Perlunya Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Saya jadi ingat jaman sekolah SMA, saat mengikuti kursus mengetik. Dulu komputer masih tergolong benda elit, dan tidak sembarang orang memilikinya.  Yang ada adalah mesin ketik dan itu pun jumlahnya terbatas. Sehingga setiap peserta belum tentu bisa langsung memegang atau berhadapan dengan mesin ketik. Harus rela ngantri dan bergantian. Guru kursus, langsung mewajibkan mengetik dengan sepuluh jari. Jika kedapatan menggunakan dua jari, atau leluconnya sebelas jari, penggaris mendarat ditangan. Plak !, sakitnya.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Karena keterbatasan mesin ketik itulah, saya terpaksa menggambar not-not angka dan huruf mesin ketik diselembar kertas. Saya tempelkan di dinding, saya memainkan jemari dan membayangkan seolah-olah kertas itu adalah papan mesin ketik. Saya hafalkan, letak-letak jemari dan jangan sampai bergeser pada papan notnya. Jemari menari-nari dengan kikuhnya. Dalam hitungan seminggu jemari sudah mulai lincah. Betapa senangnya saya, kini mengetik 10 jari dengan mahirnya.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Itu cerita jaman dahulu. Mesin ketik telah bergeser dengan komputer. Bagi Anda yang memiliki komputer dan mempunyai anak kecil janganlah pelit untuk mengajari anak Anda dalam usia dini. Jangan takut komputer rusak. Karena kerusakan komputer masih bisa diperbaiki. Anak Anda lebih berharga, potensi dan kecerdasan anak Anda lebih bernilai. Olah dan kembangkan sejak usia dini.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Mengetik sepuluh jari itu sangatlah penting. Apalagi yang punya cita-cita ingin menjadi penulis, kerja di kantor atau ingin membuka usaha/jasa pengetikan skirpsi. Dengan sepuluh jari, pekerjaan Anda akan lebih singkat. Anda lebih bisa focus dilayar komputer. Bandingkan jika mengetik dengan sebelas jari, terlalu memakan waktu bukan ?

Saat sebelum memulai mengetik, letakkan jari telunjuk pada posisinya. Telunjuk kiri di tombol huruf F dan telunjuk kanan di tombol huruf J.  Jemari lain tinggal mengikuti posisi deretannya.

Yang perlu diperhatikan, setiap jari-jemari mempunyai tugasnya masing-masing :
1. Bagian Tangan Kiri :
  • Jari Kelingking menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock
  • Jari Manis menekan huruf W, S, X dan Angka 2J
  • Jari Tengah menekan huruf Huruf E, D, C dan Angka 3
  • Jari Telunjuk menekan huruf R, F, T, V, G, B, Y dan Angka 4, 5, 6
  • Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt
2. Bagian Tangan Kanan :
  • Jari Telunjuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M dan Angka 6, 7
  • Jari Tengah menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
  • Jari Manis menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
  • Jari Kelingking menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda slash
  • Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt
Sepintas merasa sulit. Tapi jika sering dipraktekan akan terasa mudah. Dan tidak sesulit yang dibayangkan. Sekali lagi, bagi orang tua yang punya komputer, jangan pelit berbagi ilmu dengan anaknya. Tularkanlah ilmu dan kecerdasan ke anak Anda. Kerusakan komputer masih bisa dibawa ke tukang service, kebekuan isi kepala kemana hendak mencarinya ? Ada kata pepatah " ilmu itu memerlukan biaya dan ongkosnya sangatlah besar ", contoh kecilnya dengan kerusakan komputer saat menjadi mainan anak Anda. Tapi semua akan terbayarkan dengan kepandaian dan keterampilan anak Anda yang semakin meningkat.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top