandiri dan lain sebagainya.

    Pastikan keputusan anda ini sudah dipertimbangkan dengan hati-hati dan penuh dengan pertimbangan.

  3. Usahakan meminjam kekerabat terlebih dahulu
  4. Meminjam modal kepada kerabat terdekat menjadi salah satu solusi terbaik. Selain tidak berbunga, anda bisa tenang karena faktor kedekatan psikologis. Namun, anda harus komit dengan perjanjian awal. Jangan pernah kecewakan saudara anda.

    Bayarlah tepat waktu sesuai dengan janji di awal. Karena dengan komitmen tersebut, anda akan terbiasa dengan kedisiplinan masalah keuangan. Anda juga akan terbiasa profesional meskipun dengan sodara terdekat anda.

  5. Carilah pinjaman koperasi/ikutlah menjadi anggota simpan pinjam koperasi
  6. Konsep koperasi menjadi salah satu solusi terbaik mendapatkan pendanaan. Model bisnis koperasi adalah dari anggota untuk anggota, artinya modal yang anda pinjam dari koperasi berasal dari anggota, dan akan kembali ke anggota dengan persyaratan tertentu yang tertuang dalam ADART.

    Anda tidak akan rugi jika anda adalah anggota dari koperasi itu sendiri. Biasanya, syarat meminjam di koperasi simpan pinjam adalah menjadi anggota koperasi tersebut.

    Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika anda meminjam koperasi, misalnya anda akan mendapat keuntungan bagi hasil, setoran setiap bulan yang terus menurun, dan keuntungan-keuntungan yang lain.

  7. Jual aset yang anda miliki
  8. Ini adalah salah satu jalan mencari modal terbaik. Karena anda tidak perlu hutang, anda hanya perlu menjual aset yang anda miliki saat ini. Hasil menjual aset ini anda gunakan sebagai modal usaha.

    Anda tidak akan terbebani oleh setoran setiap bulan, anda akan bebas mengatur dan mengelompokan modal tersebut sesuai plot yang anda inginkan. Mulailah berpikir apa aset yang bisa anda jual sebagai modal usaha. Namun, anda harus bisa mengatur modal tersebut dan menargetkan untuk mengembalikan aset yang sudah anda jual. Anda harus tetap mengembalikan modal awal ini, misalnya dalam jangka waktu tertentu.

  9. Buatlah konsep bisnis, dan ajukan ke investor/pemodal
  10. Nah, ini adalah cara yang membutuhkan kreatifitas anda. Carilah ide terbaik, gali ide tersebut menjadi sebuah konsep bisnis yang bisa anda jual kepada para investor atau pemodal.

    Jika konsep bisnis anda bagus, dan anda bisa meyakinkan investor, maka akan banyak investor yang bisa anda jaring dan menjadi pemodal anda. Buat sebuah sistem yang saling menguntungkan antara anda dan investor.

  11. Selalu berpikiran optimis dan positif
  12. Nah, ini adalah tips terakhir dalam mencari modal bisnis. Kenapa, karena seberapapun modal yang anda miliki, jika anda tidak memiliki pikiran positif dan optimis maka saya jamin anda tidak akan memiliki keberanian untuk menggunakan modal tersebut.

    Kalaupun anda menggunakan modal tersebut, anda tidak akan memiliki keyakinan akan dapat mengembalikan modal yang sudah di keluarkan. Maka milikilah mental yang positif dan optimis.
Itulah 6 tips bagi pemula dalam mencari modal usaha. Dari keenam tips tersebut, silahkan disesuaikan dengan kemampuan dan jenis bisnis yang akan anda geluti.

Related Posts

17 komentar:

  1. Saya sih kapok usaha yang modalnya ngutang....nggak maju malah buntung...mending pakai uang yang ada saja dikit dikit yang penting jalan

    BalasHapus
  2. Lebih enak modal dari saku sendiri ya... sedikit demi sedikit, biar menikmati prosesnya

    BalasHapus
  3. kemaren dikasi tau sama kakanda andhika diskartes, sebisa mungkin jangan mencampuradukkan ketidak pastian untung dengan kepastian membayar bunga. jadi mending untuk modal tetep paling bener cari investor, bagi hasil sesuai perjanjian dan jangan bikin perjanjian yang terlalu muluk-muluk

    BalasHapus
  4. makasih bang sarannya aku minta ama google modalnya Alhamdulillah udah dikasih

    BalasHapus
  5. Paling ideal menurut saya menjual aset dulu ya Mas. Dan memulai usaha yang modalnya tidak terlalu banyak. Dan semangat dalam menjalankan usaha agar bisa mengembalikan aset dan usaha semakin berkembang.
    Suwun tipsnya Mas.

    BalasHapus
  6. antara sebab saya belum bersedia buat bisnes kerana malu untuk meminjam uang untuk modal bisnes..

    masa sekarang masih jadi karyawan sahaja la

    BalasHapus
  7. Pinjam ke koperasi itu lebih mendingan ya dibandingkan ke bank apalagi pinjaman online oh big no. Ada lagi yang paling oke yaitu pinjam kepada orangtua hihihihi.

    BalasHapus
  8. Aku ingat ada seorang tmn yang mulai usaha dgn pinjam uang hampir 100 juta di bank, dan hasilnya.... bangkrut krna bunganya tinggi banget

    bener kata artikelnya, lbh baik menggaet investor

    BalasHapus
  9. Sekarang agak sulit ya pinjam modal dengan gaji dan pendapatan yang sedikit :(

    BalasHapus
  10. Nice tips for beginners ❤

    BalasHapus
  11. bener banget ya, kalau kita mmau buka usaha dan butuh modal, gak bisa sembarang cari modal pinjaman ke bank. urusannya bukan malah dapet modal, udah ribet ngurus ini itu ntar juga bingung bayar ansuran pinjaman karena bunga yang tinggi.

    yang paling aman sih minjem ke kerabat, tapi kadang ada kebutuhan mendadak jadi kita juga kudu siap sedia :D

    BalasHapus
  12. Hmm, menarik nih artikelnya, mudah2an saya bisa kesampaian bikin bisnis sendiri beberapa tahun ke depan. Cuma kalau saya mungkin modalnya nabung dari sekarang, pengennya sih gak nyemplung di pusaran utang bank, apalagi kejebak sama rentenir atau pinjol yang gak jelas. Kalaupun kurang kayaknya lebih enak pinjam sama orang tua, atau anggota keluarga lain dulu.

    BalasHapus
  13. Kadang modal juga ga selalu uang.
    Capability, Skill dan Networking juga bisa menjadi modal.
    Menarik banget sharingnya...

    BalasHapus
  14. yang penting optimis yah om :D

    BalasHapus
  15. wah bisa jadi solusi juga nich untuk mendapatkan modal usaha.

    BalasHapus
  16. sepakat banget nih.. penginku kl mau memulai usaha sebisanya pakai uang tabungan sendiri, atau jual aset yang kita punya daripada minjem ke bank dengan bunga besar

    BalasHapus

 
Back To Top