Memilih Sebuah Knalpot yang Cocok untuk Mobil

Knalpot Mobil
Sumber image dari otosia.com
Knalpot merupakan komponen saluran membuang gas bagi kendaraan, terutama pada mobil. Karena fungsinya yang dapat berguna untuk mengeluarkan polusi pembakaran yang terjadi pada mesin. Tak hanya itu, knalpot juga dapat menambah tenaga pada kendaraan dan sangat mempengaruhi setiap kinerja pada mobil. Maka dari itu jika komponen ini tidak cocok pada kendaraan tersebut akan sangat mempengaruhi kinerja mesin hingga terjadi penurunan pada kinerja mesin.

Untuk melakukan pemasangan knalpot mobil harus dilakukan dengan maksimal dan tidak boleh dipasang secara sembarangan, karena dapat mengakibatkan penurunan pada kinerjanya. Selain itu pemasangan ukuran yang maksimal dapat menghasilkan keseimbangan antara kecepatan gas dan jumlah yang dibuang saat mesin menyala. Jika knalpot memiliki pipa dengan diameter ukuran terlalu kecil maka kecepatan membuang gas menjadi lebih besar. Knalpot sangat berperan penting bagi komponen kendaraan dengan menservis mesin secara teratur dapat menjaga mesin tetap stabil dan membuat knalpot selalu pada kondisi yang baik. Tak hanya berfungsi sebagai komponen pembuangan gas pada pembakaran di bagian mesin kendaraan, tetapi knalpot juga memiliki fungsi lain yaitu menghasilkan suara dari mesin. Ada bagian dari knalpot yang dapat menentukan suara tone yaitu resonator dan muffler.

Resonator pada knalpot berfungsi sebagai penghalus dan peredam suara, dengan menggunakan sebuah metode refleksi gelombang dapat menentukan nada dasar suara yang dikeluarkan oleh knalpottersebut. Resonator sendiri pada umumnya tidak dilengkapi dengan glass wool, dikarenakan pada saat pembakaran sisa gas yang dibuang masih terasa panas, sehingga membutuhkan pendingin yang cukup baik yang dapat mencegah terjadinya kebocoran gas.

Muffler adalah komponen yang terdapat pada knalpot yang berfungsi untuk mengurangi suara kebisingan yang diakibatkan dari proses pembakaran mesin pada kendaraan. Muffler atau silencer memiliki beberapa jenis suara yang berbeda-beda diantaranya yaitu hambered, straight-through, dan twin-pass.

Untuk sistem kerja knalpot pertama kali terjadi pada bagian manifold atau header, maka dari selalu melakukan pengecekan pada bagian header yang tersambung dalam mesin mobil, sehingga mesin pada mobil selalu memiliki performa yang baik. Jika apabila terjadi kebocoran pada bagian header akan sangat berpengaruh sekali pada kinerja knalpot tersebut, dan biasanya sering terjadi kebocoran pada bagian packing.

Terdapat beberapa tipe knalpot yang ada pada kendaraan diantaranya yaitu

Dual real exit  termasuk knalpot yang bertujuan untuk kendaraan sporty. Knalpot dengan dual pipa ini membuat kendaraan terlihat lebih sporty seolah memiliki mesin yang terlihat kuat. Dengan memberikan kesan yang lebih menarik pada kendaraan, knalpot ini juga lebih efisien dalam mengeluarkan gas yang terdapat pada sistem pembuangan mesin.

Selanjutnya ialah knalpot dual opposite dual exhaust yaitu knalpot yang memiliki sistem pembuangan ganda yang berlawanan dan dapat bekerja sedikit berbeda dari knalpot lainnya, dikarenakan knalpot ini mengelilingi roda menggunakan lekukan yang berfungsi menambah proses penyaringan pada kendaraan. Biasanya knalpot jenis ini terdapat pada jenis kendaraan yang dirancang untuk menarik atau membawa beban besar. Umumnya beban yang diangkut seperti trailer agar tidak meninggalkan sisa pada beban yang sedang ditarik. Dengan system knalpot ganda yang saling berlawanan arah ini membuat knalpot lebih efisien dalam situasi tertentu.

Jenis lain seperti single exit pipe memiliki jenis sistem pembuangan seperti knalpot lainya. Knalpot jenis ini biasanya seringkali kita temukan pada kendaraan yang ada di dealer-dealer mobil. Knalpot jenis ini hanya memiliki satu lubang pipa dalam bagian pembuangannya.

Untuk berikutnya ada jenis dual side exhaust, pada jenis ini knalpot terpasang saling melintang dan sehingga akan membuat tampilan mobil terlihat elegan dan bagus dengan 4 tail pada bagian kanan atau kiri dengan memiliki dua saluran pembuangan gas. Knalpotnya pun memiliki suara yang cukup bagus dikarenakan memiliki tabung yang cukup besar dan dapat menghasilkan resonasi suara yang terdengar ngebass. Untuk bahannya sendiri knalpot jenis ini menggunakan bahan full stainless steall anti karat dan sangat cocok sekali untuk dipakai semua mobil yang harganya dapat disesuaikan dengan ukuran mobil itu sendiri.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top